Sukses

5 Tipe Teman yang Harus Dimiliki dalam Hidup

Liputan6.com, Jakarta - Siapapun bisa memiliki teman sebanyak yang ia inginkan. Namun, memiliki teman sejati atau sahabat itu tidak mudah. 

Memiliki teman yang tepat dapat meningkatkan kebahagiaan, menurunkan tingkat stres, meningkatkan harga diri, dan memberi dukungan emosional kapan pun Anda membutuhkannya. Beda halnya jika Anda memiliki teman yang toxic.

Dr Jyoti Kapoor, Psikiater Senior, dan Pendiri, Manasthali, Gurugram, mengatakan persahabatan itu tak selalu berjalan mulus, dan mungkin saja rumit. Tapi persahabatan yang indah itu jika terus berkembang dan tidak ada batasan berapa banyak teman yang bisa kita miliki.

"Itulah mengapa persahabatan sangat berharga!" ujar Kapoor dilansir Health Shots.

Berikut 5 tipe teman yang harus dimiliki seseorang dalam hidupnya:

1. Peduli

Selain keluarga, manusia juga membutuhkan seorang teman. Menurut Kapoor, seseorang harus memiliki teman yang mencintai dan peduli denggannya. 

"Orang ini akan selalu berada di sisi Anda, dan memiliki teman seperti ini dapat membuat Anda merasa dihargai," ujar Kapoor.

2. Pendengar

Dalam hidup ini, ada saatnya kita hanya membutuhkan seseorang untuk mendengarkan, bukan memberi nasihat. 

"Pada saat itu, seorang teman dapat membantu! Ketika Anda membutuhkan seseorang untuk mendengarkan dan Anda memiliki banyak pikiran, Anda pergi ke teman ini," kata Kapoor. 

Ketika seseorang sudah mempercayai temannya dan merasa perasaannya diakui oleh temannya, maka orang tersebut seolah-olah memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri sepenuhnya. 

 

2 dari 4 halaman

Menyenangkan

3. Teman yang menyenangkan

Siapa yang tidak suka dengan orang yang bisa membuat tertawa. Teman-teman yang dapat membuat Anda tertawa, kata Kapoor, tak akan pernah membuat suasana hati Anda jelek. 

Kapoor mengatakan teman yang menyenangkan itu adalah yang tahu bagaimana membuat Anda bahagia, tidak pernah takut untuk melakukan hal-hal baru dengan Anda, tidak pernah membiarkan Anda bosan, terus-menerus mendorong Anda, berusaha membuat Anda tersenyum dalam setiap situasi, dan memiliki selera humor terbaik.

"Jadi, jika Anda memiliki teman seperti itu, Anda selalu dapat mengandalkan mereka untuk meluangkan waktu untuk kesenangan, apa pun yang terjadi," ujar Kapoor.

 

 

3 dari 4 halaman

Setia

 

4. Setia

Salah satu sifat paling penting dari seorang teman adalah kesetiaan. Hasilnya, persahabatan menjadi lebih kuat dan tumbuhlah kepercayaan serta keyakinan. 

Seorang teman yang setia akan mendukung apa pun yang terjadi dan tetap teguh dalam persahabatannya. 

"Anda tidak akan pernah merasa sendirian saat berada di sekitar mereka. Bahkan, mereka adalah salah satu teman yang akan selalu benar-benar senang untuk Anda ketika Anda berhasil. Jadi, temukan seseorang yang setia!" kata Kapoor.

 

4 dari 4 halaman

Bijaksana

5. Bijaksana

Memiliki teman yang bijaks membuka peluang Anda untuk sukses. Sahabat yang bijak akan membantumu bangkit kembali saat kamu terjatuh. 

Menurut Dr Kapoor, teman bijak ini adalah orang yang Anda tuju ketika Anda membutuhkan nasihat atau bimbingan. Secara keseluruhan, teman yang bijak adalah seseorang yang bisa mengajari Anda, membela Anda, dan menemani Anda lebih lama dari seorang anggota keluarga.