Sukses

Pentingnya Dukungan Komunitas bagi Orang yang Sadar Gaya Hidup Sehat Usai Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 Bikin Banyak Orang Sadar Pentingnya Gaya Hidup Sehat tapi Mereka Butuh dukungan orang sekitar

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 rupanya berefek pada kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Masyarakat pun berbondong-bodong untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih aktif dan sehat lagi.

Namun, berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan kesehatan, gaya hidup, dan komunitas, Herbalife, 84 persen konsumen di Asia Pasifik mengaku butuh dukungan dari komunitas agar goals untuk hidup lebih sehat dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan.

Sebab, 70 persen responden merasa hidupnya lebih 'enteng' setelah fokus pada gaya hidup sehat dan aktif.

Misal, 46 persen mengaku kualitas tidurnya membaik, 46 persen di anaranya merasa kekebalan tubuhnya menjadi kuat dan tidak gampang sakit, dan kebiasaan makan yang lebih sehat pun tercapai dengan mudah.

"Semua itu berpengaruh pada kesehatan mental responden," kata Regional Presiden Herbalife Asia Pacific and China, Stephen Conchie dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu 28 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskannya survei ini juga mengungkapkan bahwa setiap generasi punya prioritas yang berbeda dalam meningkatkan kesehatan mereka, seperti:

  • 50 persen responden dari kalangan Generasi X dan Boomers lebih fokus pada peningkatan kekebalan tubuh dibanding 42 persen Generasi Z dan Millenials.
  • Namun, 46 persen generasi yang lebih muda menganggap peningkatan kesehatan mental sebagai bagian dari tujuan kesehatan mereka, sementara hanya 34 persen dari generasi tua yang berpandangan sama.

Meski begitu survei yang dilakukan pada April 2023 dengan melibatkan 5.504 konsumen berumur 18 hingga 78 tahun di 11 negara Asia Pasifik menjabarkan batu sandungan yang menghambat mereka mencapai tujuan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Dukungan Komunitas dalam Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Responden yang berasal dari Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam merasa kurangnya waktu dan kurangnya memotivasi menjadi penghambat terbesar mereka mencapai goals yang diinginkan.

"Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, mayoritas yang sangat besar dari responden mengaku pentinya memiliki kelompok pendukung dalam perjalanan kesehatan dan gaya hidup mereka," kata Stephen.

 

 

3 dari 3 halaman

Apa Manfaat Dukungan Komunitas?

Ketika mencapai tujuan kesehatan atau membuat perubahan gaya hidup yang positif, seringkali sulit untuk tetap berkomitmen dan termotivasi sepanjang perjalanan.

Oleh sebab itu, lanjut Stephen, dukungan komunitas memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan peluang mencapai tujuan, pendapat ini juga ditemukan pada sebagian besar responden survei yaitu sebesar 84 persen.

Manfaat yang dirasakan dari dukungan komunitas, antara lain:

  • Berbagi pengalaman dan pengetahuan berharga (57 persen)
  • Memberikan panduan dan dorongan (54 persen)
  • Mencari nasihat terkait kesehatan (49 persen)
  • Bertanggung jawab atas perjalanan kesehatan mereka (43 persen)

"Untuk memperkuat komitmen kami dalam membantu lebih banyak orang di Asia Pasifik mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dan aktif, kami akan mengadakan APAC Extravaganza di Singapura pada minggu ini," katanya.

"Kegiatan ini diisi pendidikan dan pelatihan tahunan terbesar kami untuk para member independen kami di wilayah Asia Pasifik, dan kami berharap dapat menginspirasi ribuan member independen untuk menjadi pahlawan gaya hidup sehat di komunitas lokal mereka," Stephen menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini