Sukses

Manfaat Power Nap untuk Orang Dewasa, Tidur Siang yang Punya Nilai Plus

Tidur siang jadi hal yang sering dilakukan pada saat kecil. Namun, ketika dewasa, tidur siang juga punya manfaat lho.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kecil, sebagian dari Anda mungkin pernah diharuskan tidur siang oleh orangtua. Bahkan, ketika dewasa, tidur siang atau sering pula disebut sebagai power nap (tidur singkat) masih dianjurkan.

Hal itu bukan semata-mata dilakukan tanpa sebab. Tidur siang punya manfaat tersendiri termasuk untuk orang dewasa.

"Beberapa orang mengambil waktu untuk tidur siang agar bisa mengimbangi durasi tidur malam yang masih kurang," ujar direktur medis di Sleep Laboratory Kaiser Permanente Honolulu, dr Shanon Makekau mengutip Everyday Health, Jumat (11/8/2023).

Tidur Siang dan Manfaatnya

Manfaat utama dari tidur siang atau power nap sebenarnya untuk menyegarkan tubuh kembali usai terbangun sejak pagi hari.

"Ketika Anda tidur siang, itu bisa memberi energi dan membuat Anda lebih segar dalam empat hingga enam jam ke depan. Anda bisa merasakan jikalau Anda siap untuk menyelesaikan lebih banyak hal," kata dr Safia Khan, asisten direktur Sleep Medicine Fellowship Program di UT Southwestern Medical Center, Dallas.

Itulah mengapa tidur siang sering dikaitkan dengan peningkatan produktivitas kerja. Penyebabnya lantaran Anda berada di kondisi yang segar kembali.

Menurut Mayo Clinic, power nap juga bisa membuat Anda merasa lebih rileks, mengurangi sakit kepala, meningkatkan kewaspadaan, dan memperbaiki suasana hati.

"Power nap bisa membantu orang-orang dengan pekerjaan yang membutuhkan kewaspadaan tinggi seperti pilot dan pengemudi untuk mengisi ulang kembali tenaganya. Jadi mengurangi risiko kecelakaan dan kelelahan karena mengantuk," ujar Shanon menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidur Siang Bantu Tingkatkan Imunitas dan Menurunkan Stres

Studi kecil yang dipublikasikan dalam PubMed milik United States National Library of Medicine menemukan bahwa tidur siang turut memengaruhi dua hal yakni imunitas dan stres.

Brince Faraut dan rekannya selaku peneliti menemukan bahwa tidur siang dalam waktu 30 menit bermanfaat menghilangkan stres dan meningkatkan imunitas pada orang dewasa yang sehat.

Namun, penting untuk mengingat jikalau tidur siang tidak dianjurkan dengan durasi yang melebihi 30 menit. Serta, tidur siang tidak bisa menggantikan waktu tidur malam hari yang penting.

"Itu (tidur 30 menit) akan membuat Anda lebih mudah bangun dari tidur siang, dan itu tidak akan mengganggu tidur malam Anda secara signifikan," ujar Safia.

3 dari 4 halaman

Tidak Dianjurkan Tidur Siang Lebih dari 30 Menit

Berdasarkan anjuran Sleep Foundation, power nap atau tidur siang harus punya durasi yang singkat. Maksimal 30 menit, atau tidak lebih dari 30 menit.

"Hal itu karena tubuh akan memasuki fase deep sleep dan semakin nyenyak jika melewati durasi tersebut, dan bangun dari tidur jika lebih dari 30 menit justru akan membuat kepala terasa pening," tulis keterangan Sleep Foundation.

Terlebih lagi, menurut Safia, jika sudah muncul rasa pening atau tidak segar akibat tidur lebih dari 30 menit, tubuh akan merasa butuh tidur lebih banyak.

4 dari 4 halaman

30 Menit Durasi Pas untuk Dapat Manfaat Tidur Siang

Safia mengungkapkan bahwa dirinya menyarankan untuk mengacu pada batas waktu 30 menit untuk tidur siang jika ingin dapat manfaatnya.

"Dengan power nap, Anda tetap berada dalam tahap tidur yang lebih ringan. Ketika Anda tidur lebih dari 30 menit, lebih sulit untuk bangun dan Anda akan merasa sakit kepala," kata Safia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.