Sukses

Segeralah Nikah, Makin Tua Wanita Makin Tak Subur!

Banyak faktor yang menyebabkan seorang pria atau wanita mengalami infertilitas atau ketidaksuburan. Yang paling utama adalah umur.

Banyak faktor yang menyebabkan seorang pria atau wanita mengalami infertilitas atau ketidaksuburan. Yang paling utama adalah umur. Karena itu, sebaiknya jangan menunda menikah atau menunda hamil.

"Umur faktor paling penting menentukan kesuburan wanita. Umur menyebabkan penurunan jumlah dan kualitas sel telur umur yang bertambah akan membuat kesuburan menurun," ujar ahli kandungan dan kebidanan dari Klinik Teratai RS Gading Pluit dr. Indra C. Anwar Sp.OG di Jakarta, Selasa (26/03/2013).

Selain umur, berat badan juga berpengaruh pada kematangan telur wanita. Seorang wanita tidak boleh terlalu gemuk atau kurus.

"Ya, gak boleh terlalu kurus juga. Sebenarnya indeks massa tubuh itu 20, kalau di bawah 20 atau 19 bisa terjadi gangguan pematangan telur. Jadi, perempuan gak boleh terlalu kurus dan gak boleh juga terlalu gemuk,"ujar spesialis kandungan dan kebidanan dari Klinik Yasmin RSCM dr. Budi Wiweko SpOG (K).

Di samping itu, merokok, alkohol dan kafein juga berpengaruh karena menurunkan kemungkinan untuk hamil. Ditambah lagi, jika nutrisi wanita sebelum hamil tidak bagus, sel telurnya juga tidak bagus. Kelebihan vitamin A juga bisa menyebabkan kelainan atau ketidaknormalan pada bay.

Perkiraan kehamilan berdasarkan usia, lebih besar ketika umurnya masih muda. Pada umur 20-an kemungkinan hamilnya 20-30 persen. Pada umur 30-an, kemungkinannya 15-20 persen. Sedangkan pada usia 40-an, kemungkinannya hanya 10 persen. (Zul/Abd)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini