Sukses

Potret Senja Hoi An Bertabur Lampion, Rekomendasi Wisata Romantis di Vietnam

Hoi An terletak di bagian tengah Vietnam, tepatnya di Provinsi Quang Nam. Para wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 menit dengan mobil dari Kota Da Nang.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Indonesia punya Kota Tua di Semarang dan Malioboro di Yogyakarta, Vietnam punya Hoi An yang suasananya seperti perpaduan dari kedua destinasi wisata tersebut.

“Kalau jalannya mirip Braga (Bandung) tapi versi crowded. Oh iya, mirip Kota Tua Semarang dan Malioboro juga,” ujar pelancong asal Indonesia, Dhiya Awlia Azzahra kepada tim Liputan6.com, Sabtu (12/8/2023).

Hoi An terletak di bagian tengah Vietnam, tepatnya di Provinsi Quang Nam. Para wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 menit dengan mobil dari Kota Da Nang.

Hoi An telah lama dikenal dengan kawasan bersejarahnya. Ini merupakan sebuah situs warisan dunia dengan kompleks arsitektur yang khas.

Hoi An berfungsi sebagai pelabuhan perdagangan dari abad ke-15 hingga ke-19. Hingga kini, suasana zaman dulu masih kental terasa di kawasan tersebut. Rata-rata bangunan di sepanjang jalan merupakan gedung dengan arsitektur asli dari abad ke-15 hingga 19. Bangunan-bangunan ini dilestarikan dan dijaga tanpa banyak mengalami perubahan, seperti di Kota Tua Semarang.

Sebagian besar bangunan tua di sepanjang jalan difungsikan sebagai restoran, kafe, hingga toko souvenir, seperti di Malioboro.

Meski disebut mirip sejumlah tempat di Indonesia, Hoi An punya keistimewaan tersendiri. Rata-rata bangunan terlihat semakin indah karena dihiasi lampion dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran.

Menjelang sore, lampion-lampion itu dinyalakan dan menghadirkan kesan romantis.

“Ini adalah wisata romantis di Da Nang,” kata pemandu wisata sekaligus penduduk asli Vietnam, Chau Quang Huong Duong yang karib disapa Mas Joko, Sabtu (12/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Harga Tiket Masuk Hoi An

Satu hal lagi yang membedakan Hoi An dengan tempat wisata lainnya adalah adanya sungai Thu Bon yang menambah kesan romantis nan syahdu.

Bagaimana tidak, menjelang senja, sungai dengan panjang sekitar 124 km itu dipenuhi dengan perahu kayu yang dihiasi pula dengan lampion.

Wahana perahu kayu di Hoi An memang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menyusuri sungai Thu Bon. Pelancong yang ingin merasakan sensasi naik perahu di sungai Thu Bon perlu merogoh kocek sekitar 350.000VND (Vietnam Dong) atau sekitar Rp223.000 untuk kapasitas enam orang.

Sementara, tiket masuk ke kawasan Hoi An dibandrol dengan harga 120.000VND atau sekitar Rp76.000 per orang untuk wisatawan asing. Dan 80.000VND atau Rp51.000 untuk pengunjung lokal.

3 dari 7 halaman

Deretan Lampion di Sepanjang Jalan Hoi An, Vietnam, Bikin Suasana Jadi Romantis

4 dari 7 halaman

Para Wisatawan Duduk dan Jalan Santai di Hoi An Sambil Menunggu Senja

5 dari 7 halaman

Suasana Destinasi Wisata Hoi An Vietnam Jelang Senja

6 dari 7 halaman

Lampion Hiasi Sepanjang Jalan Hoi An di Vietnam

7 dari 7 halaman

Sebuah Bagunan Tua di Hoi An Difungsikan Sebagai Kafe dengan Hiasan Lampion dan Tanaman Bunga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.