Sukses

Influenza Bukan Penyakit Biasa yang Bisa Dianggap Remeh, Ini 5 Manfaat Vaksin Flu

Influenza Bisa Dicegah dengan Vaksin Flu, Ini 4 Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 telah membuka mata banyak orang di dunia tentang pentingnya vaksinasi. Sekaligus memberitahu bahwa vaksin tidak hanya diberikan untuk bayi dan anak saja, tapi juga orang dewasa agar terlindung dari berbagai penyakit.

Salah satu penyakit yang juga bisa dicegah dengan vaksinasi adalah influenza. Sayangnya, masih banyak yang meremehkan dan menganggap influenza sebagai penyakit biasa yang lumrah terjadi.

Padahal, kata Medical GSK Indonesia, dr Johan Wijoyo, penyakit yang mudah menyebar melalui bersin dan batuk dapat mengganggu kualitas hidup dan produktivitas bahkan berdampak serius bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, lanjut Johan, opsi yang bisa dilakukan guna melindungi diri dan orang sekitar dari flu adalah dengan vaksinasi influenza.

Berikut lima manfaat vaksin flu yang perlu kamu tahu dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 19 November 2023.

  1. Mencegah jutaan penyakit terkait flu setiap tahun
  2. Menekan kunjungan medis bagi pasien yang diakibatkan virus influenza
  3. Membantu meningkatkan imun tubuh agar lebih kuat terhadap flu sehingga gejala yang dialami saat terserang virus influenza terasa lebih ringan
  4. Mencegah risiko penyakit terkait flu
  5. Mengurangi risiko infeksi pernapasan pada ibu hamil.

Sementara itu gejala flu sendiri terdiri dari:

  1. Demam/kedinginan
  2. Sakit tenggorokan
  3. Nyeri otot
  4. Rasa lelah
  5. Batuk
  6. Sakit kepala
  7. Pilek
  8. Hidung tersumbat

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Influenza Adalah Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Pemberian Vaksin Flu

Lebih lanjut Johan menekankan bahwa vaksinasi dapat mencegah sekitar 2,5 juta kematian global setiap tahun dan mengendalikan resistensi antimikroba (AMR) yang menyebabkan kematian global sekitar 700 ribu setiap tahun.

Selain itu, kata Johan, vaksinasi pada lansia dapat mencegah kejadian penyakit infeksi dan mengurangi risiko komplikasi pasien dengan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit pernapasan seperti asma dan pneumonia, serta gagal jantung.

Misalnya, data menunjukkan bahwa vaksinasi influenza dapat membantu melindungi kita dari serangan jantung dan stroke.

"Juga membantu melindungi terhadap eksaserbasi kondisi kronis seperti Penyakit Paru Obstruksi Kronis yang dikenal sebagai PPOK," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Johan, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan angka kematian akibat komplikasi karena influenza mencapai 650 ribu kasus di seluruh dunia.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Vaksinasi Influenza dan Vaksin Flu

Guna merealisasikan komitmennya dalam memerluas akses vaksinasi sebagai tindakan pencegahan penyakit, GSK bermitra dengan layanan kesehatan berbasis teknologi, Good Doctor.

Perjanjian kerja sama antara GSK dan Good Doctor telah ditandatangani dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional oleh Kementerian Kesehatan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 10 November 2023.

Chief Executive Officer PT Good Doctor Technology, Danu Wicaksana mengatakan bahwa dengan kerja sama ini, pihaknya menjadi mitra resmi GSK untuk memberikan edukasi dan menyediakan layanan vaksinasi influenza dan vaksinasi di segala rentang usia lainnya.

Kemudian, President Director & General Manager GSK Indonesia, Manish Munot, mengatakan,"Di GSK untuk bisa terdepan dari penyakit dan memberikan dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia, kami berkomitmen untuk memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat terhadap vaksin influenza dan berbagai vaksin lainnya di segala rentang usia."

Manish yakin kolaborasi yang terjalin bisa menjadi langkah strategis guna menunjang akses layanan vaksinasi komprehensif.

Dengan begitu harapan membawa Indonesia mencapai generasi muda yang produktif dan generasi tua yang sehat bisa terwujud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.