Sukses

Natal 2023, Menaq Yaqut Ajak Umat Kristiani Terus Tebarkan Kebaikan

Tema Natal tahun ini, "Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" menurut Menag Yaqut membawa pesan akan pentingnya damai sejahtera.

Liputan6.com, Jakarta - Pada momen perayaan Natal 2023, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ajak umat Kristiani terus tebarkan nilai-nilai kebaikan.

"Di tengah kegembiraan ini, saya mengajak seluruh umat Kristiani untuk terus menebarkan nilai-nilai kebaikan tanpa mengenal batas maupun balutan beragam identitas," ujar Menag melalui siaran pers di Jakarta, Minggu, 24 Desember 2023.

Tema Natal tahun ini, "Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" menurut Menag Yaqut membawa pesan akan pentingnya damai sejahtera. Hal tersebut dimaknai sebagai suasana hidup yang damai, rukun, dan tentram. Kedamaian itu tidak hanya berkaitan dengan hubungan antara manusia dan penciptanya, melainkan juga hubungan antarsesama manusia, dan antara manusia dengan alam semesta.

"Pesan damai ini sangat penting dalam menyongsong pesta demokrasi pemilihan umum pada 14 Februari 2024. Apa pun pilihan politik kita, perdamaian dan kerukunan umat harus dikedepankan," pesan Menag.

Tema Natal tahun ini, menurut Menag juga relevan dengan tantangan perubahan iklim yang tengah melanda dunia. Oleh karena itu dapat dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Perayaan Natal harus mampu menjadikan kita semakin peduli terhadap kelestarian alam. Segala bentuk perusakan lingkungan yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup semua makhluk harus dihentikan," pesan Menag.

"Tanggung jawab kita bersama untuk menjaga bumi terus lestari dan damai sejahtera," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Misa Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta

Bagi umat Katolik yang hendak melaksanakan Misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, jadwal misa dibagi menjadi tiga, yaitu pada pukul 16.30 WIB (hybrid), pukul 19.00 WIB (hybrid), dan pada pukul 21.30 WIB yang digelar secara tatap muka (offline).

Sementara itu, perayaan Misa Hari Raya Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta berlangsung besok, Senin 25 Desember 2023. Misa juga diselenggarakan tiga kali, dua diantaranya secara hybrid (offline dan online).

Pada pukul 08.30 WIB, Misa Pontifikal yang berlangsung secara tatap muka dan daring. Kemudian, Misa Keluarga pukul 11.00 WIB (tatap muka), dan terakhir pada pukul 17.00 WIB (hybrid).

3 dari 3 halaman

Sterilisasi Gereja Katedral Jakarta

Sebelumnya, jelang Misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, sejumlah tim Gegana Brimob Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi pada Minggu (24/12).

Mengutip Kanal News Liputan6.com, para petugas tersebut memasuki area gereja sekitar pukul 12.55 WIB. Mereka memastikan kawasan gereja steril secara menyeluruh.

Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susiana Suwadi mengatakan, proses sterilisasi bersama tim keamanan dari TNI/Polri rutin dilakukan pada setiap perayaan Natal. Hal tersebut, kata dia guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Seperti biasa setiap tahun, setiap Natal, maupun paskah para aparat TNI/Polri tentu mendukung penuh demi kelancaran dan keamanan," kata Susiana kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Menurut Susiana, sterilisasi oleh pihak keamanan selalu dilakukan pada siang hari jelang Misa Natal digelar.

"Dilakukan oleh aparat TNI/Polri tentu saja dengan Tim Gegana maupun K-9," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.