Sukses

Jakarta Watch Exchange Hadir Lagi, Simak Manfaat Kesehatan Mental dari Mengoleksi Item Favorit

Lebih dari 42 peserta pameran Jakarta Watch Exchange 3.0, terutama peserta dari Jakarta, Surabaya, hingga Bali akan menggelar koleksi terbaik mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran jam tangan dan barang mewah Jakarta Watch Exchange (JWX)kembali hadir pada 9-12 November 2023 di PIK Avenue di Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Sedikit berbeda dari pameran sebelumnya, JWX 3.0 akan menghadirkan jenama jam tangan Cronus Art dari China yang tengah populer di kalangan anak-anak muda karena modelnya yang modern dan mewah namun dengan harga cukup terjangkau. Rencananya, di ajang JWX 3.0, Cronus Art akan meluncurkan model edisi khusus Indonesia. Kehadiran jenama ini diprediksi jadi angin segar bagi para watch enthusiasts berkantong menengah.

Mengoleksi barang seperti jam tangan mewah atau tas mewah diketahui bernilai investasi. Namun, aktivitas menjadi seorang kolektor pun bisa jadi pengalaman yang sangat memuaskan. Seseorang mungkin menghabiskan waktu berbulan-bulan berburu barang unik yang akan melengkapi koleksi atau memberi nilai lebih pada koleksinya.

Mengutip laman Bonvitastyle, mengoleksi adalah cara untuk bersantai dan terkoneksi dengan orang lainnya. Para psikolog berpendapat, melakukan hobi atau hal yang disukai dapat membantu mengurangi stres, dan mengoleksi membantu meningkatkan kesehatan mental jika dilakukan dengan kemampuan yang terukur.

Berikut sejumlah manfaat mengoleksi benda yang menarik minat:

1. Mengurangi Stres

Mengoleksi benda membuat individu harus memberi waktu dan fokus mereka untuk mempelajari barang tersebut, sejarahnya, nilainya dan banyak karakteristik lainnya.

Mengerahkan fokus pada hal yang tidak terkait pekerjaan atau hubungan personal menjadi metode sempurna untuk mengurangi stres. Para kolektor dapat melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang meresahkan atau pengalaman-pengalaman menyedihkan dengan mengalihkan perhatian pada detail-detail koleksinya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Afirmasi Personal dan Meningkatkan Memori

2. Afirmasi Personal

Saat mulai memasukkan item terkini pada koleksinya, kolektor akan menyadari bahwa mengoleksi mulai jadi bagian dari identitas diri dan bagian dari cara orang lain mengidentifikasi dirinya. Ini adalah sesuatu yang membuat seseorang jadi dikenal dan jadi topik ketika orang lain bercakap-cakap dengannya. Mengoleksi benda adalah cara yang baik untuk menegaskan kepribadian seseorang dan cara orang lain melihatnya.

3. Memperbaiki Fokus dan Memori

Mengoleksi benda mengharuskan sesoerang fokus pada urusan di hadapannya secara mendetail. Kolektor seringjkali memerlukan seluruh kekuatan observasi dan ingatannya untuk mengevaluasi suatu objek.

Melatih otak dengan cara ini membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan memori.

 

3 dari 4 halaman

JWX 3.0 Juga Hadirkan Jenama Mode Dunia

Mengusung tema #ULTIMATELUXURY, JWX 3.0 menampilkan koleksi jam tangan mewah dari berbagai merek dunia seperti Richard Mille, Patek Philippe, Audemars Piguet, Rolex, Vacheron Constantine, Blvgari, Omega, A.Lange Sohne, Cartier, Chopard, Hublot, Panerai, Tag Heuer, Ullyse Nardin, dan berbagai jenama legendaris jam tangan mewah lainnya. Meskipun demikian, acara pameran JWX 3.0 ini, maupun JWX sendiri sebagai penyelenggara, tidak berafiliasi dengan jenama populer yang telah disebutkan tadi.

Tak hanya jam tangan mewah, JWX 3.0 juga akan menghadirkan luxury items dari jenama mode dunia mulai dari Louis Vuitton, Chanel hingga Hermes. Dengan konsep paviliun, JWX menggabungkan tenant jam tangan dengan tenant perhiasan, tas premium, hingga mobil mewah dalam satu booth.

Rencananya, lebih dari 42 peserta pameran terutama dari kota besar seperti Jakarta, Surabaya hingga Bali akan menggelar koleksi terbaik mereka dalam ajang ini.

CEO sekaligus Founder JWX Anton mengatakan terselenggaranya pameran tak lepas dari komunitas kolektor jam tangan serta pedagang barang mewah yang terus bertambah. Dia berharap, JWX bisa menciptakan kegiatan dan wadah yang bermanfaat bagi para pecinta jam tangan mewah, kolektor, serta para pedagang jam tangan mewah di Indonesia.

"Kami terus berharap JWX dapat menghadirkan pameran yang luar biasa khususnya untuk pecinta jam tangan mewah dan barang bermerek lainnya. Dimana tujuan pameran ini digelar adalah ingin menciptakan kegiatan yang bermanfaat bagi komunitas pecinta jam tangan mewah di Indonesia, jadi para kolektor jam, hingga penjual memiliki wadah untuk saling bertemu langsung dalam satu kesempatan yaitu di JWX, saling berkenalan, berbagi pengalaman, serta bertukar koleksi,” jelas Anton melalui keterangan tertulis. 

4 dari 4 halaman

JWX Siapkan Rangkaian Acara Menarik

Sejumlah kegiatan menarik telah disiapkan JWX dalam pamerannya tahun ini. Diantaranya, pameran akan dibuka dengan Morning Super Ride dari komunitas Supercars pada 9 November 2023 sekitar pukul 08.00 WIB. Deretan supercars diantaranya Porsche GT3 RS dan Mercedes GLS Brabus terbaru akan ikut ditampilkan.

Selain itu, JWX Appss sebagai salah satu platform marketplace bagi barang-barang mewah juga akan diluncurkan pada 10 November 2023, bertepatan dengan ulang tahun pertama JWX.

Ada pula talkshow seputar dunia horologi seperti tips merawat jam tangan mewah, bagaimana mengetahui keotentikan jam tangan mewah, tips memilih jam tangan mewah dengan investment grade tertentu. Tips lain juga akan dibagikan di berbagai talkshow menarik lainnya seperti tips berinvestasi dengan cara membeli & merawat perhiasan berlian, serta cara merawat tas mewah.

Tak kalah menarik, JWX 3.0 menghadirkan seniman Indonesia Peter Gunny yang karyanya diminati bintang Hollywood. Rencananya Peter Gunny akan mempersembahkan Live Patina, mewarnai tali kulit jam tangan secara langsung di gerai Gunny Straps. Pengunjung dapat menyaksikan teknik khusus agar straps jam tangan jadi terlihat berbeda, unik dan sesuai dengan kepribadian si pemilik nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini