Sukses

Mantra Penguat Hati Si Jomblo di Hari Valentine

Fakta menyebutkan ada sebagian orang yang merasakan stres di Hari Valentine. Untuk memperkuat diri, berikut kalimat yang bisa memperkuat mental.

Liputan6.com, Jakarta Ada yang tidak peduli dengan Hari Valentine yang jatuh setiap 14 Februari. Namun, ada juga yang merasa stres bila tidak memiliki pasangan di hari Valentine. Terlebih bila orang-orang di sekitarnya merayakan hari tersebut dengan kencan bersama pasangan atau berkumpul makan malam dengan keluarga. 

Sebuah survei di BetterHelp pada 2023 mengungkapkan Valentine's Day menjadi hari yang bikin stres bagi banyak orang.

Berdasarkan survei tersebut ada 55 persen jomlbo yang merasa stres ketika menghadapi hari Valentine. Lalu, survei tersebut menunjukkan bahwa sekitar 15 juta orang dewasa Amerika mengatakan kesehatan mental mereka memburuk menjelang Hari Valentine, dan lebih dari seperempat (26%) orang Amerika merasakan hal-hal negatif menjelang hari itu.

Menurut psikoterapis yang juga penulis buku Amy Morin, bagi jomlo yang merasa merana kala Valentine's Day ada baiknya mempersiapkan diri satu hari sebelumnya.

Terkadang perasaan takut menjelang hari itu lebih buruk daripada hari sebenarnya. Alhasil pikiran lebih banyak dihabiskan untuk membayangkan hari itu. Menurut Amy, lebih baik buat rencana sekarang untuk hari esok.

"Tetapkan rencana tentang bagaimana Anda akan menghabiskan waktu di hari Valentine. Bisa dengan mengadakan pesta makan malam bersama beberapa teman lajang atau menghabiskan malam dengan menonton film sendirian. Mengetahui bahwa Anda memiliki sesuatu untuk dilakukan dapat membantu Anda merasa lebih baik," kata Amy mengutip laman Very Well Mind, Rabu (14/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalimat Mantra Penguat Si Jomblo di Hari Valentine

Lalu, Amy pun mengatakan bahwa pikiran positif juga membantu mengarahkan suasana hati jadi lebih positif.

Jadi, jauhkan omongan seperti ini: Sedih banget sendirian di Hari Valentine.Lebih baik ucapkan mantra berikut untuk menguatkan hati dan membuat suasana hati jadi lebih baik:

  • Sendirian lebih baik daripada berada dalam hubungan yang buruk.
  • Aku telah melalui hal-hal yang jauh lebih sulit daripada sendirian di Hari Valentine.
  • Aku hebat. Aku kuat.
  • Hubungan romantis tidak mendefinisikan diri seseorang.

Apa ada yang cocok? Pilih salah satu yang cocok lalu ucapkan berulang.

3 dari 4 halaman

Tentang Valentine's Day

Hari Valentine artinya perayaan cinta dan kasih sayang yang diperingati setiap tahun, tepatnya setiap 14 Februari.

Meskipun sering dianggap sebagai perayaan cinta romantis kepada pasangan, sebenarnya perayaan Hari Valentine dapat dilakukan dalam konteks yang lebih luas. Seperti cinta dan kasih sayang kepada keluarga maupun teman atau sahabat.

Biasanya, perayaan ini dilakukan dengan mengirimkan pesan cinta kepada orang tersayang dengan kartu ucapan berisi kata-kata manis. Bukan hanya itu, menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang di Hari Valentine juga bisa dengan memberikan bunga atau cokelat.

4 dari 4 halaman

Sejarah Hari Valentine

Konon, Hari Velentine, diambil dari nama Saint Valentine, seorang pendeta Katolik yang tinggal di Roma pada abad ke-3. Ada banyak cerita tentang St Valentine dan seiring berjalannya waktu cerita-cerita ini berkembang menjadi legenda yang kita kenal sekarang.

Salah satunya, cerita yang mengisahkan pada masa di mana banyak orang Romawi memeluk agama Kristen. Namun, saat itu Kaisar Claudius II adalah seorang penyembah berhala dan membuat undang-undang ketat tentang apa yang boleh dilakukan oleh orang Kristen.

Claudius percaya bahwa tentara Romawi harus sepenuhnya mengabdi pada Roma dan oleh karena itu mengesahkan undang-undang yang melarang mereka untuk menikah.

Namun saat itu, Saint Valentine memberanikan diri menikahi para prajurit dalam upacara Kristen rahasia. Ini merupakan momen awal di mana Valentine mulai percaya tentang pentingnya sebuah cinta.

Akhirnya, Valentine ditangkap dan dipenjara oleh Cladius akibat hal yang dilakukannya. Saat dipenjara, Valentine merawat sesama narapidana dan juga putri sipirnya yang buta.

Legenda mengatakan bahwa Valentine menyembuhkan kebutaan gadis itu dan bahwa tindakan terakhirnya sebelum dieksekusi adalah menulis pesan cinta yang ditandatangani 'dari Valentine Anda'. Valentine dieksekusi pada 14 Februari tahun 270. Tidak sampai lebih dari 200 tahun kemudian tanggal 14 Februari diproklamasikan sebagai Hari Saint Valentine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.