Sukses

Kenali Cerebral Palsy, Kelainan Gerakan Otot dan Postur Tubuh karena Perkembangan Otak Terganggu

Cerebral palsy adalah sekelompok gangguan yang mempengaruhi gerakan dan tonus otot atau postur tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Remaja disabilitas dengan Cerebral Palsy asal Lombok Barat, NTT, Muhammad Alwi Sihab (18) mendapat kursi roda adaptif dari UPT Kementerian Sosial Sentra "Paramita".

Semangat Alwi menjalani aktivitas sehari-hari menjadi salah satu alasan Sentra Paramita memberinya kursi roda bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI. Diketahui, kursi roda baru dari Kemensos itu menggantikan kursi roda lama Alwi yang telah usang dan tidak layak.

Lalu apa itu Cerebral Palsy?

Cerebral Palsy (CP) merupakan suatu gangguan tumbuh kembang yang dialami pada usia anak. Mengutip laman Mayoclinic, Cerebral palsy adalah sekelompok gangguan yang mempengaruhi gerakan dan tonus otot atau postur tubuh. Gangguan ini disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal atau kerusakan yang terjadi pada otak yang belum matang dan berkembang. Umumnya kondisi ini dialami janin sebelum lahir.

Tanda dan Gejala Cerebral Palsy

Tanda dan gejala CP muncul selama masa bayi atau prasekolah. Secara umum, cerebral palsy menyebabkan gangguan gerakan yang berhubungan dengan refleks yang berlebihan, kelenturan atau kelenturan pada tungkai dan batang tubuh, postur yang tidak biasa, gerakan yang tidak disengaja, berjalan tidak stabil, atau kombinasi dari semuanya.

Individu dengan CP bisa mengalami masalah menelan dan ketidakseimbangan otot mata sehingga kedua mata tidak fokus pada obyek yang sama. Selain itu, gerakan sendi-sendi tubuh orang dengan cerebral palsy pun terbatas. Bahkan tak sedikit tanda cerebral palsy adalah kekakuan otot.

Beberapa individu dengan CP bisa berjalan, sementara sebagian lainnya memerlukan bantuan untuk berjalan. Di antara mereka juga ada yang mengalami disabilitas intelektual. Tanda epilepsi, gangguan penglihatan atau pendengaran juga bisa dialami orang dengan CP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Awal Cerebral Palsy

Tanda-tanda CP sangat bervariasi karena ada berbagai jenis. Tanda utama bahwa seorang anak mungkin menderita CP adalah keterlambatan mencapai tonggak motorik atau gerakan (seperti berguling, duduk, berdiri, atau berjalan).

Berikut adalah beberapa tanda lain dari kemungkinan CP. Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa anak tanpa CP juga mungkin memiliki beberapa tanda ini.

Pada Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

  • Bayi mengalami kesulitan mengangkat kepala ketika dalam posisi berbaring telentang atau akan digendong
  • Salah satu bagian tubuhnya terasa lemas atauu kaku
  • Ketika digendong di lengan, dia tampak meregangkan punggung dan lehernya, terus-menerus seperti menjauh dari Anda
  • Ketika bayi diangkat, kakinya menjadi kaku dan menyilang atau seperti posisi gunting

Pada Bayi di Atas Usia 6 Bulan

Dia tidak berguling ke arah mana punDia tidak bisa menyatukan tangannyaDia mengalami kesulitan membawa tangannya ke mulutnyaDia menjangkau hanya dengan satu tangan sambil mengepalkan tangan lainnya

Pada Bayi di Atas Usia 10 Bulan

Dia merangkak dengan cara miring, mendorong dengan satu tangan dan kaki sambil menyeret tangan dan kaki yang berlawananDia berguling-guling dengan pantatnya atau melompat berlutut, tetapi tidak merangkak dengan empat kaki

3 dari 4 halaman

4 Tipe Cerebral Palsy

Seperti dilansir laman CDC, dokter mengklasifikasikan Cerebral Palsy menurut jenis gangguan gerakan utama yang muncul. Bergantung pada area otak mana yang terpengaruh, satu atau lebih gangguan gerakan berikut dapat terjadi:

  • Otot kaku (spastisitas)
  • Gerakan tak terkendali (dyskinesia)
  • Keseimbangan dan koordinasi yang buruk (ataksia)

Oleh karena itu, ada empat jenis utama Cerebral Palsy yakni:

Spastic Cerebral Palsy 

Ini adalah jenis CP yang paling umum dan mempengaruhi sekitar 80% orang dengan Cerebral Palsy.

Orang dengan Spastic CP mengalami peningkatan tonus otot. Ini artinya otot mereka kaku sehingga menyebabkan gerakan mereka menjadi canggung. Spastic CP biasanya dijelaskan oleh bagian tubuh mana yang terpengaruh:

  • Diplegia / diparesis spastik ― Pada CP jenis ini, kekakuan otot terutama terjadi pada kaki, dengan lengan kurang terpengaruh atau tidak terpengaruh sama sekali. Orang dengan diplegia spastik mungkin mengalami kesulitan berjalan karena otot pinggul dan kaki yang kaku menyebabkan kaki mereka menyatu, berputar ke dalam, dan menyilang di lutut (juga dikenal sebagai scissoring).
  • Spastic hemiplegia/hemiparesis―Tipe CP ini hanya mempengaruhi satu sisi tubuh seseorang; biasanya lengan lebih terpengaruh daripada kaki.
  • Quadriplegia spastik/quadriparesis― Quadriplegia spastik adalah bentuk CP spastik yang paling parah dan memengaruhi keempat tungkai, tubuh, dan wajah. Orang dengan spastic quadriparesis biasanya tidak dapat berjalan dan seringkali memiliki gangguan perkembangan lainnya seperti disabilitas intelektual; kejang; atau masalah dengan penglihatan, pendengaran, atau ucapan.
4 dari 4 halaman

Jenis Cerebral Palsy Lainnya

Cerebral Palsy Diskinetik

(juga termasuk cerebral palsy athetoid, choreoathetoid, dan dystonic)

Penderita CP diskinetik mengalami kesulitan dalam mengontrol gerakan tangan, lengan, kaki, dan tungkai, sehingga sulit untuk duduk dan berjalan. Gerakannya tidak terkendali dan bisa lambat dan menggeliat, atau cepat dan tersentak-sentak.

Pada jenis CP ini, terkadang wajah dan lidah terpengaruh dan orang tersebut mengalami kesulitan mengisap, menelan, dan berbicara. Seseorang dengan CP diskinetik memiliki tonus otot yang dapat berubah (bervariasi dari terlalu ketat hingga terlalu longgar) tidak hanya dari hari ke hari, tetapi bahkan dalam satu hari.

Cerebral Palsy Ataxic

Orang dengan CP ataxic mempunyai masalah dengan keseimbangan dan koordinasi. Mereka mungkin tidak stabil saat berjalan. Mereka mungkin kesulitan melakukan gerakan cepat atau gerakan yang memerlukan banyak kontrol, seperti menulis. Mereka mungkin kesulitan mengendalikan tangan atau lengannya saat meraih sesuatu.

Cerebral Palsy Mix (gabungan)

Beberapa orang memiliki gejala lebih dari satu jenis CP. Jenis CP gabungan yang paling umum adalah CP spastik-diskinetik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.