Sukses

Jelang Musim Penghujan, Ini Obat Flu dan Batuk yang Perlu Kamu Sediakan di Rumah

Biasanya, penyakit yang kerap hinggap di tubuh seseorang saat musim penghujan tiba, yaitu flu dan batuk.

Liputan6.com, Jakarta Ketika musim penghujan datang, daya tahan tubuh seseorang bisa menurun. Apalagi ketika pola hidup tidak dijaga dengan baik, potensi untuk ragam penyakit masuk ke dalam tubuh semakin besar. Biasanya, penyakit yang kerap hinggap di tubuh seseorang saat musim penghujan tiba, yaitu flu dan batuk.

Dua penyakit yang berbeda itu acap kali menjadi langganan ketika memasuki musim penghujan. Menurut WHO, Influenza (flu) adalah infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus influenza dan menyebar dengan mudah dari orang ke orang. 

Virus itu beredar di seluruh dunia dan dapat mempengaruhi orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Flu sendiri merupakan suatu penyakit yang self-limiting, di mana bila tidak terjadi komplikasi dengan penyakit lain, maka setelah 4-7 hari penyakit akan sembuh sendiri.

Berbeda dengan flu, melansir dari Mayo Clinic, batuk didefinisikan sebagai cara tubuh dalam merespons ketika sesuatu mengiritasi tenggorokan atau saluran udara kita. Gejala batuk bisa saja berlangsung normal dan sehat. Namun, bisa jadi berlangsung sangat sangat kuat dan berkepanjangan.

Nah, supaya gejala kedua penyakit itu tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu perlu menyiapkan 3 obat flu dan batuk di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Flucadex

Salah satu obat yang bisa meredakan gejala flu dan batuk dan mudah didapatkan di apotek terdekat dari rumahmu adalah Flucadex. Obat ini memiliki fungsi meredakan gejala flu seperti menurunkan demam, meredakan batuk, meredakan sakit kepala, dan mengatasi hidung yang tersumbat.

Obat ini terdiri dari dua jenis, kaplet dan sirup. Untuk dosis obat kaplet bagi orang dewasa adalah 1 kaplet setiap 3 kali dalam sehari, sedangkan dosis untuk anak-anak yang usianya 6 sampai 12 tahun cukup ½ kaplet dengan periode yang sama.

Dan dosis obat sirup untuk dewasa, yaitu 4 sendok setiap 3 kali sehari. Dosis untuk anak usia 6-12 tahun adalah 2 sendok setiap 3 kali sehari. Untuk anak berusia 6 tahun, dosisnya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.

3 dari 4 halaman

2. Flutamol

Obat kedua yang mudah kalian dapatkan di apotek terdekat adalah Flutamol. Flutamol adalah obat untuk meringankan gejala flu pada segala rentang usia. 

Obat ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, namun juga untuk anak-anak dan dijual secara bebas namun terbatas. Dikemas dalam bentuk kaplet untuk orang dewasa dan sirup untuk anak-anak.

Dengan mengkonsumsi obat ini sesuai dosis anjuran dan rutin menjaga pola hidup bersih, Flutamol mampu meringankan berbagai gejala dari flu dan batuk seperti bersin-bersin, demam, pusing, hidung tersumbat, dan pereda rasa nyeri.

4 dari 4 halaman

3. Ambroxol Sirup

Jika kamu sedang mengalami batuk berdahak, obat ini bisa menjadi salah satu yang bisa meredakan gejala tersebut. Ambroxol Sirup adalah obat agen mukolitik, yaitu obat yang berfungsi mengencerkan dahak pada penyakit pada saluran pernafasan.

Dilansir dari Very Well Health, obat mukolitik berfungsi untuk mengencerkan dahak yang banyak dan kental hingga menyumbat saluran pernapasan. Dengan menggunakan obat batuk Ambroxol, maka dahak akan lebih encer sehingga mudah untuk mengeluarkannya dari tenggorokan saat batuk. Ini membuat kamu lebih mudah untuk bernapas, karena saluran pernapasan sudah tidak ada lagi penyumbatan.

Ohiya, Ambroxol ini hanya bisa dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter. Jadi kamu tidak bisa sembarangan beli ke apotek tanpa resep dokter ya!

Itu dia 3 obat yang perlu kamu persiapkan ketika musim penghujan tiba. Kamu bisa mencari obat tersebut di marketplace Tokopedia yang terlengkap dan pastinya Selalu Ada Selalu Bisa! 

Dan jika flu dan batuk terasa berkepanjangan, kamu bisa konsultasi ke dokter untuk diberi penanganan secepatnya. Tapi, yang terpenting dari kamu mengkonsumsi obat untuk meredakan penyakit flu dan batuk adalah pola hidup yang bersih dan sehat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • flucadex-kapl
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">FLUCADEX KAPL mengandung Paracetamol, Gliseril Guaikolat, Fenilpropanilamin HCl, Dekstrometorphan HBr, Chlorpheniramine Maleate yang me

    FLUCADEX KAPL

  • flutamol-p-kaps
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">FLUTAMOL-P KAPS mengandung Paracetamol, glyceryl guaiacolate, phenylpropanolamine HCl, chlorpheniramine maleate yang merupakan sebuah o

    FLUTAMOL-P KAPS

  • Tokopedia adalah salah satu perusahaan perdagangan elektronik di Indonesia.

    Tokopedia

  • Flu

  • Batuk

  • Ambroxol

  • Advertorial