Sukses

Hari Buku Anak Internasional, Begini 5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak

5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak di Hari Buku Anak Internasional

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan Hari Buku Anak Internasional yang diperingati pada 2 April, psikolog anak dari Universitas Airlangga (Unair), Nur Ainy Fardana, memberikan lima tips untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

"Yang pertama perlu ditumbuhkan adalah minat baca anak dan ketertarikan mereka terhadap buku. Membiasakan anak rajin membaca membutuhkan usaha dari orangtua. Tidak semua anak memiliki kegemaran membaca dengan sendirinya," kata Nur Ainy kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, Kamis, 4 April 2024.

Beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua dalam menumbuhkan minat baca anak, yaitu:

1. Memberi Contoh

Membuat anak gemar membaca tidak cukup hanya dengan menyuruh mereka untuk membaca saja.

"Anak adalah peniru ulung. Jika orangtua sering memberikan contoh melakukan aktivitas baca di rumah, maka akan lebih mudah untuk mengajak anak ikut membaca buku," kata Nur Ainy.

2. Atur Waktu Membaca Bersama Anak

Membaca juga dapat dijadikan sebagai bagian dari quality time bersama anak. Misalnya dengan kegiatan read aloud atau membaca nyaring sebelum tidur. Selain membuat anak semakin cinta membaca, kegiatan ini juga dapat mempererat bonding antara orangtua dan anak.

3. Ajak Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Orangtua dapat mengagendakan waktu khusus bersama anak untuk pergi ke perpustakaan atau ke toko buku. Dan biasakan memberi hadiah buku pada anak.

4. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan Saat Membaca

5. Letakkan Buku di Rumah dalam Jangkauan Anak

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan yang Direkomendasikan untuk Anak

Nur Ainy menambahkan, bacaan yang direkomendasikan untuk anak, mempertimbangkan beberapa hal yaitu:

Sesuai Usia Anak

Nur Ainy menyarankan menyediakan buku yang sesuai usia anak, karena anak-anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda pada setiap usianya.

"Untuk anak usia 0-1 tahun, pilihkan buku yang memiliki banyak gambar dan berwarna kontras. Dengan begitu, anak jadi lebih tertarik untuk membaca buku. Sementara itu, untuk usia 1-2 tahun, bisa pilihkan buku berkarakter tokoh kartun atau binatang," katanya.

Sebab, anak-anak di usia tersebut memiliki ketertarikan khusus pada hewan atau karakter kartun tertentu. Jika anak berumur 3 hingga 5 tahun, pilihlah buku yang menceritakan kehidupan anak sehari-hari, seperti kegiatan di sekolah dan lain-lain.

Sedangkan umur 4 hingga 5 tahun, orangtua bisa mempertimbangkan untuk memilih buku yang tokoh utamanya berusia sebaya supaya anak merasa terwakili.

Untuk usia 6 tahun ke atas, pilihlah buku yang berisi lebih banyak teks. Hal tersebut dilakukan supaya anak semakin pandai membaca dan memahami isi cerita. Namun, buku yang bergambar juga masih menarik minat baca mereka.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Visual Bukunya

Untuk meningkatkan minat baca anak, orangtua bisa memilih buku yang visualnya menarik. Dengan gambar visual yang baik, maka anak jadi lebih mudah memahami isinya dan imajinasi anak pun meningkat.

Tentukan Buku Berdasarkan Ceritanya

Buku cerita anak memiliki banyak jenis, orangtua bisa memilih jenis buku yang paling disukai anak. Misalnya, buku dongeng, cerita rakyat, dan fabel cocok untuk anak yang suka berimajinasi.

Sementara itu, untuk anak-anak yang ingin menambah pengetahuan, pilihlah buku cerita sejarah, pengetahuan umum, dan kisah-kisah tokoh dunia.

4 dari 4 halaman

Pilih Buku yang Miliki Nilai Moral

Buku bisa menjadi sarana yang tepat untuk mengajarkan nilai-nilai moral pada anak. Orangtua bisa memilih tema buku yang sesuai dengan nilai moral yang ingin diajarkan.

Pilih Buku dengan Bahasa yang Tepat

Dalam memilih bacaan perlu memerhatikan bahasa dari buku yang dipilih untuk anak, pungkas Nur Ainy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.