Sukses

Manfaat Jalani Hubungan yang Sehat, Salah Satunya Bikin Panjang Umur

Hubungan yang positif tidak hanya melalui pasangan, tetapi bisa datang melalui sahabat dan juga keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Punya pasangan dan memiliki hubungan yang sehat tentu idaman bagi banyak orang. Terlebih jika punya hubungan yang baik juga dengan keluarga dan teman bisa berdampak baik pada kesehatan seseorang.

“Orang-orang yang terlibat dalam hubungan relasi yang positif memiliki kunjungan dokter lebih sedikit, kunjungan ke rumah sakit lebih singkat, lebih sedikit rasa sakit, dan emosi terkontrol,” ujar Kirtly Parker Jones, MD Wakil Ketua Pendidikan Departemen Obstetri dan Ginekologi di Universitas Kesehatan Utah.

Menurut penelitian, manfaat miliki hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar termasuk pasangan dan keluarga yang dilansir dari web Health University of Utah sebagai berikut:

1. Panjang Umur

Peneliti menunjukan bahwa orang yang menjalin hubungan positif dan harmonis akan hidup lebih lama. Adapun faktor yang mendukung adalah berkurangnya stres karena berada dalam hubungan yang positif. Dengan berada di lingkungan yang baik, seseroang bisa meninggalkan kebiasaan hidup lama yang buruk. Contohnya pasangan akan meninggalkan kebiasaan seperti merokok dan meminum minuman keras.

"Orang-orang, khususnya laki-laki, menjadi lebih sehat ketika mereka menikah, dan mereka hidup lebih lama,” ujar Jones

2. Sembuh dengan Cepat

Dukungan dari orang terdekat sangat membantu mengurangi stres pasien, mereka yang berada dalam hubungan penuh cinta akan merasa termotivasi untuk sembuh.

"Umumnya, kami melihat pasien dengan dukungan sosial yang kuat memiliki pemulihan yang lebih baik,” ujar Benjamin A. Steinberg, MD profesor kedokteran di Divisi Kedokteran Kardiovaskular di Universitas Kesehatan Utah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Berkurangnya Risiko Darah Tinggi

Perasaan aman dan tentram karena berada di dalam hubungan yang tepat membuat risiko seseorang alami darah tinggi berkurang. Hal ini lantaran ia merasakan kenyamanan dalam hubungan. 

"Emosi memberikan efek negatif dapat berdampak buruk pada kesehatan,” ungkap Steinberg. 

Selain itu, orang yang memiliki hubungan positif akan lebih rileks dan lebih sering melakukan olahraga atau aktivitas lain yang bermanfaat bagi jantung.

4. Meningkatnya Sistem Kekebalan Tubuh

Peneliti melihat orang yang memiliki hubungan sehat cenderung tidak memiliki stres, kecemasan, dan depresi. Hal itu disebabkan suportif dalam hubungan menghasilkan oksitosin yang banyak.

5. Bugar Secara Fisik

Ketika berada dalam situasi yang sulit, dukungan dari keluarga dekat termasuk pasangan dapat memberikan dorongan untuk bangkit.

Terlebih pada hubungan yang romantis, biasanya membuat seseorang termotivasi untuk terlihat baik, misal menurunkan berat badan atau menambahnya. Hal-hal seperti itulan yang membuat orang dalam hubungan yang positif mendapatkan fisik yang bugar.

3 dari 3 halaman

6. Kesehatan Jantung Terjaga

Minim rasa cemas dan depresi membuat tekanan darah normal, sehingga tidak mengganggu kesehatan jantung. Perasaan yang berdebar yang dibalut rasa cinta menyebabkan otak melepaskan dopamin, adrenalin, dan norepinefrin, yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan kuat sebagai respons terhadap emosi.

7. Kesehatan Mental Terjaga

Hubungan positif dan normal memberikan rasa bahagia yang membuat kondisi tubuh tetap sehat. Studi juga mengungkap meningkatnya sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah yang normal membuat hidup orang yang berada di hubungan positif menjadi lebih lama hidup.

Obat terbaik untuk menyembuhkan adalah pikiran positif, sehingga coba untuk jalin hubungan positif kepada teman, keluarga, dan pasangan, karena sangat baik untuk keberlangsungan hidup yang bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.