Sukses

Mama Dahlia Meninggal Dunia, Kiki Farrel Ungkap Cerita Sedih Jelang Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Pagi ini, ibunda Kiki Farrel yang akrab disapa Mama Dahlia meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kiki Farrel melalui Instagram pribadinya.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun," tulis Kiki Farrel melalui akun @kikifarrel_ pada Kamis pagi, 12 Mei 2022.

Mama Dahlia sejak 2017 diketahui tengah berjuang melawan kanker usus dan sempat menjalani operasi. Namun, sel kanker tersebut kembali aktif dan menyebar ke paru-paru.

Beberapa hari sebelum Mama Dahlia meninggal dunia, Kiki Farrel juga sempat membagikan cerita terkait kondisi ibunya jelang Lebaran. Menurut pria kelahiran Jakarta tersebut, peristiwa itu begitu menguras hati dan tenaganya.

"Sungguh menguras hati dan tenaga. 1 mei jam 7 pagi mama dilarikan ke IGD karena pee nya ga bisa keluar dari selang. Setelah nunggu 9 jam dokter spesialis datang dan kita pulang tiba dirumah tepat adzan maghrib," tulis Kiki Farrel pada Senin, 2 Mei 2022 lalu.

"2 mei jam 3 subuh kita semua kaget karena mama seperti memberikan tanda akan "pergi". Semua adik kaka dan keponakan mama kumpul," lanjutnya.

Kiki Farrel menceritakan, kondisi mendiang ibunya masih belum juga membaik usai Sholat Eid. Hal tersebut pun membuat dirinya harus mengurus Mama Dahlia pada hari Lebaran.

"Seharian di hari lebaran ini urus mama. Karena kita ga akan tenang klo mama masih seperti itu. Nafas sudah engap2an dan omongan mama pun mau ketemu nenek yang udah lama meninggal," ujar Kiki Farrel.

"Alhamdulillah 2 mei 23.00 mama udh tidur nyenyak. Semoga nyenyak sampe pagi ya mah. Ga kebangun1 krn rasa sakitnya," Kiki Farrel menambahkan.

2 dari 4 halaman

Kiki Farrel Sempat Pingsan

Mengutip laman Showbiz Liputan6.com, jenazah Mama Dahlia disemayamkan di kediamannya di daerah Ciputat, Tangerang Selatan.

Kesedihan masih begitu menyelimuti pria berusia 35 tahun tersebut. Dalam salah satu cuplikan, Kiki Farrel terlihat tak berhenti menangis di rumah duka. Dirinya bahkan sempat pingsan.

Sebelum meninggal dunia, Kiki Farrel sempat mengungkapkan rencananya untuk membawa sang ibu untuk menjalani pengobatan di Penang, Malaysia.

Dalam salah satu unggahannya pada April 2022, Kiki Farrel juga menyebutkan bahwa kondisi ibunya memang sudah sangat buruk.

"Sampai ada tumor yang menutupi saluran air seni jadi saat ini mama sedang melakukan pembedahan agar air seni dapat keluar melewati jalur lain," kata Kiki Farrel.

"Karena penyakitnya itu mama pun ga bisa makan, selalu muntah lagi dan lagi sampai akhirnya gula darah hanya 40 dan saat ini mama hanya bisa makan lewat infusan," sambungnya.

Kini, Mama Dahlia pun telah resmi sembuh dan kembali ke sang pencipta. Tak lagi perlu merasakan sakit yang menyelimuti dirinya sejak lima tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Kondisi Sudah Menurun Jelang Lebaran

Dalam kesempatan berbeda, Kiki Farrel sempat menceritakan bahwa kondisi ibunya memang sudah menurun jelang Lebaran.

Kiki Farrel mengaku bahwa sebelumnya ia harus pergi bekerja selama lima hari. Sesampainya di rumah, kondisi sang ibunya begitu drop.

Saat dibawa ke rumah sakit pun, dokter menyarankan Mama Dahlia untuk pulang. Menurut keterangan, dokter melihat kondisi ibunya sudah tidak bisa lagi tertangani.

"Dari dokter memang sudah bilang enggak bisa lagi makanya dibawa pulang. Tapi selama di rumah mau tetap komunikasi sama dokter kapan jadwal mama dibikin saluran makan dari lambung," ujar Kiki Farrel mengutip YouTube Intens Investigasi.

4 dari 4 halaman

Berhamburan Ucapan Duka

Hari ini, laman Instagram Kiki Farrel pun berhamburan ucapan duka dari berbagai pihak. Terlihat banyak public figure yang juga menyampaikan ucapan duka cita di sana.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun. Mas kiki turut berduka cita unt ibunda. Semoga diberikan tempat terbaik di sisi ALLAH swt. Yq tabah mas kiki," tulis @danang_official91.

"Innalillahi... Allahummaghfirlaha Warhamha Wa'afiha Wa'fuanha. bismillah Allah tempatkan beliau di tempat yg terbaik," tulis @indrabruggman.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun... kaa turut brduka citaaa. smga mama dbrikan tmpt trbaik disisi Allah SWT... kk dn kel smga Allah beri ksehatan," tulis @wikasalim.

"innalillahi wa innailahi rojiun , turut berdukaaaa yaaaaa killii, semoga husnul khotimah yaaaaa, dan yang ditinggal mendapatkan kesabaran amiiin," ujar @indrabekti.

"turut berduka cita sedalam-dalamnya. semoga beliau kini tenang disisiNya dan keluarga diberi kesabaran yang tabah yaa Rel," kata @ardinarasti6.