Sukses

Setop Oles Krim Wasir pada Mata Bengkak, Ini 8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Begini cara menghilangkan kantung mata secara alami tanpa krim wasir

Liputan6.com, Jakarta - Kantung mata tak jarang membuat rasa percaya diri turun karena membuat wajah tampak tidak segar.

Adanya kantung di bawah mata bisa disebabkan oleh tidur terlalu larut atau stres. Di samping itu, kebiasaan merokok, alergi, penuaan alami, dan faktor genetik juga bisa memicu timbulnya kantung mata.

Demi mengempeskan kantung mata dengan cepat, beberapa orang menggunakan krim wasir atau ambeien pada mata bengkak.

Krim wasir diyakini dapat membantu mempersempit pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan. Namun, hal ini membutuhkan kehati-hatian.

"Krim wasir tidak disetujui untuk penggunaan ini. Mereka dapat menghasilkan efek samping, seperti iritasi kulit dan mata," kata dermatolog  Susan Bard, MD mengutip Very Well Health, Minggu (19/2/2023).

"Pastikan untuk membaca label produk dengan hati-hati. Jika Anda berniat menggunakan krim ini dalam jangka panjang, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan untuk memastikan ini aman untuk Anda," dia menambahkan.

Pakai Krim Mata untuk Menghilangkan Kantung Mata

Ketimbang krim wasir, lebih baik menggunakan krim mata yang jelas-jelas dibuat untuk mata.

Tidak seperti krim wasir, krim mata dimaksudkan untuk membantu mengatasi kantung mata dan dapat memberikan perbaikan sementara yang efektif.

Susan merekomendasikan untuk mencari krim mata yang mengandung retinoid, kafein, vitamin A, C, dan E, dan antioksidan.

Gunakan Retinol

Kantung mata juga bisa diatasi dengan retinol. Ini adalah bentuk vitamin A yang sering digunakan dalam perawatan kulit dan krim mata.

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim mata retinoid setiap malam dapat memperbaiki tampilan bengkak, garis, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Manfaat ini bisa lebih besar jika mengoleskan krim mata kaya peptida di pagi hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Beberapa cara alami lain untuk menghilangkan kantung mata termasuk:

Kompres Dingin

Mendinginkan area di bawah mata dapat mengurangi aliran darah dan membantu meredakan pembengkakan.

“Anda mungkin bisa menghilangkan kantung mata dengan menahan sesuatu yang dingin di area mata selama beberapa menit.”

 Kompres dingin dapat tak melulu menggunakan es. Hal dingin lainnya yang bisa dicoba adalah sayuran beku, irisan mentimun dingin, sendok dingin langsung dari lemari es, dan kain atau handuk yang dicelupkan ke air dingin.

Teh Celup

Selain kompres dingin yang disebutkan di atas, bekas teh celup yang didinginkan juga bisa berfungsi sebagai kompres mata yang praktis dan efektif.

“Setelah menyeduh teh seperti biasa, letakkan beberapa kantung teh di lemari es sampai pagi. Lalu letakkan di mata Anda dan rileks selama beberapa menit.”

Seperti kompres dingin lainnya, ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan area di sekitar mata. Salah satu teh yang baik digunakan adalah jenis teh yang khususnya dikenal dengan sifat anti-inflamasinya.

3 dari 4 halaman

Cara Lainnya

Cara lain yang dapat dicoba adalah:

Tabir Surya

Kulit di sekitar mata cukup halus dan mudah rusak. Dan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari dapat menyebabkan penuaan dini di sekitar mata, memperparah kantung mata dan pembengkakan.

Untuk itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen bisa menjadi pilihan. Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF (faktor perlindungan matahari) 15 atau lebih tinggi. Cari tabir surya yang dibuat khusus untuk wajah atau sekitar mata.

Kafein

Beberapa produk mata mengandung kafein karena menyempitkan pembuluh darah dan dapat memperbaiki tampilan mata bengkak.

“Anda juga dapat mendinginkan beberapa kantung teh hitam berkafein dan meletakkannya di mata Anda selama beberapa menit.”

4 dari 4 halaman

Tinggikan Kepala Saat Anda Tidur

Karena kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata, masuk akal jika tidur yang cukup dapat membantu mengatasi masalah ini.

Dan tidur dengan kepala sedikit terangkat membuat cairan tidak mengendap di sekitar mata di malam hari.

“Menambahkan bantal lain dapat membantu jika Anda tidak dapat menaikkan tempat tidur.”

Tetap Terhidrasi

Dehidrasi dapat membuat area di sekitar mata bengkak dan kendor. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air.

Namun, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak cairan sebelum tidur. Terlalu banyak minum dan terlalu banyak makan garam dapat menyebabkan retensi cairan di malam hari dan mata bengkak di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.