Sukses

Resep Kuat di Usia Tua, Latihan Beban Sedari Muda

Tak Ada Kata Telat untuk Latihan Beban Demi Menuju Tua yang Kuat

Liputan6.com, Jakarta - Meski penelitian lebih lanjut diperlukan, para ahli umumnya setuju bahwa melakukan latihan kekuatan (strength training) secara teratur memiliki manfaat untuk penuaan yang sehat, termasuk mempertahankan kualitas hidup yang tinggi.

"Tubuh Anda akan berfungsi pada tingkat yang jauh lebih tinggi, lebih lama, jika Anda memiliki kekuatan otot yang baik," kata ahli bedah ortopedi di Baylor College of Medicine, Dr Bruce Moseley seperti dikutip dari situs Channel News Asia pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Menurut Bruce, otot yang kuat diperlukan di sejumlah aktivitas sehari-hari seperti bangkit dari kursi, membuka tutup toples, membawa barang belanjaan ke dalam rumah, atau bahkan mengangkat galon air minum. 

Namun, terapis fisik dari Universitas Washington di St Louis, Monica Ciolino mengatakan bahwa semakin tua usia seseorang, makin berkurang pula massa otot di dalam tubuhnya. Sehingga ada baiknya untuk mulai memasukkan olahraga beban ke dalam aktivitas fisik sehari-hari.

Monica bilang bahwa berkurangnya massa otot biasanya dimulai pada usia 30-an dan berkembang seiring bertambahnya usia.

Akan tetapi seseorang benar-benar dapat menangkis efek negatifnya dengan melakukan latihan kekuatan secara teratur. Dan, tidak ada kata terlambat untuk memulainya. 

"Penelitian menunjukkan bahkan lansia dengan masalah mobilitas dapat mengambil manfaat dari program latihan kekuatan atau latihan beban reguler," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mulai Latihan Beban Sekarang Juga

Bruce pun menyarankan untuk mulai membuat jadwal latihan kekuatan yang konsisten dan waktu istirahat guna menghindari cedera yang berlebihan.

Bruce mengatakan mulailah dari beban yang ringan dan gerakan yang mudah di awal latihan. 

"Begitu tubuh Anda mulai menyesuaikan diri, maka Anda dapat meningkatkannya," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Latihan Beban Bersama Ahli

Jika Anda masih tidak mengerti mesti melakukan gerakan atau latihan yang seperti apa, Bruce merekomendasikan untuk mencari saran ahli atau ikut kelas atau menyewa pelatih pribadi.

Yang penting, kata Bruce, mulai saja dulu dan pelan-pelan menjadikannya sebuah kebiasaan. Dia mengingatkan bahwa ini tidak hanya dapat membantu Anda hidup lebih lama, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup Anda.

"Ketika saya bertanya kepada orang-orang, 'Apa arti penuaan yang sukses bagi Anda?' orang bilang ingin mandiri, ingin mempertahankan fungsi dan kualitas hidup, ingin melakukan hal-hal yang ingin dilakukan," katanya.

Olahraga beban disebut Bruce menjadi salah satu kunci sederhana untuk memeroleh semua itu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.