Sukses

TGIF, Trik Tetap Semangat Kerja di Hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Jumat merupakan salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Ini adalah hari terakhir yang Anda harus lewati sebelum bisa bebas menikmati akhir pekan.

Namun, bagaimana jadinya jika tingkat motivasi Anda tiba-tiba berkurang dan hari Jumat terasa menjadi lebih lama?

Tidak perlu khawatir! Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap termotivasi menyelesaikan hari Jumat dengan baik, dikutip dari CareerAddict.

2 dari 6 halaman

1. Kerjakan Tugas Yang Paling Sulit Dulu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingkat produktivitas berkurang secara signifikan pada hari Jumat, sehingga ada baiknya untuk menyelesaikan tugas tersulit Anda terlebih dahulu di pagi hari.

Jangan buang waktu untuk mengobrol dengan teman kerja. Hal ini dapat melakukannya nanti.

Selesaikan tugas tersulit dan terpenting untuk hari itu terlebih dahulu. Anda juga harus mempertimbangkan untuk pergi bekerja lebih awal pada hari Jumat jika energi Anda biasanya turun di pagi hari.

3 dari 6 halaman

2. Jadwalkan Tugas yang Kurang Menuntut untuk Jumat Sore

Memang, sebagian besar pekerja biasanya kelelahan dari semua kerja keras yang mereka lakukan selama seminggu sehingga energi mereka pada hari Jumat terkuras semua.

Tetapi, ini tidak berarti bahwa Anda harus menatap jam selama empat jam ke depan sampai Anda diizinkan pulang.

Coba gunakan waktu Anda di sore hari dengan bijak. Misalnya, Anda dapat mengarsipkan semua dokumen Anda, mengatur lemari meja dan memeriksa situs web perusahaan – apa pun yang akan bermanfaat bagi pekerjaan Anda tetapi tidak memerlukan banyak kekuatan otak.

4 dari 6 halaman

3. Buatlah Daftar Prioritas untuk Minggu Berikutnya

Pada sore hari mulai membuat daftar prioritas. Anda dapat menetapkan tujuan yang realistis untuk minggu depan, bertukar pikiran untuk proyek besar berikutnya, dan menetapkan tenggat waktu agar tidak membuang waktu saat mulai bekerja pada Senin pagi.

Efeknya, Anda akan merasa lebih santai mengetahui bahwa memiliki segalanya untuk minggu berikutnya.

5 dari 6 halaman

4. Atur Waktu Istirahat

Jika Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak membuat rencana akhir pekan selama jam kerja, pastikan memberikan cukup waktu dalam jadwal untuk melakukannya.

Anda dapat meluangkan waktu untuk meneliti restoran terbaik di daerah atau membuat daftar tugas yang harus dijalankan pada hari Sabtu sembari istirahat singkat. Hal ini bisa dilakukan asal tidak mengganggu jadwal kerja Anda.

Jika Anda tidak membuat kemajuan apa pun di tempat kerja, cobalah untuk beristirahat sejenak selama 30 menit dan fokuslah pada tujuan dan pencapaian pribadi.

 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis Tertib Protokol Kesehatan Covid-19, Lawan Hoaksnya!