Sukses

Viral Emak-Emak Dihantam Ombak Bono Riau Saat Ngevlog, Begini Panduan Aman Hadapi Gelombang Pasang

Sebuah video yang berisi adegan seorang wanita nge-vlog dan dihantam ombak Bono di Pelalawan, Riau viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang berisi adegan seorang wanita nge-vlog dan dihantam Ombak Bono di Pelalawan, Riau viral di media sosial. Wanita tersebut tampak bersemangat lari menjauh dari ombak yang mulai muncul dan meninggi.

"Saya berlari mengejar waktu supaya saya dapat Gelombang Bononya yang besar. Nih, guys," ucapnya lalu kemudian berhenti menunggu gelombang datang.

Apa daya terjangan Ombak Bono begitu kuat dan wanita itu pun terseret. Namun, Alih-alih menyelamatkan diri, wanita tersebut lebih mendahulukan keselamatan kameranya ketimbang diri sendiri.

Meski tampaknya wanita tersebut berhasil selamat, gelombang pantai atau pun laut tetap perlu diwaspadai agar tak membahayakan jiwa. 

Ombak Bono merupakan fenomena alam di Muara Sungai Kampar, Pelalawan, Riau yang terjadi akibat pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Ombak yang cukup tinggi ini kerap dimanfaatkan untuk berselancar. Mengutip Wikipedia.org, Bono terbesar biasanya terjadi saat musim penghujan, ketika debit air Sungai Kampar cukup besar yakni pada November dan Desember.

Berikut panduan aman dari gelombang pasang ketika berada di perairan seperti yang dibagikan Pakar Keamanan Pesisir dan Kelautan Bruckner Chase, dikutip dari tayangan Ocean Today.

Menurut Chase, jika ingin tetap aman berada di perairan seperti pantai atau pun laut, Anda perlu mengetahui bahaya-bahayanya serta tetap waspada dan siaga.

"Agar tetap aman berada di pantai, tingkatkan level kewaspadaan apakah Anda, baik ketika berada di pasir ataupun di dalam air," ujarnya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panduan Aman Berada di Pantai atau Perairan

Anda perlu mengombinasikan bekal pengetahuan serta apa yang tampak di depan mata agar tetap aman dalam kondisi dinamis di pantai. Mengetahui karakteristik ombak di tiap-tiap pantai menjadi bekal yang amat penting.

Mengutip Ocean Today, ada tiga zona yang penting diketahui ketika berada di pantai, yakni:

Zona Aman

"Perjalanan Anda akan dimulai pada Zona Aman, area di mana ombak tidak bisa menyentuh Anda."

Pada zona ini, Anda disarankan untuk melihat dan memerhatikan kondisi cuaca, air, serta daratan.

Zona Waspada

Zona ini adalah area pasir pantai, artinya semakin mendekat ke air. Ketika berada di zona ini, Anda disarankan untuk memerhatikan tanda-tanda bahaya, bendera, serta posisi para penjaga pantai.

"Selalu waspadai perubahan cuaca, ombak, serta pasang surut air."

Anda bisa menyusun rencana di zona ini, mengenai kapan dan bagaimana cara yang tepat untuk masuk ke air dan kembali dengan selamat.

Zona Dampak

Ini adalah area ketika gelombang ombak bertemu daratan. Menjaga keselamatan di sini artinya tahu cara mengatasi atau menghindari kondisi yang berpotensi bahaya, serta cara meminta pertolongan jika mengalami kondisi bahaya.

 

 

 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis: Deretan Konten Medsos yang Merenggut Nyawa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.