Sukses

5 Potret IDI dan Organisasi Profesi Gelar Aksi Selamatkan Rakyat Indonesia dari RUU Kesehatan

IDI dan Organisasi Profesi demo menjelang disahkannya RUU Kesehatan oleh DPRI RI

Liputan6.com, Jakarta - DPR RI direncakan bakal menandatangani dan mengesahkan RUU Kesehatan pada hari ini, Selasa 11 Juli 2023.

Pendandatanganan Rancangan Undang-Undang Kesehatan Omnibus Law dilakukan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Rencana penandatanganan RUU Kesehatan ini membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan organisasi profesi (OP) lain tidak tinggal diam.

IDI Demo Lagi Jelang RUU Kesehatan Disahkan

IDI, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia kembali turun ke jalan untuk melakukan aksi unjuk rasa.

Berbeda dengan demo-demo sebelumnya yang disebut 'Aksi Damai', unjuk rasa yang dilakukan di depan Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, kali ini bertajuk 'Aksi Selamatkan Kesehatan Rakyat Indonesia'.

Dari pantauan Health Liputan6.com, massa yang terdiri dari dokter, perawat, tenaga kesehatan lain, dan mahasiswa kesehatan sudah mulai berdatangan ke lokasi sejak pukul 8.30 WIB.

Mereka yang melakukan aksi kompak mengenakan kaos putih. Sementara, massa perempuan yang berhijab mengenakan kerudung merah.

Jelang RUU Kesehatan Disahkan, Gedung DPR Dijaga Polisi

Ada beberapa polisi yang juga sudah tiba di lokasi, mereka turun dan berbaur dengan massa unjuk rasa. Bahkan, mereka juga sempat berfoto bersama sebelum demo dimulai.

Di balik gerbang DPR, pasukan keamanan berseragam hitam berbaris dan menerima arahan dari komandannya.

Pada pukul 10.00 WIB rombongan massa lengkap dengan truk kuning yang dipenuhi pengeras suara mulai tiba di depan gerbang gedung DPR.

Orator pun menyerukan bahwa kedatangan mereka adalah untuk menolak penandatanganan RUU Kesehatan Omnibus Law.

"Kalau anggota DPR tidak mendengar aspirasi rakyat dengan tetap mengesahkan RUU Kesehatan maka 2024 siap tanggung konsekuensinya," kata orator berseragam PPNI dari atas truk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jumlah yang Melakukan Aksi Tolak RUU Kesehatan di Depan Gedung DPR RI Tidak Sebanyak yang Pertama

3 dari 5 halaman

RUU Kesehatan Dinilai Belum Menjadi Sebuah Urgensi untuk Disahkan oleh DPR RI Hari Ini

4 dari 5 halaman

Potret Pihak Pengamanan yang Menjaga di Dalam Area Gedung DPR RI Jelang Disahkannya RUU Kesehatan

5 dari 5 halaman

Peserta Aksi dari IDI dan Organisasi Profesi yang Menolak Disahkannya RUU Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini