Sukses

5 Potret Nilam Sukma si Pembawa Baki di Istana Merdeka yang Kini Berstatus Perwira Letnan Dua

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang mungkin masih ingat sama sosok yang ada di foto. Ya, dia adalah Nilam Sukma Pawening. Namanya jadi pembicaraan saat bertugas dalam upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2016.

Nilam Sukma --- yang saat itu bersekolah di SMA Negeri 67 Halim Perdana Kusuma, Jakarta --- dipercaya mengemban tugas sebagai pembawa baki. Dia yang menerima duplikat Sang Saka dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk kemudian dikibarkan.

Terpilihnya Nilam Sukma Pawening sebagai pembawa baki melewati proses yang panjang. Dia terus dilatih selama tiga minggu masa Diklat Paskibraka di PP-PON Menpora, Cibubur, Jakarta Timur di bawah tanggung jawab tim Garnisun Tetap 1 Jakarta.

Lima tahun berlalu, bagaimana kabar Nilam sekarang?

Dalam sebuah wawancara bersama Diary Paskibraka Liputan6.com , putri pasangan Istohari dan Suwarti, mengatakan, cita-citanya ingin jadi pilot pesawat tempur. Dia punya mimpi dapat mengucapkan 'Dirgahayu Republik Indonesia' dari kokpit pesawat tempur dalam perayaan HUT RI di tahun mendatang.

Namun, mimpi tersebut harus dia kubur dalam-dalam. Sebab, selepas lulus SMA, Nilam yang juga seorang atlet voli justru lulus tes Pendidikan Akademi Militer (Akmil) pada 2018.

"Pendidikan Akmil empat tahun, Kak," kata Nilam kepada Liputan6.com belum lama ini.

Pendidikan yang dijalaninya dengan serius berbuah manis. Nilam dapat lulus dari pendidikan Angkatan Darat (AD) tepat waktu. Dia diketahui baru saja lulus pada awal Juli 2022.

"Baru-baru ini pelantikan Perwira, Kak," kata Nilam. "Setelah ini akan Praspa di Istana Negara kira-kira tanggal 14 Juli 2022.".

Dengan kelulusan ini, Nilam pun resmi menyandang status Perwira dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

"Untuk kerjanya belum tahu bakal ditempati di mana, belum pengumuman," pungkas Nilam.

Berikut foto-foto Nilam Sukma Pawening yang baru saja menyelesaikan Pendidikan Akmil selama empat tahun.

2 dari 5 halaman

1. Nilam Sukma Menempuh Pendidikan di Akademi Militer Sejak 2018. Dengan Kegigihannya, Dia Berhasil Lulus Dalam Waktu Empat Tahun

3 dari 5 halaman

2. Meski Mimpi Menjadi Pilot Pesawat Tempur Kandas, Nilam Tak Bersedih karena Dapat Menjalani Pendidikan di Angkatan Darat

4 dari 5 halaman

3. Kegigihannya Berbuah Manis. Nilam Dapat Lulus Selama Empat Tahun dan Resmi Menyandang Gelar Perwira dengan Pangkat Letnan Dua (Letda)

5 dari 5 halaman

4. Pendidikan Akmil Ditempuh Nilam Bersama Rekan-Rekannya Sesama Paskibraka Nasional 2016. Mereka pun Lulus di Waktu yang Sama.