Sukses

Perih Kehidupan Sinead O'Connor: Disiksa Ibu Kandung, Menikah 4 Kali, dan Hadapi Kematian Anak

Tumbuh dari ibu yang tak menginginkannya, lalu kehidupan pernikahan yang tak mulus. Belum lagi, Sinead O'Connor harus hadapi kematian sang putra.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Irlandia Sinead O'Connor meninggal dunia di usia 56. Keluarga O'Connor menyampaikan kabar duka ini pada Rabu, 26 Juli malam waktu setempat.

Semasa hidup, kehidupan pemenang Grammy Award ini memang tak mudah. Tumbuh dan berkembang dari ibu yang ringan tangan, lalu percintaanya juga tak berumur panjang ditambah kematian tragis putranya yang berumur 17 pada 2022.

Di masa jauh sebelum namanya dikenal publik, Sinead O'Connor kecil tumbuh dengan pelecehan dan kekerasan dari sang ibu kandung, Johanna O'Grady.

"Dia melakukan penyiksaan," kata O'Connor kenang sang ibu.

Perkataan dan sikap kasar sang ibu, membuat O'Connor merasa dirinya tak diinginkan.

"Aku langsung ingat ketika ibu memberi tahu bahwa aku seharusnya tidak dilahirkan. Dia tak menginginkanku," kata O'Connor dalam wawancara dalam acara Dr Phil.

"Dia adalah orang yang senang dan tersenyum ketika menyakitiku."

Tak kuat dengan pelecehan fisik dan emosi yang dilakukan sang ibu, O'Connor kabur dari rumah di usia 13.

"Saya tidak pernah mengalami kepanikan, teror dan penderitaan seperti itu lebih dari apapun," katanya dalam wawancara dengan Majalah Spin.

Pada saat remaja ia ketahuan mengutil. Alhasil, hal ini membuatnya ke rumah sakit jiwa selama 18 bulan. Ibu Sinead O'Connor meninggal dunia kala O'Connor berusia 18.

Johana O'Grady meninggal karena mobil yang dikendarai kehilangan kendali sehingga menabrak bus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perasaan Campur Aduk Usai Ibu Meninggal

Namun, kematian sang ibu membuatnya tak langsung bernapas lega. Melainkan muncul pergumulan dalam dirinya.

Sebagai seorang anak, O'Connor tidak suka dengan perasaan bahwa dirinya tak bisa mencintai sang ibu.

Hingga akhirnya pada 2017, ia dengan ikhlas memaafkan kesalahan sang ibu. Ia pun kesal karena tidak bisa memeluk dan memberitahu secara langsung ke sang ibu bahwa dirinya sudah bisa mencintai dan memaafkan.

"Aku benci tidak bisa memeluk dan memberitahunya bahwa aku mencintainya. Meski dia seorang monster aku akan menjaganya," kata O'Connor waktu itu.

Bahkan setelah memaafkan sang ibu, ia merasa merindukan ibunya.

"Aku benar-benar merindukannya," kata O'Connor.

Ketika ia pernah mencoba melakukan upaya bunuh diri, bisa jadi karena keinginan yang sangat besar bertemu sang ibu.

"Aku rasa itu juga jadi salah satu bagian darimana muncul pikiran untuk bunuh diri, karena aku ingin ibuku. Aku tidak bisa sampai menunggu hari itu tiba untuk bertemu ibuku di surga," katanya.

3 dari 4 halaman

4 Pernikahan, Punya 4 Anak

Selain soal sang ibu, kehidupan percintaan O'Connor juga tak mulus. Ia pernah menikah empat kali dan dikaruniai empat anak.Pernikahan pertamanya dengan produser musik John Reynolds.

Dari hubungan ini mereka memiliki anak bernama Jake yang lahir 1987.

Ketika memutuskan berpisah dengan Reynolds, ia menggugurkan kandungannya di 1989.

Setelah beberapa waktu sendiri, O'Connor kembali memadu kasih dengan jurnalis Irlandia John Waters. Dari hubungan ini hadir anak perempuan beranam Roisin pada 1996.

Lagi-lagi O'Connor memutuskan berpisah. Kisah perebutan anak juga terjadi bahkan sampai membuat heboh dunia hiburan Irlandia saat itu. O'Connor akhirnya merelakan Roisin diasuh oleh Waters.

Kemudian O'Connor memiliki hubungan lagi dengan penyanyi folk Donal Lunny. Pada 2004 ia melahirkan anak ketiga bernama Shane.

Lalu, pada 2006, ia melahirkan Yeshua. Ini adalah anak dari hubungannya dengan Frank Bonadio.

Pernikahan keempat terjadi pada 2011. O'Connor menikahi terapis Barry Herridge. Namun, usia pernikahan pasangan tersebut hanya beberapa minggu.

4 dari 4 halaman

Kematian Shane

Pada Januari 2022, pelantun lagu “One More Day” itu mengabarkan bahwa putranya Shane meninggal dunia karena bunuh diri.

Saat itu, dia menulis di Twitter: "Putraku yang tampan, Nevi'im Nesta Ali Shane O'Connor, cahaya hidupku, memutuskan untuk mengakhiri perjuangan duniawinya hari ini dan sekarang bersama Tuhan.”

"Semoga dia beristirahat dalam damai dan semoga tidak ada yang mengikuti teladannya. Sayangku. Aku sangat mencintaimu. Semoga kau dalam kedamaian,” tulis Sinead saat itu.

Sebelum ditemukan meninggal, Sinead mengumumkan bahwa keberadaan anaknya yang ketiga dari empat bersaudara ini sempat tak diketahui alias hilang.

Setelah sang anak ditemukan tewas, Sinead O'Connor lantas mengunggah video musik lagu Bob Marley yang berjudul "Ride Natty Ride" untuk mengenang putranya.

"Ini untuk Shaney-ku. Cahaya hidupku. Pelita bagi jiwaku. Sayangku yang bermata biru. Kamu akan selalu menjadi cahayaku. Kita akan selalu bersama. Tak ada batasan yang bisa memisahkan kita," lanjut penyanyi itu.

O'Connor pun sempat masuk rumah sakit usai kepergian Shane untuk selama-lamanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini