Sukses

Soal Rumah Sakit Jiwa untuk Caleg Gagal di Pemilu 2024, Menkes Budi Sebut Belum Ada Persiapan Matang

Tanggapan soal kesiapan Rumah Sakit Jiwa untuk antisipasi menampung caleg gagal dalam Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah Rumah Sakit Jiwa, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Rumah Sakit (RS) dikabarkan siap menampung para caleg gagal dalam Pemilu 2024. Layanan gangguan kejiwaan, ruangan hingga bangsal mulai dipersiapkan oleh beberapa fasilitas kesehatan di daerah.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menanggapi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri belum melakukan persiapan matang terkait kesiapan Rumah Sakit Jiwa untuk calon legislatif yang kalah saat Pemilu 2024 mendatang.

"Persiapan Rumah Sakit Jiwa buat caleg gagal? Belum, belum. Ini baru mau mulai," kata Budi Gunadi di Istana Kepresidenan Jakarta baru-baru ini.

Cemas Jelang Pemilu 2024

Berkaitan dengan kesehatan mental dan penyakit jiwa, menurut Budi Gunadi, jenisnya bermacam-macam. Ia mencontohkan, para caleg jelang Pemilu 2024 bisa saja ada yang mengalami gangguan cemas.

Kemudian pasca Pemilihan Umum (Pemilu), jika caleg kalah, dapat berujung depresi.

"Biasanya penyakit jiwa itu kan macam-macam atau istilahnya mental disorder. Mulanya anxiety, cemas. Anxiety tuh kayak sekarang, mau pemilihan kan cemas," terang Menkes Budi.

Selanjutnya, kondisi kesehatan mental yang biasanya dialami caleg selepas pemilu adalah depresi. 

"Setelah itu ada depression disorder, tapi biasanya itu kan sesudah Pemilu. Udah tahu kalah, baru tahu depresi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

RSJ Menur Surabaya Siap Terima Caleg Depresi

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya siap menerima para caleg yang gagal dan mengalami depresi dalam menghadapi Pemilu 2024.

Direktur Utama RSJ Menur Vitria Dewi menjelaskan, bahwa RSJ Menur siap menampung para caleg Jawa Timur dengan fasilitas yang lengkap.

"Kami selalu siap, ada pemilihan caleg atau tidak yang jelas tidak ada penolakan pasien. RSJ Menur selalu siap. Bahkan ruangan kami semua lengkap ada untuk visum dan penyakit penyerta," kata Vitria pada Kamis, (30/11/2023).

RSJ Menur menyiapkan ratusan bed, tepatnya 355 bed karena rumah sakit ini merupakan unggulan dari rumah sakit jiwa yang lain.

"Ada untuk jiwa dan non jiwa. Kalau untuk non jiwa kami siapkan 40 bed. Maka sisanya 315 itu adalah yang jiwa. Itu pun masih dibagi-bagi karena RSJ Menur ini unggulan jiwa," lanjut Vitria.

Terkait bangsal atau ruangan khusus untuk caleg, Vitria menyampaikan, pihaknya tetap siap dalam segala kondisi apapun. Namun, ia berharap tidak ada caleg yang mengalami depresi.

"Bed kita banyak sudah. Kalau di sini jumlahnya 355 bed. Saya maunya caleg sukses enggak ada yang sakit, enggak ada yang depresi. Kalau di sini tinggal memfasilitasi mau di ruang apa (kelas)," sambungnya.

3 dari 4 halaman

RSUD Kota Tangerang Siapkan Layanan Dokter Kejiwaan

RSUD Kota Tangerang menyiapkan alur atau skema khusus untuk berobat atau konsutasi ke dokter kejiwaan bagi para calon anggota legislatif (caleg) yang stres lantaran gagal dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepala Humas RSUD Kota Tangerang Fika mengungkapkan, pihaknya memang tidak menyediakan poli atau klinik kejiwaan khusus untuk pasien caleg stres lantaran persoalan Pemilu 2024.

“Namun, untuk pelayanan tetap sama. Kita bantu untuk fast track (jalur cepat) pendaftaran, konsultasi, dan proses pengambilan obatnya,” ujar Fika, Kamis (16/11/2023).

Alurnya meliputi untuk pasien gangguan kejiwaan jika memang memenuhi indikasi medis dan memiliki jaminan JKN atau BPJS Kesehatan, maka akan diminta rujukan ke askes pertama, untuk kemudian mendapat rujukan faskes ke RSUD Kota Tangerang," tuturnya.

“Selanjutnya pasien akan langsung dirujuk ke klinik jiwa untuk bertemu dokter spesialis kejiwaan. Berobat ke klinik jiwa, pemeriksaan dokter spesialis dan lakukan pengobatan. Kami ada dua dokter spesialis kejiwaan."

Persiapan Rujukan ke RSJ Soeharto Herdjan

Lalu, jika diperlukan rawat inap, akan disesuaikan dengan kemampuan RSUD Kota Tangerang. Mulai dari tenaga medis hingga peralatan di rumah sakit.

“Bilamana diperlukan rujuk atau jika kita belum mampu tata laksana, nanti dirujuk ke RSJ Soeharto Herdjan,” lanjut Fika.

Selain Kota Tangerang, RSUD Kabupaten Tangerang juga menyediakan klinik dan dokter kejiwaan untuk caleg stres. Bahkan, manajemen rumah sakit bakal menyiapkan alur khusus bilamana pasien meningkat sewaktu-waktu.

4 dari 4 halaman

RSUD Bayu Asih Siapkan Ruang Khusus Kejiwaan

RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat akan menyiapkan ruang khusus kejiwaan untuk mereka yang mengalami depresi selepas Pemilu 2024 mendatang. Hal ini juga dengan menyiagakan dokter spesialis kejiwaan.

Plt Direktur RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, dr Tri Muhammad Hani menuturkan, memang jika berkaca pada pengalaman-pengalaman sebelumnya banyak di antara warga yang gagal 'Nyaleg' itu terganggu kondisi kejiwaannya.

"Sebagai antisipasi, kami akan siapkan ruang khusus kejiwaan dengan fasilitas 4-6 bed. Selain itu, kita juga akan menyiagakan dokter spesialis jiwa," ujar Hani kepada Liputan6.com, Rabu (15/11/2023).

Hani menerangkan, depresi yang dialami para caleg ini tidak akan terlalu berlebihan. Tapi kalau dari pengalaman pada pemilu sebelumnya di wilayahnya ini belum terdengar ada kejadian caleg yang mengalami gangguan mental berat pasca pencoblosan.

Kalau yang konsultasi dengan psikiater dipastikan ada. Karena itu sangat manusiawi, jika caleg yang kalah mengalami gangguan emosional. Terlebih lagi, bila dalam proses pencalegan itu, harta benda mereka habis.

"Biasanya, ini yang menjadi pemicu meningkatkan konsultasi dengan psikiater," terang Hani, dilansir dari kanal Regional Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.