Sukses

Penerapan Genomik di Bidang Kedokteran dan Bioteknologi Bantu Capai Reformasi Kesehatan RI

Reformasi teknologi kesehatan menjadi hal yang tengah dikejar oleh pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Reformasi teknologi kesehatan menjadi hal yang tengah dikejar oleh pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa di setiap krisis seperti COVID-19, negara bisa melihat dari sudut yang berbahaya. Namun, di balik itu akan ada peluang besar bagi negara untuk maju. Salah satunya dengan penerapan genomik dalam bidang kedokteran dan bioteknologi.

“Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melihat ini (penerapan genomik) sebagai peluang bagus untuk melakukan reformasi besar-besaran dan kami telah merancang enam reformasi besar. Salah satunya adalah reformasi teknologi kesehatan, termasuk bioteknologi,” kata Budi dalam peluncuran White Paper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future oleh East Ventures di Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Sebagian besar penduduk Indonesia yang saat ini berusia muda, diperkirakan akan menua dengan cepat dan berpotensi dalam membebani infrastruktur kesehatan. Hal ini disampaikan Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dalam kesempatan yang sama.

Untuk memitigasi potensi krisis kesehatan, genomik dapat menjadi alternatif untuk memberikan perawatan preventif dan solusi pengobatan yang tepat.

Genomik sendiri adalah bidang yang mempelajari genome untuk memahami bagaimana suatu organisme bekerja. Serta, apa akibat dari interaksi antar gen dan pengaruh lingkungan terhadapnya.

Dengan penerapannya dalam bidang kedokteran dan bioteknologi, genomik dapat mengarah pada berbagai perawatan, terapi, produk, dan teknologi baru. Seiring berkembangnya genomik, hal ini berpotensi dalam menghadirkan transformasi ekosistem perawatan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Genomik Indonesia

Indonesia baru saja memulai perjalanan genomiknya dan berada di jalur yang benar. Hal ini berpotensi membuka manfaat ekonomi yang bernilai US$ 100+ miliar.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan tujuan studi genomik yang sejalan dengan kebutuhan perawatan kesehatan.

Selain itu, berbagai kemajuan penting telah dicapai. Salah satunya dengan mendirikan badan nasional Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) pada Agustus 2022, di mana turut didukung oleh Perusahaan East Ventures sebagai salah satu donatur.

Pada Kamis, East Ventures meluncurkan White Paper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future. White paper ini dihadirkan dengan kerja sama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Redseer Strategy Consultant. Tujuannya, memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana genomik dapat memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Panduan dalam Mengambil Langkah

Selain itu, white paper ini berfungsi sebagai panduan bagi para pemangku kepentingan dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan sistem dan infrastruktur kesehatan Indonesia di masa mendatang.

“Kami senang dapat terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam menghadirkan white paper ini. Populasi yang sehat adalah salah satu aset bangsa yang paling penting,” kata Willson Cuaca.

“Dan kami berkomitmen untuk berperan secara aktif dalam mendukung pengembangan perjalanan kesehatan Indonesia. Kami berharap white paper ini memberikan wawasan yang diperlukan untuk mendukung perjalanan genomik di Indonesia,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Yakin Berperan Penting

Sejak awal, pihak Willson yakin akan potensi teknologi genomik dalam merevolusi sistem dan infrastruktur kesehatan Indonesia.

Pada saat investasi terkait genomik masih relatif baru, East Ventures telah menunjukkan kepercayaannya di sektor ini sejak 2018 melalui startup yang berfokus pada genome sequencing seperti Nalagenetics dan Nusantics.

“Kami yakin teknologi ini akan berperan penting dalam meningkatkan diagnosa medis, pengobatan, dan pencegahan penyakit kritis di Indonesia. Kami akan menggandakan investasi kami di sektor ini,” tambah Willson.

White paper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian health future dapat diunduh secara gratis melalui www.east.vc/genomics.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.