Sukses

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit? Coba Cara Ini!

Hipnosis bisa digunakan untuk membantu wanita saat proses persalinan agar lebih tenang dan nyaman.

Ada rasa takut tersendiri, ketika seseorang mendengar kata hipnosis. Padahal, ilmu seperti itu dapat digunakan untuk membantu wanita agar lebih tenang dan rileks ketika akan melahirkan.

"Dengan ilmu ini, ketika hamil dan persalinan diprogram bagaimana bersalinnya itu nyaman, memperbanyak relaksasi, memprogram diri. Sejatinya, manusia itu satu kesatuan dengan pikirannya," kata Medical Doctor & Hypnotherapist, Achmad Chumaidi MD CHt (IACT) EST, saat berbincang dengan Liputan6.com, yang ditulis Jumat (26/7/2013)

Semua harus menyadari dan mengetahui, kalau tubuh manusia berpengaruh sama pikirannya. Itu juga yang diperlukan wanita ketika mau melahirkan dan orang yang tengah hamil. "Seringkali memiliki kecemasan dan ketakutan luar biasa, Wajar, karena believe yang diberikan orangtua kalau melahirkan itu sakit," tambahnya.

Karena kepercayaan yang diberikan orang lain, jadi ada di dalam pikirannya kalau melahirkan rasanya benar-benar sakit sekali.

"Padahal, di luar sana ada orang-orang yang melahirkan biasa saja. Pikiran seperti ini yang harus diubah," imbuh Achmad.

Agar selama kehamilan dan proses persalinan berjalan lancar, ternyata tidak hanya wanitanya saja yang perlu di hipnosis. Achmad menjelaskan, sebaiknya, suaminya juga harus belajar hipnosis.

"Ketika datang waktunya sisi konseling, suami istri harus datang. Dua-duanya harus diberikan hipnosis, agar lancar persalinannya," kata Achmad.

Lebih lanjut, Achmad yang juga dokter di Rumah Sakit Pemerintah Angkatan Darat Gatot Soebroto, menuturkan, ketika datang ke persalinan, suami pun akan melakukan induksi.

"Tapi, bukan induksi melahirkan, melainkan induksi hipnosis," tutupnya.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.