Sukses

Menyusui Bayi Bisa Turunkan Risiko Anak Obesitas

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, menemukan bahwa risiko obesitas pada anak lebih rendah dengan proses menyusui terlepas dari indeks massa tubuh (BMI) ibu sebelum kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta - Menyusui bayi terbukti mengurang irisiko obesitas pada masa kanak-kanak.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, menemukan bahwa risiko obesitas pada anak lebih rendah dengan proses menyusui terlepas dari indeks massa tubuh (BMI) ibu sebelum kehamilan.

“Para profesional kesehatan dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai peluang untuk mendorong dan mempromosikan pemberian ASI kepada semua wanita, terutama mereka yang mengalami obesitas,” Dr. Gayle Shipp, asisten profesor di Michigan State University yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

BMI menggunakan tinggi dan berat badan untuk menentukan lemak tubuh seseorang. BMI 25 hingga 29,9 menunjukkan orang tersebut kelebihan berat badan; BMI 30 hingga 39 menunjukkan obesitas; dan BMI 40 ke atas menunjukkan obesitas parah.

Diketahui 30,7% orang dewasa AS kelebihan berat badan; 42,4% mengalami obesitas; dan 9,2% mengalami obesitas parah, menurut data pemerintah tahun 2018.

Untuk penelitian ini, BMI dicatat untuk 8.134 pasang ibu dan anak di 16 negara bagian dan Puerto Rico.

Para peneliti menghitung skor BMI peserta anak-anak dengan membandingkan tinggi dan berat badan anak-anak, yang diukur ketika mereka mencapai usia 2 hingga 6 tahun, dengan teman sebayanya.

Dua skenario dieksplorasi dalam penelitian ini – apakah ibu pernah menyusui dan apakah ibu memberikan ASI eksklusif pada anaknya pada usia 3 bulan atau menggunakan susu formula.

Para ilmuwan menemukan bahwa jumlah pemberian ASI yang konsisten selama tiga bulan pertama bayi berarti menurunkan skor BMI anak – terlepas dari BMI ibu sebelum hamil.

Kaitan ini tampaknya lebih kuat pada wanita yang mengalami obesitas sebelum hamil, dibandingkan wanita yang kelebihan berat badan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberian ASI Berkontribusi pada Penurunan Risiko Obesitas

Pemberian ASI eksklusif pada saat bayi berusia 3 bulan berarti skor BMI anak lebih rendah hanya pada wanita yang BMI sebelum hamil berada pada kisaran normal.

Setiap tambahan bulan pemberian ASI (secara eksklusif atau dengan susu formula) dikaitkan dengan penurunan skor BMI anak secara signifikan, terutama bagi ibu yang kelebihan berat badan atau obesitas sebelum hamil.

“Temuan kami menyoroti bahwa setiap bulan tambahan pemberian ASI, baik dalam jumlah yang konsisten atau eksklusif, dapat berkontribusi pada penurunan berat badan di masa kanak-kanak, terutama bagi ibu yang mengalami obesitas sebelum hamil,” kata Shipp.

Penelitiannya didanai oleh Program Pengaruh Lingkungan terhadap Hasil Kesehatan Anak di Institut Kesehatan Nasional.

ASI – yang kaya akan vitamin, mineral, nutrisi dan antibodi – telah terbukti memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko asma, diabetes tipe 1, sindrom kematian bayi mendadak, dan kondisi lainnya.

Sebuah penelitian terhadap anak-anak yang lahir pada tahun 2019 menemukan bahwa 83,2% menerima setidaknya sebagian ASI saat lahir, dan 78,6% mengonsumsi ASI pada usia 1 bulan.

Pada usia 6 bulan, 55,8% menerima ASI sedikit dan 24,9% mendapat ASI eksklusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.