Sukses

6 Cara Relaksasi Guna Mengurangi Stres

Liputan6.com, Jakarta Manusia tidak bisa lepas dari berbagai persoalan kehidupan yang kerap kali membuat stres. Mulai dari gangguan kecil seperti kemacetan lalu lintas, hingga ke pekerjaan.

Dilansir dari situs Harvard Health Publishing pada Minggu, 29 September 2019, segala penyebab stres yang dialami oleh seseorang akan berpengaruh pada tubuh. Mulai dari ritme jantung yang berdebar kencang, hingga otot menjadi tegang.

Tentu kondisi ini tidak dapat dihindari dalam siklus kehidupan. Namun ada beragam cara yang lebih sehat untuk mengatasi stres tersebut.

Herbert Benson seorang ahli jantung dari Harvard Medical School menjabarkan enam teknik relaksasi yang dapat membantu dalam membangkitkan respons menenangkan dan mengurangi tingkat stres Anda.

1. Perhatikan napas

Dalam menerapkan teknik sederhana ini Anda diminta untuk mengambil napas panjang, lambat serta dalam. Saat bernapas, secara lembut dapat melepaskan segala pikiran dan sensasi yang mengganggu pikiran Anda.

Namun, sayangnya teknik ini tidak sesuai untuk diterapkan kepada mereka yang memiliki riwayat pernafasan atau gagal jantung.

2. Relaksasi otot

Teknik ini memadukan antara fokus terhadap pernapasan dengan relaksasi otot progresif. Setelah beberapa menit mengambil nafas dalam, Anda akan fokus terhadap bagian tubuh dan secara mental membantu dalam melepaskan ketegangan fisik yang terjadi.

 

2 dari 2 halaman

Terhindar dari Stres

3. Berimajinasi

Citra terpadu atau guided imagery merupakan teknik untuk membimbing dan mengarahkan Anda kepada imajinasi yang menyenangkan dengan bantuan audio visual.

Teknik ini memungkinkan Anda menyulap setiap adegan yang menenangkan ke dalam pikiran sehingga membantu memerikan efek rileks dan lebih fokus.

4. Meditasi minfulness

Latihan ini mengharuskan Anda untuk duduk dengan nyaman, fokus terhadap pernapasan, dan memusatkan perhatian terhadap hal yang tengah dilakukan tanpa berkelana ke pemikiran masa lalu atau masa depan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cara ini bermanfaat bagi orang yang memiliki kecemasan, Depresi, dan rasa sakit.

5. Yoga, Tai Chi dan senam Qigong

Ketiga olah raga kuno ini menggabungkan pernapasan berirama dengan serangkaian gerakan yang mengalir. Praktik ini menawarkan Anda untuk fokus terhadap mental yang membantu mengalihkan perhatian Anda dari pikiran berkelana.

6. Doa

Menerapkan doa yang berulang saat Anda dilanda stres dapat membantu memberikan efek yang baik. Dalam teknik ini selain Anda mengulangi doa Benson menyarankan untuk tidak lupa mempraktikkan fokus terhadap pernapasan.

Penulis : Eflien Anggelien