Sukses

9 Sinyal si Dia Selingkuh, Salah Satunya Tiba-Tiba Sulit Dihubungi

Liputan6.com, Jakarta - Tanda-tanda pasangan melakukan selingkuh bisa terlihat dari tanda-tanda kecil yang sering dianggap sepele. Mungkin ketika dia mulai sering pulang kerja larut malam. Ketika dia tiba-tiba lebih memerhatikan jadwal Anda juga bisa.

"Perselingkuhan diselimuti kerahasiaan, orang tersebut akan berusaha sekuat tenaga agar pasangan tak curiga," ungkap terapis pernikahan dan keluarga berlisensi sekaligus penulis Blueprint for a Lasting Marriage Lesli Doares.

"Tujuan pelaku adalah supaya tidak tertangkap dan menanggung konsekuensinya. Mereka berusaha untuk membuat semuanya tampak normal."

Jika Anda merupakan orang yang gampang percaya, Anda akan cenderung mengabaikan tanda-tanda perselingkuhan yang kecil hal ini disampaikan psikolog dan penulis Finding Peace When Your Heart Is In Pieces Paul Coleman, Psy.D.

Lalu, apa perubahan yang kerap terjadi sebagai sinyal atau tanda pasangan berselingkuh? Berikut diantaranya menurut terapis hubungan:

1. Perubahan Jadwal Tanpa Alasan Jelas

 Kebanyakan orang memiliki jadwal yang teratur dan diprediksi. Bahkan jika jadwalnya berubah, pasti ada alasan dibaliknya. Namun, ketika dia mendadak harus pulang malam atau keluar kota tanpa alasan jelas dalam waktu berkali-kali coba cari tahu lagi apa sebenarnya yang terjadi.

"Seseorang yang tiba-tiba harus lembur tanpa alasan yang jelas bisa saja selingkuh," jelas Coleman.

Terlebih jika hal ini terus terjadi pada saat pasangan Anda tidak memiliki pekerjaan baru, promosi, maupun proyek yang sedang dikerjakan. Tentunya, Anda harus bertanya dan waspada akan apa yang mungkin dilakukan pasangan di belakang Anda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

2. Sulit Dihubungi

 

2. Tiba-tiba tidak dapat dihubungi

Sekali lagi, perubahan adalah faktor besar. Jika pasangan Anda memiliki pekerjaan yang membuatnya sulit dihubungi pada waktu tertentu, bukan berarti mereka selingkuh. Namun jika Anda tiba-tiba sulit menghubunginya berbeda dari biasanya, dan hal itu terus berlanjut, maka Anda harus berhati-hati.

"Mereka yang berselingkuh membutuhkan privasi dan waktu tanpa gangguan," tegas Coleman.

"Seseorang yang terlibat dalam perselingkuhan pasti tidak dapat dijangkau."

Lagipula, mereka tidak ingin mengambil risiko Anda mendengar suara latar yang mencurigakan.

3 dari 5 halaman

3. Perubahan pada Teman-Temannya

Orang yang berselingkuh biasanya kurang berhati-hati dalam menutupi jejaknya di depan teman-temannya dibanding pasangan. Tentu saja, orang cenderung curhat ke temannya. Hasilnya, "Besar kemungkinan teman pasangan Anda telah mengetahui apa yang terjadi sebelum Anda," ucap Coleman.

Oleh karena itu, mereka merasa tidak nyaman dan gelisah di sekitar Anda karena mengetahui hal yang tak Anda ketahui.

4. Ucapan Tidak Logis

"Inilah bagaimana orang yang selingkuh ketahuan," kata Doares.

Mungkin pasangan Anda mengatakan mereka perlu melakukan sesuatu yang tidak masuk akal, atau orang yang dia sebut sedang bersamanya malah mengatakan hal sebaliknya. "Jujur itu mudah tetapi kebohongan sulit dipertahankan," lanjutnya.

"Bukti objektif mendukung kebenaran tetapi bertentangan dengan kebohongan."

5. Sering Beri Hadiah

Tentu saja senang mendapat hadiah. Namun, jika itu tidak terjadi pada waktu sebelum-sebelumnya, coba cari tahu lagi apa yang terjadi.

Terkadang, orang yang berselingkuh memberikan hadiah secara berlebihan untuk menutupi jejak perselingkuhannya, ujar Coleman.

Memberikan hadiah dapat menjadi cara untuk meyakinkan Anda bahwa mereka mencintai dan setia pada Anda "Sehingga kesannya tak mungkin berselingkuh,'" lanjutnya.

4 dari 5 halaman

6. Menuduh Selingkuh

Ini hal yang kerap dilakukan orang yang selingkuh tapi terjadi. Cara ini membuat pasangan cenderung diam mengenai hal-hal yang tampak ganjil karena Anda tak ingin mengecewakannya mengingat bahwa mereka sudah "khawatir" Anda berselingkuh. 

7. Tidak Detail Cerita Keseharian

Sebagai pasangan, hal yang lazim ya berbicara tentang apa saja yang dilakukan di hari tersebut. Namun ketika  berselingkuh, kebiasaan berbagi hal-hal detail keseharian jadi berkurang. Ya, mungkin karena sedang bersama selingkuhannya seperti kata psikolog klinis berlisensi dan penulis Family Fit: Find Your Balance in Life John Mayer Ph.D.

Akibatnya, orang yang selingkuh ini hanya memberikan sedikit cerita. "Ketika mereka sudah memiliki seseorang untuk berbagi hal ini, mereka bahkan mungkin tidak sadar bahwa mereka sudah tidak berbagi dengan Anda," ujar Doares.

5 dari 5 halaman

8. Perubahan Penggunaan Handphone

Mulai dari mengganti kata sandi ataupun membawa telepon genggam bersamanya sepanjang waktu padahal biasanya hanya digeletakkan dan ditinggalkan. Hal ini perlu dipertanyakan. 

"Perubahan ini merupakan indikasi perselingkuhan yang selalu terjadi dan oleh karena itu menjadi tanda perselingkuhan yang kuat," ucap Mayer.

Doares setuju pendapat Mayer. "Setiap kali seseorang mulai menyembunyikan sesuatu, hal itu patut dipertanyakan," tuturnya.

9. Tiba-tiba Lebih Peduli Penampilan

Terkadang seseorang memutuskan untuk fokus pada penampilannya sebagi bagian dari resolusi tahun baru atau untuk memulai rutinitas baru atau pekerjaan baru. Biasanya perubahan ini diungkapkan juga alasannya ke pasangan. 

"Alasan dan waktunya harus masuk akal," tegas Coleman.

Namun, kika pasangan Anda tiba-tiba memakai parfum atau menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli pakaian baru, dan hal itu tak pernah terjadi sebelumnya, coba tanyakan padanya seperti saran  Coleman. Apabila jawaban mereka tidak masuk akal, maka berhati-hati perlu. 

 

(Penulis: Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.