Sukses

Pilates atau Yoga, Mana Olahraga Ringan yang Lebih Baik?

Ada dua bentuk olahraga ringan yang mendominasi yaitu yoga dan Pilates. Serupa tapi tak sama, mana yang lebih baik?

Liputan6.com, Jakarta Dalam jenis olahraga ringan, ada dua bentuk olahraga yang mendominasi: yoga dan Pilates. Meskipun hasilnya mirip (inti tubuh yang lebih kuat, otot yang terbentuk, dll.), mereka sangat berbeda dalam praktiknya.

Jadi bagaimana seseorang memilih di antara keduanya? Memutuskan latihan mana yang lebih baik dan sesuai kebutuhan Anda bergantung pada beberapa faktor yang berbeda.

Jadi jika Anda memperdebatkan apakah harus berlatih yoga lima hari seminggu atau menginvestasikan waktu dalam paket kelas Pilates, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Apa itu Pilates?

Pilates adalah bentuk latihan ringan yang berfokus pada kekuatan inti. Ini dilakukan melalui gerakan-gerakan berbeda di atas matras atau mesin reformer. Dijelaskan oleh Dr. Melissa Leber, MD, direktur kedokteran olahraga departemen gawat darurat di Mount Sinai Health System, dilansir Vogue.

Diciptakan oleh seniman sirkus dan petinju Jerman, Joseph Pilates, latihan Pilates berfokus pada gerakan kecil yang lambat dan terkendali untuk membentuk tubuh.

"Ini memiliki manfaat kesehatan yang besar karena merupakan bentuk latihan membangun kekuatan dengan menggunakan berat badan kita sendiri sebagai resistensi," kata Dr. Leber.

Leber juga mengatakan, jenis olahraga ini bermanfaat bagi sendi. 

"Ini membantu mencegah cedera dan juga merehabilitasi cedera kronis; fakta bahwa ini rendah dampak berarti itu bagus untuk sendi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlu Instruktur Pilates Saat Berlatih di Rumah

Meskipun Pilates dapat dilakukan sendiri di rumah, Dr. Leber mengatakan bahwa seorang instruktur bermanfaat untuk memastikan Anda melakukan latihan dengan benar. Selain itu, posisi yang benar menghasilkan hasil yang lebih baik dan membantu mencegah cedera.

Latihan ini dapat disesuaikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan fisik dan kemampuan, mereka yang memiliki nyeri punggung dan cedera terkait inti sebaiknya mencari pendekatan yang dimodifikasi dengan bantuan profesional.

Hasilnya akan bervariasi berdasarkan konsistensi, tetapi Dr. Leber mencatat bahwa bisa membutuhkan waktu hingga setahun untuk benar-benar mengembangkan kekuatan inti. Perlahan-lahan adalah kunci kemajuan Anda.   

3 dari 4 halaman

Apa itu Yoga?

Berasal dari kata Sanskerta yuj, yang berarti "mengikat" atau "menggabungkan," yoga adalah praktik yang "menghubungkan tubuh, pikiran, dan jiwa kita dengan diri individual dan kesadaran universal," kata Sudha Nair, ahli yoga dan manajer kesehatan di The Four Seasons, Nam Hai, Hoi An, Vietnam, dilansir Vogue.

Praktik spiritual kuno ini, yang pertama kali berasal dari India, pada akhirnya bertujuan untuk mencapai penemuan diri dan pembebasan melalui gerakan, meditasi, dan teknik pernapasan.

Yoga telah berevolusi selama berabad-abad untuk mencakup banyak praktik yang berbeda. 

Yoga umumnya dianggap aman, selama Anda berlatih dengan guru yoga yang terlatih atau profesional.

Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, memiliki masalah sendi, sedang hamil, atau lebih tua dalam usia mungkin perlu memodifikasi praktik mereka untuk menghindari cedera. Dapat memerlukan waktu bagi Anda untuk melihat hasil; semuanya bergantung pada seberapa konsisten, tingkat kebugaran, dan apa yang ingin Anda capai pada akhirnya.

4 dari 4 halaman

Serupa tapi Tak Sama

Perbedaan utama antara Pilates dan yoga terletak pada gerakan-gerakannya. Dr. Leber mengatakan bahwa yoga cenderung menjadi latihan dengan tempo lebih lambat dibandingkan dengan Pilates, di mana Anda menahan pose tertentu untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sementara Pilates bergerak dengan tempo lebih cepat dan fokus pada pengulangan latihan ringan untuk melatih otot inti Anda. Fokus pada koneksi pikiran-tubuh juga berbeda, dengan yoga menggabungkan meditasi dan spiritualitas untuk membantu kesejahteraan mental Anda.

Meskipun kedua latihan tersebut sulit dalam cara mereka masing-masing, Dr. Leber mengatakan bahwa mungkin lebih mudah bagi pemula untuk memulai dengan yoga karena Pilates sangat fokus pada membangun kekuatan inti. Karena Pilates bisa lebih aktif daripada yoga, Anda mungkin melihat hasil lebih cepat, tetapi terlepas dari mana yang Anda pilih, Anda perlu konsisten selama minimal tiga bulan untuk merasakan manfaat penuh.

Di antara pilates dan yoga, mana yang lebih baik?

Jawaban singkatnya adalah tidak ada. Apa yang akan bekerja dengan baik untuk Anda bergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis hasil yang ingin Anda capai.

Dr. Leber mengatakan bahwa jika Anda menyukai latihan yang lambat untuk memberi waktu pada kesehatan mental Anda, cobalah yoga terlebih dahulu. Jika Anda lebih suka latihan dengan tempo lebih cepat yang fokus pada kekuatan inti, Pilates mungkin lebih sesuai.

Terlepas dari bentuk latihan yang Anda pilih, konsistensi adalah kunci. "Pilihlah yang memberi Anda instruktur, guru, atau pelatih, yang menginspirasi Anda untuk kembali secara konsisten," katanya. "Pada akhirnya, tetap melakukan latihan secara rutin akan memberi Anda manfaat terbaik."   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.