Sukses

Lagi Enggak Mood? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Suasana Hati

Mengonsumsi makanan yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan biji-bijian tidak hanya menjaga kesehatan tubuh Anda — tetapi juga menyehatkan pikiran dan mood Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian menunjukkan bahwa apa yang kita makan bisa berdampak langsung pada mood atau suasana hati. Pepatah "you are what you eat" bisa dibilang benar adanya. Jadi memilih makanan yang tepat dapat membantu mengatasi kesedihan atau kegalauan.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi salmon, bayam, kangkung, almond, coklat hitam, dan buah beri sebagai pelengkap.

Mengonsumsi makanan yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan biji-bijian tidak hanya menjaga kesehatan tubuh Anda — tetapi juga menyehatkan pikiran dan mood Anda, dilansir New York Post.

Salmon

Salmon secara luas dianggap sebagai salah satu makanan paling padat nutrisi di dunia.

Ikan, yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3, merupakan sumber nutrisi penting, termasuk selenium, fosfor, dan vitamin B.

Asam lemak omega-3, khususnya, dipercaya dapat meredakan depresi dan meningkatkan mood.

Salmon juga dikenal dapat mengurangi peradangan, yang menurut beberapa ahli dapat menyebabkan pikiran depresi. Makan salmon setidaknya dua porsi dalam seminggu dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan nutrisinya dan mengurangi risiko terkena beberapa penyakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bayam dan Kale

Bayam dan kale kaya akan vitamin dan mineral serta menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Sayuran hijau juga kaya akan magnesium, yang dikenal dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati.

Mereka juga mengandung asam lemak omega-3 dan dikenal memiliki sifat anti-inflamasi.

 

 

3 dari 5 halaman

Almond

Meskipun almond mendapat banyak kritik dalam beberapa tahun terakhir, kacang ini sebenarnya merupakan sumber nutrisi yang bagus.

Camilan renyah dianggap sebagai lemak sehat yang terbukti membantu kesehatan otak.

Mereka juga mengandung tirosin, yang terbukti mencegah penurunan fungsi kognitif, terutama membantu mengatasi stres.

 

4 dari 5 halaman

Cokelat hitam

Meski banyak orang memilih mengonsumsi permen untuk menghibur diri, namun setelahnya malah bisa membuat Anda merasa lebih sedih, tapi tidak demikian jika menikmati cokelat hitam.

Cokelat hitam memiliki kadar kakao yang lebih tinggi, yang berarti mengandung anti-oksidan bermanfaat yang membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Camilan semi-manis ini juga mengandung polifenol, yang memiliki sifat anti-oksidan dan telah terbukti mengurangi stres dan meredakan kecemasan.

Penikmat coklat harus memilih permen dengan setidaknya 70% kakao dan memanjakan diri dalam jumlah sedang untuk menjaga kalori dan gula tetap terkendali.

 

 

5 dari 5 halaman

Buah Berry

Buah beri adalah sumber nutrisi yang lezat dan camilan yang enak untuk membalikkan kerutan Anda.

Buah ini kaya akan flavonoid, yang membantu mengatur suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa makan stroberi setiap hari dapat membantu mengurangi risiko terkena demensia pada orang-orang tertentu di usia paruh baya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa makan blueberry setiap hari dapat meningkatkan kinerja atletik dan membakar lebih banyak lemak tubuh saat berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.