Sukses

[VIDEO] Uki Bocah 9 Tahun Alami Gizi Buruk, Bobot Cuma 11 Kg

Ahmad Lutfi Sauk (9) menderita gizi buruk. Berat badannya hanya 11 kilogram (kg) di bawah teman-teman seusianya.

Ahmad Lutfi Sauki, seorang bocah di Depok, Jawa Barat, menderita gizi buruk. Berat badannya hanya 11 kilogram (kg) di usianya yang menginjak sembilan tahun. Bobotnya itu tentu jauh di bawah anak-anak seusianya.

Uki, panggilan akrabnya, hanya bisa tergolek lemah di rumahnya di Sawangan, Depok, Jawa Barat, ketika teman-teman seusianya asyik bermain. Uki menderita gizi buruk dan hidrosefalus sejak usia empat bulan. Tak hanya gizi buruk, Uki juga menderita kelainan tulang. Namun pengobatan yang dijalani terpaksa dihentikan saat Uki usianya lima tahun akibat ketiadaan biaya.

Rosmiati menjelaskan sejak kecil memang kepalanya membesar dan dokter menjelaskan

Meski kondisinya penuh keterbatasan, Uki memiliki cita-cita yang mulia, yakni ingin menjadi ulama."Ingin jadi kiai," kata Uki seperti yang ditayangkan Liputan6 Pagi, Selasa (17/9/2013).

Siswa kelas satu Sekolah Dasar ini masih memendam harapan bisa sembuh agar dapat kembali bermain bersama teman-temannya. Orangtua Uki juga berharap bantuan pemerintah dan dermawan untuk pengobatan sang buah hati.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gizi buruk atau yang dikenal sebagai kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi.

    Gizi Buruk