Sukses

Bikin Menteri Basuki Kepo, Ini Cerita di Balik Baju Erick Thohir yang Digunakan Saat Upacara 17 Agustus

Warganet sempat dibuat tertawa lantaran ulah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Erick Thohir saat Upacara 17 Agustus.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan momen Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr Ir H Mochamad Basuki Hadimuljono yang tertangkap basah sedang jahil ke Erick Thohir saat Upacara 17 Agustus?

Menteri Basuki tampak mengangkat baju bagian bawah milik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Warganet yang menonton Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka pun akhirnya salah fokus (salfok) dan jadi terhibur.

Banyak yang penasaran mengapa Menteri Basuki melakukan hal itu. Ternyata setelah diklarifikasi, Menteri Basuki hanya penasaran karena baju yang digunakan Erick Thohir karena cuma terdiri dari satu kancing.

"Saya bilang, 'Ini baju apa?'. 'Boedi Oetomo' katanya kan. Pakai jas, tapi saya melihat kancingnya ternyata cuma satu. Jadi memang itu model Boedi Oetomo. Bukan Jawa, tapi baju Boedi Oetomo 1908. Saya cuma mau ngecek saja," ujar Menteri Basuki sambil tertawa memberikan klarifikasi mengutip video yang diunggah dalam Instagram @erickthohir, Sabtu (19/8/2023).

Tanggapan Erick Thohir Dikepoin Pak Bas

Dalam video yang diunggahnya, Erick Thohir sendiri berharap agar penjelasan menteri yang akrab disapa Pak Bas tersebut bisa menjawab rasa penasaran warganet atas momen tak terduga saat Upacara 17 Agustus satu ini.

"Buat warganet yang penasaran, semoga video ini menjawab ya. Jas Boedi Oetomo ini memang didesain berkancing satu oleh Mas Didiet Maulana khusus untuk saya. Terima kasih Mas Didiet, Pak Bas saja suka," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir sendiri turut mengajak Menteri Basuki untuk kembaran baju saat Upacara 17 Agustus tahun depan.

"Tahun depan kita ajak Pak Bas kembaran saja gimana?" tanya Erick Thohir pada warganet di Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas terkait Baju Erick Thohir yang Bikin Menteri Basuki Kepo

Dalam unggahan berbeda, Erick Thohir sempat menjelaskan pula cerita di balik baju yang digunakannya saat Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka.

Erick Thohir mengaku baju itu terinspirasi dari Boedi Oetomo.

"Baju yang saya pakai untuk upacara bendera di Istana Merdeka hari ini, terinspirasi dari organisasi pergerakan pertama Boedi Oetomo," kata Erick Thohir melalui unggahan pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Menurutnya, Boedi Oetomo menjadi awal era nasionalisme Indonesia yang kelahirannya diperingati sebagai hari kebangkitan bangsa ini.

Untuk itu, Erick Thohir berharap agar Indonesia bisa bangkit bersama rakyat.

"Boedi Oetomo menjadi awal era nasionalisme Indonesia yang kelahirannya diperingati sebagai hari kebangkitan bangsa ini. Sebagai seorang Boedi Oetomo, saya ingin Indonesia tak hanya dewasa dalam usia, juga bangkit bersama rakyatnya," ujar Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Awal Mula Menteri Basuki Kegep Usil ke Erick Thohir

Seperti diketahui, saat Upacara 17 Agustus, Menteri Basuki tertangkap kamera sedang berbuat usil ke Erick Thohir.

Mulanya, Menteri Basuki terlihat memeriksa jasnya sendiri.

Kemudian, mata mengarah pada jas Erick Thohir. Dirinya pun menundukan kepala dan memeriksa beskap Erick Thohir yang tidak dikancing sampai bawah.

Akibat ulahnya, Menteri Basuki ditegur istri dan langsung kembali ke posisi tegap.

4 dari 4 halaman

Menteri Basuki Iseng Bikin Erick Thohir Tertawa

Usai menyadari Menteri Basuki ditegur istri, Erick Thohir tampak tertawa geli.

"Hidup lagi capek-capeknya. Eh, upacara sebelahan sama Pak Bas," ujar Erick Thohir saat momen Pak Bas mengangkat bajunya sedang hangat.

Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga tampak ikut tertawa melihat ulah Menteri Basuki yang random saat upacara itu.

"Kalo Pak bas diem anteng berarti ada yang salah," kata Erick Thohir lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.