Sukses

Profil Singkat I Dewa Ayu Firsty, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Liputan6.com, Jakarta I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, terpilih menjadi pembawa baki upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 17 Agustus 2022. Pagi ini, ia menjalankan tugas sebagai pembawa baki dengan amat mulus.

Senyumnya terus mengembang selama bertugas. Mulai dari naik ke podium hingga pengibaran bendera Merah Putih.

Remaja yang biasa dipanggil Firsty adalah salah satu dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Tim Pancasila Tangguh yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hari ini.

Ia adalah remaja 16 tahun yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Saat ini, remaja bertinggi 171 cm ini menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Mengutip dari berbagai sumber, Firsty merupakan anak tunggal dari dari pasangan I Dewa Gede Sri Pujono Darmayudo dan Juniati.

Sebelum berangkat menjalani pelatihan di tingkat nasional, ia memang bermimpi membawa baki bendera merah putih. Siapa sangka, mimpinya terwujud.

Firsty mengaku, sejak seleksi dari daerah ia begitu deg-degan dan minder. Namun, dukungan dari banyak pihak bantunya bisa lebih tenang.

"Seleksinya memang ketat. Saya juga sempat deg-deg an dan minder. Tapi atas dukungan orang tua, guru, serta pelatih saya menjadi lebih tenang dan bisa melewatinya dengan baik," kata Firsty mengutip RRI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kelompok Pengibar Bendera 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni, Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah. Kemudian, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara. Lalu, Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat seperti mengutip News Liputan6.com.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han ditunjuk sebagai Komandan Kompi Paskibraka. Dia kini bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS