Sukses

Keuntungan Punya Payudara Kecil, Apa Saja?

Terdapat sederet keuntungan bagi Anda yang memiliki payudara kecil. Selain tidak perlu sakit punggung, bisa bebas merasa aman dan nyaman tanpa bra.

Liputan6.com, Jakarta Ukuran payudara yang besar telah banyak dan lama diglorifikasi. Bahkan seringkali dianggap sebagai sebuah keuntungan oleh berbagai pihak.

Alhasil, tak jarang wanita merasa tidak percaya diri atau insecure jika memiliki payudara kecil. Tak sedikit pula yang berupaya ekstra untuk membesarkan ukuran payudaranya.

Meskipun ukuran payudara bergantung pada kenyamanan masing-masing dan membesarkannya pun sah-sah saja, memiliki payudara kecil bukan berarti tidak memiliki keuntungan lho.

Terdapat sederet keuntungan dari memiliki payudara kecil. Salah satu yang paling menguntungkan adalah Anda tidak perlu merasakan sakit punggung.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Women's Health London pada tahun 2020 menemukan bahwa banyak wanita dengan ukuran payudara besar mengeluhkan sakit punggung.

Hal tersebut lantaran ukuran payudara besar seringkali mempengaruhi postur tubuh menjadi lebih merunduk ke depan, yang mana berujung pada sakit punggung.

"Selain itu menempatkan lebih banyak tekanan pada leher dan punggung bagian atas," kata terapis fisik, Jessica McManus.

Tak berhenti di sana, memiliki payudara kecil juga dianggap lebih menguntungkan karena Anda bisa dengan nyamannya tidak menggunakan bra tanpa perlu terlalu takut payudara terlalu menonjol.

"Wanita dengan ukuran payudara besar memang mungkin akan merasa tidak nyaman saat tidak menggunakan bra karena otot-otot bisa terasa lemah dan tidak cukup untuk memberikan dukungan yang memadai," ujar dokter obgyn, Lucky Sekhon mengutip Well and Good, Kamis (21/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kesehatan dari Tidak Menggunakan Bra

Terlebih, tidak menggunakan bra pun telah dihubungkan dengan banyak manfaat kesehatan. Lalu apa sajakah itu? Berikut diantaranya.

Memperbaiki Tonus Otot dan Bentuk Payudara

Lucky mengungkapkan bahwa terdapat bukti bahwa memakai bra dapat membuat otot dan ligamen yang menopang payudara menjadi malas dari waktu ke waktu, yang berujung membuat payudara kendur.

"Wanita yang telah lama tidak menggunakan bra justru melaporkan bahwa upayanya tersebut justru membuat payudara jadi lebih kencang, lebih bulat, dan lebih baik dari waktu ke waktu," ujar Lucky.

Sedangkan bagi wanita yang memiliki payudara besar, Luck menjelaskan, perlu waktu berminggu-minggu bahkan bulan untuk tubuhnya membiasakan diri tanpa bra.

"Butuh waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk membangun kekuatan di dada dan otot punggung mereka agar payudara menjadi tertopang dengan baik tanpa bra," kata Lucky.

3 dari 4 halaman

Sirkulasi yang Lebih Baik

Seperti diketahui, menggunakan bra selama berjam-jam bisa membuat Anda merasa engap dan sempit. Terutama pada wanita dengan payudara besar.

"Itu juga dapat menghambat aliran darah ke otot-otot di punggung dan dinding dada. Penggunaan bra juga bisa mengurangi aliran darah dan menyebabkan otot punggung," ujar Lucky.

Kesehatan Kulit Payudara Jadi Lebih Baik

Terlebih menurut Lucky, menggunakan bra dari waktu ke waktu dapat memerangkap kelembaban, kotoran, dan keringat pada kulit payudara.

"Ini dapat membuat Anda rentan terhadap pori-pori tersumbat dan iritasi kulit. Pasalnya, keringat pada wanita dengan payudara besar sering terperangkap di bawah payudara, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit, sedangkan wanita dengan payudara kecil lebih kecil kemungkinannya," kata Lucky.

Iritasi kulit yang terjadi pun bisa membuat munculnya jerawat. Apalagi ketika berolahraga, beberapa wanita menjadi lebih mudah berjerawat karena bila ada kelembaban ekstra di payudara.

4 dari 4 halaman

Penyebab Ukuran Payudara Bisa Berbeda

Membahas soal ukuran payudara sendiri memang seolah tak pernah ada habisnya. Namun dalam hal perbedaan ukuran payudara antara besar dan kecil dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lho.

Salah satu yang paling berkontribusi adalah genetik atau riwayat keluarga. Hal tersebut lantaran sama seperti pada bagian tubuh lainnya seperti rambut, kulit, dan tinggi badan, genetik pun memiliki dampak pada bentuk dan ukuran payudara Anda.

Meski begitu, tidak ada jaminan seratus persen terkait kesamaan ukuran. Hanya saja jika Anda dilahirkan dari keluarga yang memiliki riwayat payudara besar, maka lebih mungkin bagi Anda untuk memiliki ukuran payudara yang besar dibandingkan yang lebih kecil.

"Wanita dilahirkan dengan ukuran payudara mereka sendiri, tapi itu juga bisa berubah seiring berjalannya waktu," ujar ahli onkologi bedah, Nazanin Khakpour mengutip laman Self.

Selain itu, ukuran payudara juga dapat dipengaruhi oleh berat badan, olahraga, dan siklus menstruasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.