Sukses

Ravi Eks VIXX Minta Maaf ke Pasien Epilepsi Terkait Skandal Gunakan Jasa Calo Agar Tak Wamil

Ravi VIXX pura-pura Epilepsi agar terhindar dari wajib militer atau wamil.

Liputan6.com, Jakarta - Ravi VIXX telah menjalani sidang perdana terkait keputusannya menggunakan jasa calo agar terhindar dari wajib militer (wamil) pada Selasa, 11 April 2023.

Sidang perdana Ravi dilaksanakan di Divisi Kriminal 7 Pengadilan Distrik Seoul, Korea Selatan. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut mantan anggota acara ragam '2 Days 1 Night Season 4' dengan hukuman 2 tahun penjara.

Dikutip dari situs Allkpop pada Rabu (12/4), Ravi menghadapi tuduhan menghindari dinas militer dengan menerima diagnosis epilepsi palsu melalui kolusi dengan broker dan mengajukan diagnosis palsu ke Administrasi Tenaga Kerja Militer.

Dengan hasil diagnosis yang menyatakan Ravi menderita epilepsi, pemilik tembang 'BLOSSOM' tetap menjalani wajib militer dengan bertugas sebagai pekerja sosial, bukan tentara aktif.

Jaksa meyakini bahwa Ravi menandatangani kontrak senilai 50 juta Won dengan calo dinas militer meski dia tidak memiliki masalah kesehatan, berpura-pura menderita epilepsi, dan menerima keputusan dinas alternatif.

Ravi VIXX Minta Maaf ke Pasien Epilepsi dan Keluarga

Tidak lama setelah tuntutan keluar, Ravi pun merilis permintaan maaf melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @ravithecrakkidz. Ravi pun memutuskan cabut dari VIXX usai meminta maaf kepada fans.

Selain itu, Ravi juga minta maaf kepada keluarga pasien epilepsi.

"Saya ingin meminta maaf kepada semua pasien epilepsi dan keluarga pasien yang pasti terluka oleh perbuatan saya yang mewajarkan (kesalahan) diri sendiri dalam proses (9wamil) dan membuat pilihan yang salah, serta kepada setiap orang yang sedang menjalani wamil saat ini," kata Ravi

"Saya juga meminta maaf kepada seluruh pihak yang terluka oleh perbuatan saya dan kepada fans yang telah mendukung saya sebagai penyanyi untuk waktu yang lama," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Ravi Mantan Personel VIXX Usai Dituntut 2 Tahun Penjara

Berikut adalah pernyataan lengkap yang telah dialihbahasakan, dikutip dari Koreaboo, Rabu (12/4/2023).

Halo, ini Ravi.

Pertama-tama, aku ingin meminta maaf kepada semua yang kusakiti. Sebelumnya, ketika aku menunda pendaftaran wajib militerku setelah ditugaskan untuk tugas sipil, dalam rangka promosi, saya mengetahui bahwa saya tidak dapat lagi menunda pendaftaran.

Pada saat itu, karena saya adalah satu-satunya artis yang menghasilkan pendapatan, dan karena pemenuhan kontrak yang ditandatangani sebelum COVID-19 tertunda, saya sangat ingin menunda pendaftaran karena takut akan biaya yang dikeluarkan karena melanggar kontrak.

Dari keputusasaan itu, saya membuat keputusan bodoh, dan sekali setelah kekhawatiran saya terhadap agensi dan kontrak diselesaikan, saya melamar untuk memenuhi tugas sipil saya, dan sejak Oktober tahun lalu, saya telah memenuhi tugas militer saya.

Saya ingin meminta maaf kepada semua pasien epilepsi dan keluarganya, serta mereka yang dengan setia menjalankan tugas militernya, yang terluka oleh keputusan saya, yang saya coba benarkan pada diri saya sendiri.

Juga, untuk semua orang yang telah saya sakiti dan untuk para penggemar yang telah mendukung saya lebih dari sekadar seorang penyanyi, saya dengan tulus meminta maaf karena membuat Anda merasa semua waktu yang kita habiskan bersama telah hancur.

Saya ingin menjadi seseorang yang dapat Anda banggakan, tetapi saya malu untuk menunjukkan sisi memalukan saya ini kepada Anda. Saya percaya saya adalah seseorang yang tidak layak atas cinta yang telah Anda tunjukkan kepada saya begitu lama.

 

3 dari 4 halaman

Usai Minta Maaf ke Fans, Ravi Cabut dari VIXX

Terakhir, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada anggota VIXX karena kesalahan saya, saya telah memutuskan untuk mundur dari grup. Saya ingin berterima kasih dan meminta maaf kepada para anggota selama 11 tahun bersama seseorang yang kurang seperti saya. Saya harap upaya berharga para anggota tidak terpengaruh oleh saya lagi.

Saya pikir saya adalah seseorang yang kurang, dengan banyak belajar. Saya percaya saya harus memikul semua kritik yang dilemparkan ke arah saya. Semakin banyak Anda mengkritik saya, semakin dalam saya akan belajar.

Saya tahu bahwa kata-kata maaf ini tidak akan membuat kesalahan saya hilang. Saya tidak akan pernah melupakan momen ini dan akan berusaha menjadi orang yang lebih baik. Saya dengan tulus meminta maaf.

4 dari 4 halaman

Ravi VIXX dan Tuduhan Memalsukan Riwayat Kesehatan dengan Pura-Pura Epilepsi Agar Tak Wamil

Pengadilan Distrik Selatan Seoul pada 11 April 2023  mengadakan persidangan untuk Ravi dan rapper Nafla atas tuduhan melanggar Undang-Undang Dinas Militer. Jaksa meminta pengadilan untuk menghukum keduanya masing-masing dua tahun dan 2 tahun 6 bulan penjara.

Ravi diduga telah memalsukan riwayat medisnya untuk menyatakan bahwa dia menderita epilepsi untuk menghindari kewajiban militernya.

Sementara, Nafla diduga berbohong tentang depresinya untuk menerima tugas sipil selama pendaftarannya. Jaksa mengklaim Ravi tidak kooperatif selama penyelidikan sebelum mereka dihadapkan dengan bukti yang kuat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.