Sukses

Pentingnya Membangun Kepercayaan dalam Sebuah Hubungan Percintaan

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan pada pasangan jadi salah satu faktor terpenting dalam sebuah hubungan. Namun bagi beberapa orang, memiliki atau membangun kepercayaan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Psikolog klinis sekaligus profesor di Yeshiva University New York, Amerika Serikat, Sabrina Romanoff mengungkapkan, memiliki kepercayaan dalam suatu hubungan berarti Anda merasakan rasa aman dan kesetiaan dengan pasangan.

"Kepercayaan adalah dasar dari hubungan karena kepercayaan memungkinkan Anda untuk terbuka apa adanya dengan situasi yang dilalui tanpa harus melindungi diri Anda secara defensif," ujar Sabrina dikutip Very Well Mind, Senin (6/12/2021).

Hal tersebut selaras dengan studi yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine. Studi tersebut mengungkapkan bahwa kepercayaan jadi komponen vital untuk sebuah hubungan yang bahagia dan sukses.

Sabrina menjelaskan, kepercayaan jadi hal yang penting karena akan memungkinkan Anda untuk lebih terbuka dan memberi. Jika Anda mempercayai pasangan, Anda juga akan lebih mudah untuk menerima kekurangan atau perilaku mereka yang mungkin dapat membuat merasa kesal.

"Secara keseluruhan, Anda percaya padanya dan tahu bahwa ia akan tetap ada disamping Anda dan selalu memberikan dukungan," kata Sabrina.

Menurut Sabrina, kepercayaan juga memungkinkan untuk dapat mengolah konflik dengan lebih baik. Ketika Anda mempercayai pasangan, Anda akan melihat masalah dengan lebih jernih dan berfokus pada solusi.

"Bahkan jika pasangan melakukan sesuatu yang mengecewakan, Anda cenderung akan melihat apa sisi baiknya dari hal yang terjadi," ujar Sabrina.

2 dari 3 halaman

Dampak kurangnya kepercayaan

Sabrina mengungkapkan, kepercayaan kemungkinan sulit dibangun jika pasangan kerap kali tidak menepati janji atau komitmennya. Hal tersebut juga berlaku pada tindakan-tindakan yang dilakukannya.

"Ketika tindakan tidak selaras dengan kata-katanya, Anda akan mulai merasa bahwa ia tidak dapat dipercaya. Kesalahan berulang atau perilaku yang menyakitkan secara konsisten dapat mengikis kepercayaan," kata Sabrina.

Kurang kepercayaan dapat mempengaruhi hubungan dan menimbulkan banyak masalah. Kondisi tersebut juga tentu akan berperan pada kesehatan mental. Berikut beberapa dampak kurangnya kepercayaan dalam sebuah hubungan percintaan.

1. Kurangnya keintiman

Ketika tidak ada kepercayaan dalam hubungan, keintiman akan cenderung menurun. Ketika pasangan berbohong, Anda mungkin akan menjauhkan diri darinya, baik secara emosional maupun fisik.

2. Munculnya perasaan negatif

Rasa negatif juga menjadi salah satu hal yang mungkin muncul ketika Anda merasa pasangan tidak dapat dipercaya. Anda mungkin akan terpaku pada perasaan tersebut dan menyebabkan Anda lebih mudah marah dan menarik diri darinya.

3. Merasa tidak aman

Kurangnya kepercayaan biasanya menyebabkan munculnya rasa tidak aman dalam hubungan. Anda pun kemungkinan akan terus-menerus meragukan apa yang dikatakan pasangan dan mungkin bisa menjadi begitu posesif.

4. Kecemasan meningkat

Jika rasa kepercayaan dalam hubungan tidak terbangun, Anda mungkin akan mengalami kecemasan yang lebih tinggi. Hal tersebut pun dapat membuat Anda terus-menerus mempertanyakan apakah pasangan Anda sedang berbohong atau tidak.

3 dari 3 halaman

Infografis