Sukses

Usia 30 Tahun Sering Lupa, Coba Lakukan Latihan Memori ini

Memori seseorang secara alami akan menurun dengan bertambahnya usia. Namun, usia penurunan memori ini ternyata lebih awal dari yang kita kira, yakni pada usia 30 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Memori seseorang secara alami akan menurun dengan bertambahnya usia. Namun, usia penurunan memori ini ternyata lebih awal dari yang kita kira, yakni pada usia 30 tahun. 

Meski orang sekarang masih muda jadi pelupa, menurut  Dr. Richard Restak, seorang profesor klinis neurologi dan kedokteran rehabilitasi di GW School of Medicine dan Ilmu Kesehatan, mengatakan bahwa itu sangat normal.

“Ini adalah hal-hal yang tidak perlu dikhawatirkan orang,” Restak, penulis buku The Complete Guide to Memory: The Science of Strengthening Your Mind dikutip dari laman Today.

Anda mungkin pernah menyadari tiba-tiba masuk ke ruangan tapi tak ingat mau melakukan apa. 

Begitu pula saat Anda memarkirkan kendaraan, karena terburu-burunya sampai tidak memperhatikan letak parkir kendaraan Anda.

"Kedengarannya seperti masalah serius, tetapi sebagian besar waktu orang tersebut disibukkan dengan sesuatu,” katanya. 

Namun Restak memperingatkan, jika seseorang sampai tidak ingat bagaimana sampai ke mal, entah itu menggunakan bus atau mobil, maka ingatan orang tersebut perlu diselidiki.

Restak bilang, sebenarnya orang jadi lupa itu seringnya karena tidak fokus. Memperhatikan sesuatu cukup lama untuk benar-benar mengamatinya adalah kunci untuk mengingat, tapi itu terancam dengan semua kesibukan masyarakat modern.

“Anda harus melakukan upaya untuk mengatur memori Anda dan membuatnya tetap bekerja,” katanya.

Untuk melatih memori Anda, Restak menganjurkan untuk melakukan latihan working memory setiap hari. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ubah kata menjadi gambar

Belajarlah untuk menulis dan membaca, tetapi Rastak mengatakan kita tidak harus belajar melihat sesuatu. Tips klasik ini merupakan cara mengingat nama. 

"Melihat adalah “lebih utama” daripada menulis dan membaca, “jadi karena itu jika kita bisa mengubah bahasa menjadi gambar, itu pasti akan meningkatkan daya ingat Anda. Anda akan lebih mudah mengingatnya,” sarannya.

3 dari 5 halaman

2. Memperbaiki masalah pendengaran dan penglihatan

Restak mengatakan masalah-masalah ini terbukti berhubungan langsung dengan timbulnya demensia, terutama Alzheimer

“Sulit untuk mengingat sesuatu yang belum Anda lihat dengan jelas,” katanya. “(Tapi) saya pikir sidang bahkan lebih penting dalam beberapa hal.”

Menurut laporan komisi 2020 di The Lancet, pendengaran yang buruk adalah salah satu dari 12 faktor risiko demensia yang dapat dimodifikasi,

Itu dapat mengubah konteks percakapan dan mencegah orang mengikuti situasi sosial, jadi ada baiknya melindungi pendengaran Anda di masa muda Anda dan menggunakan alat bantu dengar saat diperlukan.

 

4 dari 5 halaman

3. Tidur Siang

Tidur siang, kata Restak, membantu mengkonsolidasikan ingatan, jadi jika Anda sedang belajar atau bersiap-siap untuk presentasi, istirahatlah setelahnya — ini dapat membantu Anda mengingat informasi itu.

Durasi tidur siang yang disukainya adalah 20 menit. Tidur siang setiap hari dapat membantu jika sesuai dengan jadwal Anda — sore hari bisa menjadi waktu terbaik karena orang secara alami mengantuk setelah makan siang.

 

5 dari 5 halaman

4. Hati-hati dengan alkohol

 

Alkohol adalah racun saraf yang lemah — “pembunuh sel-sel otak,” seperti yang dikatakan Restak dalam bukunya. Jika seseorang mulai minum di awal usia 20-an, otak mereka akan terpapar selama beberapa dekade.

Pada laporan The Lancet disebutkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan adalah faktor risiko lain yang dapat dimodifikasi untuk demensia.

Restak menyarankan pasiennya untuk berhenti minum alkohol sama sekali selambat-lambatnya pada usia 70 tahun, “ketika perlu untuk melestarikan neuron sebanyak mungkin,” tulisnya dalam bukunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini