Sukses

Pengobatan Herbal Bisa Ringankan Nyeri Menstruasi, Efektifkah Atasi Kram Menstruasi?

Pengobatan herbal sering kali digunakan untuk mengatasi kram menstruasi, tetapi apakah benar-benar efektif?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang yang mengalami kram menstruasi baik dengan tingkat biasa maupun parah, kerap kali memilih pengobatan alami atau herbal untuk meredakan nyeri. Para ahli pengobatan herbal merekomendasikan jahe, kayu manis, adas, teh daun raspberry, dan akar Dong Quai sebagai pengobatan herbal untuk meredakan nyeri saat menstruasi.

Saru Bala, ND, seorang dokter naturopati berlisensi yang berbasis di Phoenix, mengatakan kepada Verywell bahwa herbal dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatasi nyeri haid.

"Saya pasti akan mengatakan mencobanya terlebih dahulu. Namun pada saat yang sama, herbal bukanlah pil ajaib," kata Bala.

Bala menambahkan bahwa lebih penting untuk menerapkan pola hidup yang sehat untuk mengurangi kram menstruasi, sehingga tidak perlu mengonsumsi obat herbal dan suplemen. "Pola makan, gaya hidup, rutinitas olahraga, tingkat stres, dan tidur Anda juga akan menjadi lebih penting daripada menambahkan hal-hal seperti herbal dan suplemen,” katanya.

Kram menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan tidak diketahui dengan jelas mengapa beberapa orang mengalami rasa sakit yang berbeda. Sebagian orang mengalami rasa nyeri menstruasi yang lebih parah dan sebagian yang lain tidak.

Kelebihan prostaglandin, suatu senyawa yang membantu rahim berkontraksi selama siklus menstruasi, dapat menyebabkan rasa sakit. Nyeri menstruasi yang parah juga dapat berhubungan dengan masalah yang mendasari seperti endometriosis atau fibroid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Herbal Efektif dalam Meredakan Kram Menstruasi?

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan dan keparahan nyeri menstruasi. Adas, menurut Bala, juga dapat membantu mengatasi peradangan. Penelitian juga menunjukkan bahwa adas dapat membantu mengurangi kejang dan nyeri haid.

“Kayu manis dapat membantu mengurangi prostaglandin dan nyeri haid serta pendarahan hebat,” kata Avni Dalal, ND, seorang dokter naturopati berlisensi. Sebuah studi tahun 2015 juga menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi mual dan muntah yang berhubungan dengan menstruasi.

Namun, Dalal mengatakan bahwa penting untuk bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan tepercaya untuk memahami persiapan, dosis, dan waktu penggunaan herbal sebelum mengonsumsi salah satu dari pengobatan ini. Dokter naturopati juga dapat merekomendasikan pengobatan herbal dalam bentuk teh, tincture, suplemen, atau minyak.

"Hanya karena sesuatu itu alami, tidak selalu berarti bahwa itu tidak memiliki efek samping atau memiliki efek samping dengan penggunaan jangka panjang," kata Dalal kepada Verywell.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Efek Samping dari Obat Herbal yang Dikonsumsi

Dalal menambahkan bahwa penyedia layanan kesehatan dapat membantu Anda menentukan potensi interaksi antara herbal dan suplemen atau obat lain yang Anda konsumsi. Kayu manis, misalnya, dapat berinteraksi dengan obat diabetes tertentu.

Tidak seperti obat yang dijual bebas (OTC), herbal mungkin tidak memberikan pereda nyeri secara langsung. Jika dosisnya tidak tepat, obat herbal juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Mengonsumsi terlalu banyak jahe, misalnya, bahkan dapat menyebabkan sakit perut itu sendiri.

Biasanya dibutuhkan waktu satu hingga tiga bulan bagi orang untuk merasakan manfaat dari mengonsumsi herbal,” kata Dalal. Tetapi jika pasiennya masih merasa sakit setelah mencoba pengobatan alami, ia masih merekomendasikan obat pereda nyeri yang dijual bebas.

4 dari 4 halaman

Pilihan Lain untuk Meredakan Kram Saat Menstruasi

Selain herbal, dokter naturopati dapat merekomendasikan suplemen atau perawatan alami lainnya untuk membantu mengatasi nyeri haid. Dalal juga menyebutkan magnesium sebagai salah satu suplemen terbaik untuk meredakan nyeri haid.

"Ini jelas layak mendapatkan semua hype, karena memang memainkan peran besar dalam mengurangi prostaglandin dan meringankan nyeri haid dan kram," kata Dalal. Menurut sebuah tinjauan tahun 2017, bukti bahwa magnesium dapat membantu mengatasi nyeri haid terus bertambah, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami korelasi ini.

Dengan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan, orang-orang yang mengalami nyeri haid yang parah dapat menemukan pilihan tambahan untuk meredakan ketidaknyamanan mereka. Untuk saat ini, para ahli menyarankan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan tepercaya tentang berbagai pilihan, seperti obat-obatan yang dijual bebas, perubahan gaya hidup, dan herbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini