Sukses

Libur Nasional dan Cuti Bersama Imlek 2023, Healing Yuk

Sahabat Liputan6.com bisa memanfaatkan libur Imlek dan cuti bersama di Januari 2023 yang jatuh di akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan cuti bersama Imlek 2023 pada Senin, 23 Januari 2023. Sedangkan libur nasional Imlek tahun ini jatuh pada Minggu, 22 Januari.

Penetapan libur nasional dan cuti bersama Imlek itu dimuat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri dengan nomor 1006/2022, Nomor 3/2022 dan Nomor 3/2022 yang diteken pada 11 Oktober 2022.

Meski demikian, pelaksanaan cuti bersama Imlek tidak wajib, seperti yang tercantum adalam SKB Tita Menteri diktum ke-7, mengenai hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023. Sedang mengenai dampak pelaksanaannya disebutkan dalam diktum ke-5.

“Pelaksanaan cuti bersama sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu bagi lembaga/instansi swasta diatur oleh pimpinan masing-masing,” demikian mengutip dari Diktum Ketujuh SKB Tiga Menteri tersebut.

Adapun dampak pelaksaan cuti bersama dimuat dalam diktum ke-5 SKB tiga menteri yang berbunyi,

“Pelaksanaan cuti bersama sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu mengurangi hak cuti tahunan pegawai, karyawan, pekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku pada setiap unit kerja, satuan organisasi, lembaga, perusahaan."

Artinya, apabila Sahabat Liputan6.com ingin memperpanjang weekend atau memanfaatkan cuti bersama, kalian bisa mengajukan cuti layaknya cuti tahunan. Tentu konsekuensinya, jatah cuti tahunanmu akan berkurang kalau kamu memilih opsi itu.

Diambil atau tidak, kamu tetap bisa berkumpul dengan keluarga merayakan Imlek di akhir pekan. Sedangkan bagi Sahabat Liputan6 yang tidak merayakan, kamu bisa mengisi libur Imlek dengan bersantai atau healing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Chilling and Healing

Beristirahat dan relaksasi atau yang kerap disebut chilling and healing ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional. Jika tubuh dan pikiran tidak mendapatkan rehat seperti seharusnya, hal itu akan berpengaruh pada banyak aspek kehidupan karena stres tak terhindarkan. 

Chilling and healing yang diartikan sebagai bersantai ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kreativitas. 

Mengutip laman Psychcentral, ketika tubuh dalam mode relaksasi, bagian lain dari sistem saraf bekerja dan berupaya untuk meredakan dampak respons stres.

Akibatnya, tubuh mulai melepaskan bahan kimia untuk:

  • menurunkan kadar hormon stres
  • mengendurkan otot
  • menurunkan gula darah
  • menurunkan tekanan darah
  • melambatkan detak jantung dan ritme  pernapasan
  • mengurangi peradangan
  • meningkatkan respon imun   

Saat Anda rileks secara mental, upaya tersebut secara proaktif meredakan ketegangan dan stres dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Daftar Ide Kegiatan Chilling and Healing di Rumah

1. Nikmati tontonan lucu

Tertawa benar-benar bisa jadi obat terbaik. Tertawa ampuh meredakan ketegangan fisik, mengurangi stres, dan meningkatkan kekebala. Jadi cobalah menonton komedi favorit kamu dan tertawalah!

2. Setop melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan (multitasking)

Tidak heran kita semua sangat stres saat membalas pesan teks, sambil menonton TV, dan berbicara di telepon secara bersamaan!

Multitasking bukan hanya sama sekali tidak efisien, tetapi juga terkait dengan peningkatan produksi hormon stres (kortisol dan adrenalin) yang dapat membuat tubuh jadi panik! Jadi santai saja, dan selesaikan tugas satu per satu.

3. Mewarnai

Kegiatan ini mungkin terkesan sederhana. Tapi, mewarnai efektif membantu kita bersantai. Ini karena ketika mewarnai, fokus akan tertuju pada aktivitas tersebut sehingga tidak mungkin untuk juga fokus pada hal lain saat melakukannya.

4.Atur kekhawatiran

Rasa khawatir memicu pelepasan hormon stres ke dalam tubuh sehingga akan berdampak pada munculnya gangguan kecemasan serta menurunnya sistem imun.

Apakah rasa khawatir bisa dikendalikan? Jawabannya bisa. Anda bisa mengatasinya dengan menyediakan waktu selama 15 menit dalam sehari untuk menyadari hal-hal apa saja yang menimbulkan kekhawatiran lalu tuliskan. Setelahnya, akan lebih mudah untukmu untuk mencari solusinya. 

4 dari 4 halaman

Menikmati Hujan

5. Membuat kue (baking)

Ajaib memang, tapi aroma kue memang dapat membuat orang merasa tenang dan nyaman. Banyak orang merasa memanggang kue bisa menghilangkan stres dan menambahkan sentuhan dekoratif pada kreasimu dapat memberi rasa bangga, meningkatkan mood, dan karenanya meningkatkan rasa percaya diri. 

6. Manjakan diri dengan masker wajah

Ya, memanjakan diri dengan masker wajah juga bisa membuatmu rileks.

Jadi, ayo pakai stok maskermu atau cek bahan dapur yang bisa kamu racik jadi masker alami. Nikmatilah ketenangan yang didapat dari memakai masker sekaligus dapatkan manfaat kulit sehat terawat. 

7. Menimati suara hujan

Imlek biasanya identik dengan meningkatnya curah hujan. Derasnya hujan menjelang dan ketika Imlek kerap dimaknai dengan pertanda derasnya rezeki di tahun baru. 

Nah, menikmati suara hujan dan suasana syahdu yang ditimbulkannya pun rupanya bisa memberi ketenangan. Ritme suara hujan yang sesekali ditingkahi oleh petir memberi efek relaksasi pada otak. 

8. Nyalakan musik dan menari

Menari dan menikmati musik bisa membantu kita membangun kepercayaan dan harga diri. Dan tentu saja memperbaiki mood. ]

Menari juga dapat membantu mengekspresikan emosi dan pengalaman yang sulit diungkapkan dengan kata-kata… jadi gunakan libur akhir pekan kali ini dengan menari semaumu seperti tidak ada yang menonton!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini