Sukses

PTM dan Takziah Picu Kasus COVID-19 Naik, Surveilans Terus Dilakukan

Upaya surveilans seiring adanya kenaikan kasus COVID-19 di beberapa daerah.

Liputan6.com, Jakarta Terkait temuan kenaikan kasus COVID-19 akibat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan aktivitas takziah, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan soal perolehan laporan data dari Kementerian Kesehatan.

"Jadi, update (pembaruan) data yang telah disampaikan Kementerian Kesehatan telah berbasis data yang terkumpul di Dasbor Sekolah Aman dan Madrasah Aman," jelas Wiku menjawab pertanyaan Health Liputan6.com di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 16 November 2021.

"Data tersebut dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Agama."

Wiku Adisasmito melanjutkan, data COVID-19 yang dihimpun berasal dari data daerah dan diolah sesuai kebutuhan kementerian/lembaga. Temuan kasus COVID-19 dari aktivitas takziah juga hasil laporan dinas kesehatan setempat.

"Pada prinsipnya data COVID-19 terhimpun dari sumber yang sama, yaitu data-data di daerah dan diolah sesuai dengan kebutuhan masing-masing Kementerian lembaga untuk pengambilan keputusan yang spesifik," lanjutnya.

"Sedangkan, temuan terkait klaster takziah merupakan hasil investigasi yang dihimpun dari dinas kesehatan setempat."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surveilans untuk Antisipasi Kasus COVID-19

Menilik temuan kasus COVID-19, Wiku Adisasmito menegaskan, pemerintah pusat dan daerah gencar melakukan surveilans. Upaya ini agar penemuan kasus dan penanganan segera dapat dilakukan dengan baik.

"Ke depannya, pemerintah pusat bekerja sama dengan dinas kesehatan dan dinas pendidikan di masing-masing daerah terus melakukan surveilans, baik aktif maupun pasif untuk antisipasi kasus yang lebih baik," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, ada 126 kabupaten/kota pekan lalu dengan kenaikan kasus COVID-19. Penyebabnya terjadi akibat aktivitas PTM dan takziah.

"Ingin saya sampaikan di sini, bahwa memang kami sudah mengidentifikasi dari minggu ke minggu, bila ada kabupaten/kota yang naik. Minggu lalu, berdasarkan observasi di Kementerian Kesehatan, ada 126 kabupaten/kota yang naik," kata Budi Gunadi saat memberikan keterangan pers mengenai Perkembangan PPKM pada Senin, 15 November 2021 di Kantor Presiden, Jakarta.

"Beberapa di antaranya, ada juga yang sudah 3 minggu berturut-turut naik, sehingga kami melakukan pendalaman dan sebagian besar disebabkan, karena adanya kasus positif di sekolah (sekolah tatap muka) dan takziah." (Selengkapnya: COVID-19 di 126 Daerah Naik, Menkes Budi: Karena PTM dan Takziah)

3 dari 3 halaman

Infografis Pemicu dan Strategi Turunkan Angka Kematian Akibat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.