Sukses

Peduli Sesama, Eka Hospital Group dan Prudential Indonesia Gelar Kegiatan Donor Darah

Guna mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama untuk masyarakat yang membutuhkan, Eka Hospital Group bekerja sama dengan Prudential indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan donor darah, Selasa (30/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta Guna mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama untuk masyarakat yang membutuhkan, Eka Hospital Group bekerja sama dengan Prudential indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan donor darah, Selasa (30/5/2023). Rangkaian kegiatan donor darah ini juga merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Eka Hospital Group.

Rangkaian kegiatan donor darah ini juga akan berlangsung pada hari ini, 31 Mei 2023 yang berlokasi di PruTower Setiabudi. Dilanjutkan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2023 yang berlokasi di PruUniversity Kota Kasablanka.

Direktur Sales Eka Hospital Group, R. Octdy Hendrawan berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kepedulian dan sukarela karyawan terhadap sesama bagi yang membutuhkan, karena setetes darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

“Kami berharap setiap langkah kecil yang dibuat oleh Eka Hospital khususnya, dapat mempunyai manfaat serta bisa membantu sesama yang membutuhkan”, harapnya.

Selain donor darah, Eka Hospital Group juga menggelar healthtalk bersama karyawan Prudential mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. dr. Alfonsus Alex mengatakan bahwa donor darah merupakan proses pengambilan sebagian darah yang kita miliki untuk disumbangkan dan disimpan di bank darah yang sewaktu-waktu dapat dipakai untuk transfusi darah.

"Donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya," katanya dalam sesi healthalk Eka Hospital Group.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turunkan Risiko Jantung

dr. Alfonsus mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dapat menurunkan risiko kejadian serangan jantung sampai 1/3 kali, terutama pada pria.

"Beberapa keuntungan lain dari donor darah rutin berdasarkan beberapa penelitian lain adalah menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, menurunkan kejadian resistensi insulin, serta meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik," ungkapnya.

dr. Alfonsus memaparkan terdapat sejumlah syarat pendonor yang bisa dinyatakan lolos. Syarat tersebut meliputi sehat jasmani dan rohani, calon pendonor harus berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, kadar hemoglobin > 12,5gr- 17,0gr, tekanan darah 100-140 mmHg dan 70-90 mmHg.

“Selain persyaratan di atas, untuk pendonor wanita dalam keadaan tidak sedang hamil dan menyusui. Pendonor juga tidak sedang mengkonsumsi obat apa pun selama 3 hari juga tidak sedang dalam pengobatan, diet ketat, dan pasca operasi," paparnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.