Sukses

Makanan & Minuman yang Bisa Cegah Gigi Bolong

Makanan manis dan asam bisa membuat gigi bolong. Tapi ada makanan dan minuman yang baik untuk gigi. Apa saja?

Makanan manis dan asam bisa membuat gigi bolong. Tapi ada makanan dan minuman yang baik untuk gigi. Apa saja?

Berikut rinciannya seperti dikutip ToI, Senin (30/9/2013):

1. Air

Ini sangat diperlukan. Anda harus berkumur mulut Anda dengan air setiap kali makan atau minu (minuman panas atau dingin).

2. Produk susu

Susu dan keju memiliki vitamin dan mineral yang penting. Produk susu dapat mengisi kalsium yang dibutuhkan kesehatan gigi.

3. Buah dan sayuran

Makanan kaya serat bisa menggosok gigi Anda dengan bersih. Buah-buahan dan sayuran yang renyah seperti mentimun yang juicy, semangka, apel, pir, memiliki kandungan air yang tak banyak fruktosa.

4. Kacang-kacangan

Vitamin, mineral, kalsium, zat besi, kalium , seng dan nutrisi lainnya hadir dalam kacang-kacangan seperti almond, walnut , kacang mete dan kacang tanah yang baik untuk gigi Anda.

5. Teh hijau

Secangkir teh hijau hangat memiliki polifenol yang membantu menekan bakteri dan dapat membantu memerangi gigi berlubang dan plak. Kopi dan kakao juga bermanfaat.

Yang terpenting dari segalanya, jangan menyikat gigi setelah minum atau makan sesuatu yang asam, minuman berkarbonasi, karena enamel terkikis jauh lebih cepat.

Bilas saja dengan air secara menyeluruh, tunggu sekitar setengah hingga satu jam untuk membiarkan air liur secara alami melakukan tugasnya. Kemudian sikat gigi Anda.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.