Sukses

Tampak Sepele tapi 8 Kebiasaan Ini Bikin Hubungan Pasangan Mudah Goyah

Ragam kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin hubungan Anda berakhir

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hubungan yang tentram dan bahagia merupakan impian semua pasangan. Namun terkadang, hubungan yang paling bahagia sekalipun bisa menjadi sulit untuk dipertahankan.

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang berbagai hal. Jika komunikasi kurang dapat menyebabkan percekcokcokan besar atau kesalahpahaman. Selain itu, ada juga banyak hal kecil yang tampaknya tidak berbahaya tetapi dapat merusak hubungan tanpa Anda sadari.

Berikut delapan kebiasaan yang bisa mengakhiri hubungan Anda, dilansir dari Bright Side, Rabu (24/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengungkit Masa Lalu Saat Bertengkar

Mengingat sesuatu dari masa lalu sama sekali tidak berguna dan hanya membuat situasi menjadi lebih tidak terkendali.

2. Memilih Waktu yang Tidak tepat untuk Pembicaraan Serius

Ketika membahas topik serius yang perlu Anda diskusikan, baik itu masalah uang, atau permasalahan lainnya, penting untuk mengetahui waktu yang tepat. Pastikan pasangan Anda tidak stres, lelah, atau kesal. Hal ini mungkin membuat hal-hal yang tidak perlu menjadi lebih rumit.

Juga, sangat penting untuk menggunakan nada yang tepat untuk tidak mengubahnya menjadi pertengkaran.

3 dari 6 halaman

3. Membuat Asumsi tentang Perasaan Pasangan Anda

Sekalipun jika Anda berpikir bahwa Anda mengenal pasangan luar dalam, membuat asumsi tentang perasaan mereka tanpa bertanya terlebih dahulu tetap tidaklah benar. Hal ini dikarenakan semua orang melihat hal-hal dalam hidup melalui perspektif dan sistem nilai mereka sendiri.

Jadi, jika Anda berasumsi untuk mengetahui apa yang dipikirkan atau dirasakan orang penting, itu hanya akan menyebabkan menutup diri, berhenti berusaha untuk terhubung, menciptakan konflik, dan merasa kesepian.

4. Mengkritik Anggota Keluarga Pasangan Anda

Topik keluarga akan selalu muncul dalam hubungan apa pun. Terutama jika pasangan Anda memiliki pandangan hidup yang berbeda dibandingkan dengan anggota keluarga Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman atau bahkan konflik.

Walau begitu, sangat penting untuk mengingat bahwa orang-orang tersebut adalah bagian besar dari pasangan Anda.

Saat mendiskusikan sesuatu yang mengganggu Anda, ingatlah untuk memilih mengeluh dan mengkritisi — bukan mencela. Mengeluh dan mengkritisi diarahkan ke isu spesifik yang dapat diubah. Mencela, di sisi lain, menyerang kepribadian orang lain.

4 dari 6 halaman

5. Menghindari Pembicaraan tentang Uang

Tujuh dari 10 pasangan memiliki masalah yang berkaitan dengan uang, sehingga dapat dikatakan bahwa masalah tersebut sangatlah penting. Tentu tidak semua orang tertarik untuk membahas hal ini, tetapi Anda harus bersabar dan gigih untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Para ahli merekomendasikan untuk membuat aturan khusus dan batas pengeluaran yang nyaman bagi Anda berdua, dan mendiskusikan masalah kontroversial apa pun bersama-sama.

6. Meninggalkan Rumah Tanpa Pamit pada Pasangan

Melakukan hal ini, meskipun kelihatannya tidak berbahaya, merupakan tanda potensial untuk menghindari komunikasi. Bahkan jika Anda telah bersama untuk waktu yang lama, hal-hal sederhana seperti cara Anda berangkat kerja di pagi hari dapat membuat atau menghancurkan hubungan.

Jadi, jangan pergi tanpa memberikan sentuhan kasih sayang atau beberapa kata hangat kepada pasangan Anda.

5 dari 6 halaman

7. Memendam Amarah

Menekan emosi Anda alih-alih memprosesnya sangat berbahaya , baik untuk hubungan Anda maupun kesehatan mental Anda. Jika Anda memendam kemarahan, Anda mungkin mulai merasa cemas, menyerang pasangan Anda, dan juga sering sakit kepala.

Hal ini membuat Anda sangat sulit untuk bereaksi secara memadai terhadap perasaan kesal dan akibatnya, hubungan Anda mungkin perlahan menjadi hancur.

8. Bergosip tentang Teman Pasangan Anda

Terlepas dari kenyataan bahwa bergosip tampaknya tidak seburuk itu, dan bahkan memiliki beberapa keuntungan, mengatakan hal-hal buruk tentang orang-orang yang dekat dengan pasangan Anda bukanlah ide yang baik.

Bergosip secara tidak langsung menggubah Anda menjadi orang yang tidak dapat dipercaya di mata pasangan Anda. Terlebih lagi, itu mempengaruhi kesehatan mental Anda dengan buruk dan dapat menyebabkan kecemasan.

 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.