Sukses

Berbahan Ikan Dori, Ini Menu Simpel untuk Buka dan Sahur di Bulan Ramadhan

Ikan dori bisa jadi salah satu sumber bahan protein yang mudah diolah dan rasanya enak. Cocok untuk diolah jadi menu makanan saat buka dan sahur di Bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Selama Ramadhan menu buka puasa dan sahur selalu diupayakan beragam setiap harinya. Menu yang gampang dan cepat dibuat biasanya jadi andalan.

Kali ini, Putri Habibie berbagi resep simpel berbahan ikan dori. Resep bernama Dory Lemon Butter ini hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memasaknya.

“Saat sahur dan buka puasa biasanya kita sudah disibukkan dengan kegiatan sehari-hari, jadi kita tidak punya banyak waktu untuk masak yang ribet. Jadi aku selalu pilih menu dengan bahan yang sedikit, mudah dicari, dan waktu memasak yang cepat. Makanya, aku pilih resep Dory Lemon Butter ini,” kata Putri mengutip keterangan pers Anchor, Senin (3/4/2023).

Dengan resep yang enak dan bebas ribet ini, Putri berharap para ibu punya lebih banyak waktu untuk menikmati kebersamaan dengan orang tersayang selama bulan puasa.

Dory Lemon Butter ala Putri Habibie ini hanya memerlukan bahan-bahan sederhana yang mudah dicari yakni:

  • Dua sendok makan tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan saus:
  • Empat sendok makan Anchor unsalted butter
  • 150gr wortel, potong dadu kecil-kecil
  • 150ml air kaldu (½ sendok teh kaldu ayam bubuk)
  • Satu buah lemon, iris
  • Satu sampai dua sendok makan air perasan lemon
  • Garam, gula, lada secukupnya
  • Satu sendok teh daun parsley kering
  • Dua fillet ikan dori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan tersedia, memasak resep ini pun bisa dimulai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Baluri ikan dori dengan tepung terigu lalu goreng hingga coklat keemasan. Sisihkan.
  2. Untuk membuat saus, lelehkan butter, kemudian masukkan wortel, air kaldu, dan perasan lemon.
  3. Masukkan garam, gula, lada, dan daun parsley kering sesuai selera.
  4. Masukkan ikan dori yang telah digoreng dan irisan buah lemon ke dalam saus. Masak hingga kuah menyusut.
  5. Dory Lemon Butter siap disajikan.

“Semoga resep ini bisa menginspirasi para homecooks ya,” kata Putri.

3 dari 4 halaman

Kandungan dan Manfaat Ikan Dori

Selain memiliki daging yang lembut, gurih, dan lezat, ikan dori juga kaya akan zat gizi.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), ikan dori mengandung:

Protein

Kadar protein per 100 gram ikan dori adalah 17.86 gram hingga 21 gram.

Kandungan protein dori berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel. Seperti diketahui, tubuh manusia terdiri atas jutaan sel yang selalu dibentuk dan diperbaiki. Konsumsi protein penting untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel ini.

Protein juga berperan dalam pembentukan enzim dan hormon. Enzim dan hormon diperlukan untuk proses metabolisme dalam tubuh manusia. Misalnya setelah makan, berbagai enzim yang berfungsi memecah karbohidrat, protein, dan lemak akan dikeluarkan supaya makanan yang dikonsumsi dapat diserap tubuh. Bahan untuk membuat enzim ini adalah protein.

Selain itu, protein berguna dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh sehingga risiko terinfeksi virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit jadi berkurang.

4 dari 4 halaman

Bebas Karbohidrat dan Gula

Karbohidrat dan gula adalah sumber zat gizi yang perlu dipenuhi sesuai kebutuhan harian. Keduanya bermanfaat menghasilkan energi untuk kerja tubuh sehari-hari. Namun, jika berlebihan, karbohidrat dan gula justru bisa merugikan kesehatan.

Konsumsi karbohidrat dan gula secara berlebihan dapat menimbulkan kegemukan, serta munculnya penyakit seperti diabetes. Kabar baiknya, kandungan gizi ikan dori bebas dari kedua hal tersebut.

Lemak

Lemak sering kali dianggap musuh bagi kesehatan dan perlu dihindari. Padahal, terdapat jenis lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan, misalnya asam lemak omega-3 dan omega-6.

“Lemak juga diperlukan tubuh sebagai sumber energi dan sebagai pelarut vitamin tertentu. Jenis lemak yang baik juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Seperti jenis ikan umumnya, dori mengandung banyak asam lemak omega-3,” kata dokter Alvin Nursalim dari Klikdokter, dikutip Senin (3/4/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.