Sukses

Rencana Diet Menpora Dito Ariotedjo: Intinya Harus Kalori Defisit

Dito Ariotedjo baru saja dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).

Liputan6.com, Jakarta - Dito Ariotedjo baru saja dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).

Sejak Senin 3 April 2023, ia resmi menggantikan Menpora sebelumnya Zainudin Amali yang mengundurkan diri. Usai pelantikan, ada celetukan yang cukup menarik perhatian media. Yakni tentang rencana menurunkan berat badannya.

Diketahui, Menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju Ini memang memiliki tubuh tinggi besar. Saat ditemui di Jakarta Selatan, Dito pun kembali menyampaikan rencana dietnya.

“Intinya harus kalori defisit sih. Jaga makan,” kata Menpora baru itu usai memberi sambutan di acara Tjufoo di Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Pernyataan ini menyusul guyonan yang sempat disampaikan pada 3 April soal ada yang harus dikurangi dari dirinya.

“Ada satu sih kalau dari saya, yang perlu dikurangi itu adalah berat badan saya,” kata Dito.

“Jadi kita mulai hari ini (3/4), diet makin keras dan latihan makin keras,” tambahnya.

Tak hanya bagi diri pribadinya, adik dari dokter spesialis anak Mesty Ariotedjo ini juga mengajak awak media untuk mengikuti langkahnya. Ia mengajak para wartawan untuk ikut berolahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Mungkin nanti teman-teman wartawan bisa ikut latihan di Kemenpora, hehe!”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertubuh Bongsor Sejak SMA

Ini bukan kali pertama Dito menyerukan bahwa dirinya memang memiliki tubuh besar.

Di Instagram pribadinya, ada unggahan yang menampilkan foto jadul Dito kala masih duduk di bangku SMA.

Dalam foto yang diberi judul "Until Tomorrow" itu, terlihat bahwa sosok Dito memang lebih bongsor dibandingkan teman-temannya.

Pria yang kini berusia 32 ini bahkan memberi tagar #SegedePintu pada keterangan fotonya.

3 dari 4 halaman

Gemar Bersepeda

Dari beberapa unggahannya di Instagram, Menpora baru ini terlihat gemar berolahraga terutama bersepeda.

Hobi bersepeda sudah dimiliki sejak lama. Pada Desember 2013, Dito mengunggah foto sepedanya dengan keterangan telah bersepeda sejauh 178km.

“After journey to Carita (Jakarta-Carita/178km) closing year touring trip.”

Selain bersepeda, ia juga terlihat melakukan yoga dengan istrinya Niena Kiran Riskyana Fuad saat mengandung buah hati mereka.

“Pre natal gentle yoga bersama istri yang sedang hamil minggu ke-23. Biar calon bayi jadi lebih santai di dalam perut,” tulisnya dalam keterangan foto yang diunggah pada 9 September 2019.

4 dari 4 halaman

Mengenal Kalori Defisit yang Disebut Menpora Dito Ariotedjo

Menurut dokter spesialis gizi dari Klikdokter Retno Ayu, diet kalori defisit adalah pengaturan pola makan dengan tujuan pengurangan kalori di menu makan harian.

Kalori merupakan unit terkecil dari energi yang diperoleh dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Kebutuhan energi harian (Total Daily Energy Expenditure/TDEE) merupakan akumulasi kalori yang dibakar oleh tubuh selama 24 jam. 

Kebutuhan energi ini dibagi lagi menjadi jenis energi, sesuai dengan fungsinya, yaitu:

  • Basal metabolic rate (BMR): energi minimal untuk menjalankan fungsi normal seluruh sistem organ, misalnya peredaran darah dan kekebalan tubuh
  • Thermic effect of food (TEF): energi untuk mencerna makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Aktivitas fisik: energi untuk melakukan segala aktivitas fisik harian seperti menyapu, berkebun, bersantai, dan berolahraga

Menurut pakar dalam artikel ilmiah berjudul Position of the Academy of Nutrition and Dietetics: Interventions for the Treatment of Overweight and Obesity in Adults, diketahui bahwa pengurangan energi sebanyak 500-1.000 kkal per hari dapat menurunkan berat badan hingga 0,5-1 kg per minggu.

Penurunan berat badan dengan diet defisit kalori hasilnya lebih terlihat pada orang dengan status gizi kategori overweight dan obesitas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini