Sukses

Ini Dua 'Ramuan' Herbal untuk Ringankan Gangguan Lambung

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang dewasa memiliki masalah pencernaan yang berkaitan dengan lambung. Munculnya masalah kesehatan lambung itu disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari stres hingga paparan zat oksidatif, seperti polusi udara dan asap rokok. 

Ada satu lagi penyebab munculnya masalah lambung, yaitu gaya hidup, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, asam, nggak mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi, hingga menyebabkan obesitas. Selain itu, adalagi faktor penyebab munculnya masalah lambung, yaitu stres akibat pekerjaan yang terjadi setiap hari dan berulang.

Nah, orang Jepang misalnya yang terkenal dengan etos kerja tinggi dan nggak jarang membuat mereka rentan terkena stres. Ada lagi budaya orang Jepang, namanya nomikai yang dilakukan untuk menjaga hubungan baik antar sesama karyawan dan para bosnya. 

Nomikai biasanya digelar dalam momen tertentu, seperti tahun baru atau menyambut kolega baru di tempat kerja. Umumnya nomikai mengundang para pekerjanya untuk bergabung dan minum bersama. 

Nah, nomikai juga menjadi momen yang paling ditunggu karena mereka yang bekerja, dapat melepaskan stresnya, sebelum akhirnya kembali lagi bekerja. Usai nomikai, agar keesokan hari mereka dapat kembali bugar, tanpa sakit kepala dan terkena masalah lambung, mereka selalu mengonsumsi kunyit.

Orang Jepang mengenal kunyit dengan sebutan Ukon. Jadi Ukon bukan sekadar untuk mencegah atau mengatasi masalah pencernaan saja, tapi juga untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Lalu pertanyaannya, apa kandungan kunyit? 

Kunyit atau turmerik adalah tanaman rempah dan obat yang mengandung zat kurkumin yang dapat melawan radikal bebas. Sejak dulu, kunyit diandalkan sebagai traditional medicine karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dari, antioksidan yang poten, antiinflamasi dan antiradang. 

Maka dari itu, kunyit yang merupakan tanaman asli Indonesia juga dimanfaatkan untuk masalah pencernaan, seperti mengatasi gangguan lambung, seperti perut kembung, maag, dan masalah pencernaan lain. Zat kurkumin yang terdapat dalam kunyit, juga membantu melindungi lapisan mukosa pada lambung, sehingga dapat mengurangi iritasi pada lambung. 

Selain kunyit, satu bahan lainnya yang dapat mengatasi masalah di lambung, yaitu black pepper atau lada hitam. Jika kunyit mengandung zat kurkumin, black pepper mengandung piperine yang juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

Nah, ketika kunyit dan black pepper dikombinasikan dapat  membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kurkuminoid. Artinya, dapat membantu mencegah efek buruk dari radikal bebas, serta meringankan gangguan lambung seperti perut kembung, mual, muntah, dan rasa perih di ulu hati.

Jika kamu memiliki masalah di pencernaan atau lambung, dapat segera mengonsumsi kombinasi luar biasa dari kunyit dan black pepper

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini