Sukses

Selalu di Sini, Lagu Karya Reza Gunawan tentang Kematian

Sebelum meninggal dunia, mendiang Reza Gunawan sempat menuliskan lagu hasil renungannya soal kematian berjudul "Selalu di Sini".

Liputan6.com, Jakarta Pada Selasa 6 September 2022, Tanah Air kembali berduka atas kepergian seorang pakar sekaligus guru di bidang holistik, Reza Gunawan. Mendiang Reza Gunawan berpulang usai berjuang melawan sakitnya selama lebih dari satu bulan terakhir.

Kepergiannya meninggalkan begitu banyak kenangan. Tak hanya bagi orang-orang terdekatnya seperti Dewi Lestari sebagai istri dan kedua anaknya, melainkan bagi orang-orang yang pernah dibantu olehnya untuk melewati masa-masa sulit.

Sebelum meninggal dunia, mendiang Reza Gunawan pun pernah menuliskan sebuah lagu hasil renungannya tentang kematian. Diketahui, kondisi kesehatan Reza Gunawan sempat menurun pada tahun 2019 lalu.

Kisah dibalik lagu "Selalu di Sini" akhirnya ditulis oleh Reza Gunawan dan dibagikan olehnya melalui laman tulisan pribadinya rezagunawan.com. Kini, lagu tersebut seolah menjadi kenang-kenangan bagi siapapun yang ditinggalkan olehnya.

"Tahun 2019 lalu, saya mengalami cobaan pada kondisi kesehatan saya yang menurun drastis. Pada tahun selanjutnya, kondisi saya tidak kunjung membaik, dan sulit sekali dipulihkan. Saya pun sampai merenungkan peluang saya bertahan hidup. Rasanya saat itu, pintu kematian terasa dekat mengintai dan sekaligus menjadi rahasia yang misterius," tulis Reza Gunawan dalam laman tulisan tersebut.

"Merenungi kematian ini ternyata menjadi titik balik besar buat saya. Ketimbang berusaha melawannya, saya belajar merangkul segala ketakutan dan kekhawatiran, sekaligus berusaha mempersiapkan segalanya sebaik mungkin bagi keluarga tercinta," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Bantu Orang Hadapi Duka

Dalam tulisannya tersebut, Reza Gunawan mengungkapkan bahwa dalam pekerjaannya, ia banyak membantu para klien yang berduka. Hal tersebut ternyata mengajarkan Reza Gunawan soal kepergian seseorang untuk selamanya.

"Tersimpan sederet pengalaman membantu klien yang berduka, dan itu mengajarkan saya bahwa mereka yang pergi sebenarnya selalu ada, dan selalu hadir. Perenungan tersebut membuat saya tergerak untuk memilih,"

"Apabila takdir berkata saya harus pulang, apa kiranya yang ingin saya sampaikan kepada mereka yang tercinta? Kepada mereka yang hidup dalam hati saya, keluarga dan para sahabat," kata Reza Gunawan.

Dari sanalah, lirik lagu "Selalu Di Sini" mulai tercipta dari Reza Gunawan. Menurut Reza, lagu tersebut dapat mewakili tentang kehilangan seseorang akibat sebuah kematian.

"Lirik, nada, dan harmoninya ingin melukiskan tautan kita semua dengan mereka yang berpulang. Tidak ada yang bisa tahu apakah ini sebuah bentuk pamit, atau justru merayakan pertalian kita yang selalu ada selamanya," ujar Reza Gunawan.

3 dari 4 halaman

Reza Gunawan di Mata Istri dan Anak

Begitu banyak ucapan belasungkawa, terima kasih, dan doa mengiringi kepergian mendiang Reza Gunawan. Termasuk sebuah ungkapan dari sang istri Dewi Lestari, yang juga telah menemaninya selama ini melewati banyak perjalanan.

"Fisiknya tak lagi di sini, tetapi kenangan tentangnya, cinta yang ia pancarkan, ilmu yang ia ajarkan, prinsip yang ia junjung, dan segala sentuhan penyembuhan yang telah ia bagikan, akan selalu bersama dengan kita," ujar Dewi Lestari melalui akun Instagram pribadinya @deelestari.

Dalam kesempatan berbeda, putranya Keenan Avalokita pun sempat menuliskan ungkapan beberapa hari sebelum ayamnya meninggal dunia. Dalam unggahan tersebut, terpajang foto mendiang Reza Gunawan dan Keenan.

"Untuk papa, jalan apapun yang kamu ambil, dan ke rumah manapun yang akan kamu singgahi, aku berharap kita dapat membantu kamu berjalan ke sana dengan mudah," ujar Keenan.

"Dan untuk kamu semua, aku mohon untuk menjaga orang yang kamu cintai. Jaga mereka agar tetap aman karena kamu mungkin tidak pernah tahu kehidupan apa yang akan menimpa mereka. Jaga dirimu, jangan lakukan hal bodoh yang bisa membahayakan kamu atau orang yang kamu cintai," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih untuk Reza Gunawan

Kepergian Reza Gunawan membuka banyak cerita dari jiwa-jiwa yang telah dibantunya semasa hidup. Salah satunya diungkapkan oleh Bunga Citra Lestari.

BCL mengungkapkan bahwa Reza Gunawan merupakan sosok spesial dalam hidupnya yang telah mengajarkan banyak hal tentang hidup dan tentang dirinya sendiri.

"Terima kasih mas @rezagunawan, yang sejak belasan tahun yang lalu, mendampingi aku melewati pasang surutnya kehidupanku. Membuatku lebih mengerti tentang hidup," ujar BCL melalui unggahan pada akun @bclsinclair.

"Mengajarkan aku untuk bisa berdamai dengan keadaan. Membuatku bisa lebih menerima diriku sendiri dan apa yang Tuhan berikan untukku," sambungnya.

BCL mengungkapkan bahwa Reza Gunawan merupakan salah satu orang yang membantunya melewati masa sulit usai kehilangan mendiang suaminya, Ashraf Sinclair.

"Ketika badai datang di 2020, di tengah kondisi kesehatan yang naik turun, Mas Reza masih mendampingi aku menjalani masa grieving aku. Sampai aku bisa perlahan bangkit dan memulai hidupku kembali," kata BCL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.