Sukses

Berhati Malaikat, IU Kembali Berdonasi Saat Ulang Tahun Senilai Rp2,7 Miliar

Merayakan ulang tahun yang ke-30, IU berdonasi sejumlah Rp2,7 miliar. Salah satunya, komunitas single mother yang menerima donasi IU.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan penyanyi solo Korea Selatan IU kembali melakukan rutinitas tahunannya yakni berdonasi saat merayakan ulang tahun.

Bertambah usia menjadi 30 tahun pada 16 Mei 2023, IU berdonasi sebanyak 250 juta won atau setara Rp2,7 miliar untuk orang-orang yang membutuhkan.

Uang tersebut disalurkan IU kepada beberapa yayasan, yaitu The Happiness Foundation, Heart to Heart Foundation, KUMFA (Korean Unwed Mothers Families Association) untuk ibu tunggal, dan KFSSC (Korean Foundation for Support of the Senior Citizen in need) untuk rakyat lanjut usia (lansia) yang membutuhkan, seperti mengutip Soompi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, bintang Hotel del Luna itu menyumbang donasi atas nama “IUAENA”, yaitu gabungan nama IU dengan nama fandom-nya, UAENA.

Donasi kekasih Lee Jong Suk ditunjukkan lewat empat sertifikat donasi yang diunggahnya melalui akun Twitter resminya, @_IUofficial.

“Hal-hal yang saya pelajari dari UAENA, hal-hal yang saya rasakan melalui UAENA, dan hal-hal yang saya terima dari UAENA akan selalu menjadi materi yang membuat IU bergerak dan melakukan kebaikan. Aku mencintai kalian. Terima kasih banyak untuk hari ini,” tulis IU dalam cuitan yang disukai lebih dari 8 ribu orang.

Tak kaget, para penggemar tetap mengungkapkan rasa sayang dan bangga terhadap selebritas bernama asli Lee Ji-eun tersebut.

“Ini seperti yang diharapkan dari IU sang peri. Aku sangat mencintaimu, selamat ulang tahun!” kicau akun @****igeum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donasi IU pada Ulang Tahun ke-28 dan ke-29

Bukan hal baru, IU memang rajin berdonasi. Seperti ketika merayakan ulang tahun ke-29 pada 2022 lalu, sang pelantun Good Day juga berdonasi ke banyak tempat dengan total setara lebih dari Rp2,3 miliar. 

Donasi tersebut digunakan untuk mendanai perawatan remaja penyandang disabilitas tuli, rumah untuk orang tua tunggal, pusat pemuda Korea Selatan, serta pusat penyandang disabilitas.

Sebelum itu, IU juga menyumbang untuk orang-orang yang membutuhkan sembari merayakan ulang tahunnya pada 2021.

Pada ulang tahun ke 28 tahun, wanita yang debut di dunia tarik suara pada tahun 2008 berdonasi dengan jumlah fantastis, yaitu setara Rp6,2 miliar. 

Uang sejumlah demikian diberikan IU untuk berbagai yayasan, seperti Yayasan Kanker Anak Korea, grup pendampingan untuk anak dengan penyakit langka Yeouldol, Pusat Dukungan untuk Lansia yang Hidup Sendiri, dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Donasi IU Saat Ulang Tahun Debut ke-14

Pada September 2022 lalu, IU juga membagikan kekayaannya dengan menyumbang sekitar Rp2,1 miliar untuk memperingati 14 tahun debutnya.

Sumbangan masing-masing senilai sekitar Rp1 miliar disalurkan untuk membantu memerangi kanker anak dan mendukung pemuda Korea sebelum beranjak dewasa.

Donasi IU Saat Hari Anak di Korea

Tak sampai situ, baru-baru ini, bertepatan di Hari Anak Korea Selatan pada 5 Mei 2023, ia memberikan hadiah kepada murid-murid di sekolah khusus anak penyandang disabilitas, Milal School. 

Untuk para murid dan guru di sekolah tersebut, IU memberikan pizza, minuman, serta kue beras yang disiapkan sendiri bersama ibunya.

4 dari 4 halaman

IU Dijuluki ‘Nation’s Sweetheart’ Berkat Paras Cantik dan Hati bak Malaikat

Menjadi salah satu selebritas paling dikenal di Korea Selatan selama belasan tahun terakhir, warga Korea menjuluki IU sebagai ‘Nation’s Sweetheart’.

Bagaimana tidak? Kebaikan, kemurahan hati, cinta, dan paras cantik untuk orang-orang di sekitarnya membuat sang pelantun Celebrity dirasa cocok dengan julukan tersebut.

Tak hanya ketika perayaan untuk dirinya sendiri, ia bahkan sempat berdonasi menjelang hari Natal dan Tahun Baru.

Pada perayaan Natal 2021, IU menyumbang uang sejumlah Rp2,3 miliar untuk pasien kanker dan anak-anak dengan keluarga berpenghasilan rendah.

Sumbangan dengan jumlah tersebut diberikan kepada ChildFund Korea, yaitu salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional paling berpengaruh di Korea yang bekerja untuk kesejahteraan anak-anak.

Sebagian dari donasi digunakan oleh ChildFund Korea untuk keluarga berpenghasilan rendah agar mereka bisa menutupi tagihan pemanas, serta membeli pakaian hangat untuk musim dingin menjelang Natal dan Tahun Baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.