Sukses

Jalan Cepat, Dongkrak Kesehatan Jantung dan Bikin Panjang Umur

Tambah kecepatan saat berjalan menjadi jalan cepat bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Berjalan kaki merupakan aktivitas fisik yang baik dilakukan secara rutin. Namun, jika Anda mempercepat langkah menjadi jalan cepat, maka manfaatnya jauh lebih besar bagi kesehatan fisik.

Jalan cepat adalah aktivitas berjalan kaki yang lebih cepat dari kecepatan berjalan biasa. Manfaatnya tidak sebesar joging namun tetap meningkatkan detak jantung Anda secara signifikan.

Biasanya, jalan cepat adalah berjalan dengan kecepatan 1,6 km per 15 menit atau lebih cepat dari itu.

Manfaat Jalan Cepat

Ada banyak manfaat yang mungkin dirasakan jika mempercepat langkah berjalan Anda. Berikut diantaranya seperti mengutip Verywell, Jumat (16/4/2024).

1. Panjang Umur

National Institutes of Health dan para ahli lainnya mengatakan bahwa berjalan kaki menurunkan risiko kematian.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berjalan cepat mendorong detak jantung jadi lebih tinggi lebih tepatnya ke intensitas sedang. Pada intensitas itu bermanfaat memperkuat jantung Anda.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Demensia, dan Diabetes Tipe 2

Aktivitas fisik sedang membantu mengurangi risiko beberapa kondisi seperti penyakit jantung, demensia, dan diabetes tipe 2.

Anda juga dapat bisa membuat kualitas tidur Anda lebih baik dengan berjalan cepat. Beberapa orang yang rutin berolahraga juga mengatakan bisa mengurangi risiko gangguan tidur.

4. Membangun Otot dan Tulang yang Kuat

Jalan kaki dapat meningkatkan rentang gerak dan mengalihkan tekanan dari sendi ke otot. Berjalan menanjak dapat meningkatkan efek ini, namun disarankan juga untuk melakukan latihan beban beberapa kali dalam seminggu.

Berjalan cepat juga dapat mendukung otot yang lebih kuat, terutama otot kaki dan perut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Jalan cepat membantu Anda menua secara mandiri dan meningkatkan kualitas hidup seiring dengan bertambahnya kebugaran dan berkurangnya risiko penyakit.

6. Konsentrasi Meningkat

Aktivitas fisik meningkakan aliran darah ke otak. Hal ini bakal memengaruhi kemampuan peningkatan dalam perhatian dan konsentrasi seseorang.

 

3 dari 3 halaman

Tips Memulai Jalan Cepat

Harus tahu teknik yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari berjalan cepat. Berikut hal yang harus diketahui:

1. Pilih sepatu yang nyaman dan mendukung.

2. Lakukan pemanasan anggota tubuh mulai dari kaki hingga kepala. Lalu, berjalanlah secara perlahan sekitar 5-10 menit di awal sebagai salah satu bentuk pemanasan.

3. Perhatikan postur dan ayunan lengan yang benar saat berjalan cepat.

4. Tingkatkan kecepatan seiring terjadinya peningkatan kebugaran.

5. Hindari berjalan terlalu cepat agar tak terjadi cedera.

6. Lakukan pendinginan dengan mengurangi kecepatan berjalan sambil melakukan peregangan sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini