Sukses

Kaya akan Manfaat, Ini Guna 7 Gerakan Sholat Sujud bagi Kesehatan

Manfaat gerakan sholat sujud untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat dilakukan dengan mengikuti beberapa gerakan wajib. Sujud salah satunya, gerakan sholat ini dilakukan dengan posisi tubuh mendunduk serendah-rendahnya hingga dahi menempel pada sajadah.

Gerakan sujud dilakukan dua kali dalam setiap rakaat. Tak hanya dahi yang nempel pada sajadah, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung jari kaki juga mengikuti.

Sebagai simbol kerendah diri di hadapan Allah, sujud juga memohon doa dan ampunan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Selain itu, gerakan sholat sujud memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut Liputan6 rangkum dari merdeka.com, Senin (8/11/21) berbagai manfaat sujud bagi kesehatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Melancarkan Oksigen ke Otak

Manfaat gerakan sholat sujud bagi kesehatan dapat melancarkan oksigen ke otak. Dengan posisi jantung berada lebih tinggi di atas otak, darah dapat mengalir lebih baik ke dalam tubuh.

Hal ini guna untuk meningkatkan fungsi miliaran sel saraf dalam tubuh.

3 dari 9 halaman

2. Menghilangkan Sakit Kepala

Disebut dapat melancarkan oksigen ke otak, ternyata hal ini berkaitan untuk mampu menghilangkan sakit kepala. Selain itu, bermanfaat untuk meredakan hingga mencegah sakit kepala atau migraine.

Tak hanya meredakan dan mencegah sakit kepala, gerakan sujud juga dapat mempertajam pikiran dan meningkatan mental seseorang. Dengan gerakan sujud, dapat memberikan tekanan kebih pada pembuluh darah halus yang dapat mencegah stroke.

4 dari 9 halaman

3. Mengatasi Insomnia

Insomnia dapat diatasi dengan gerakan sujud. Diketahui, insomnia merupakan gangguan tidur yang disebabkan karena aliran darah dalam tubuh yang kurang lancar serta kondisi stres berlebihan.

Oleh karena itu, dengan posisi sujud dapat melancarkan aliran dalam tubuh sekaligus menenangkan pikiran.

5 dari 9 halaman

4. Melancarkan Aliran Getah Bening

Posisi sujud dapat bermanfaat untuk melancarkan aliran getah bening ke beberapa bagian tubuh. Dimulai dari ketiak, leher, serta kepala.

6 dari 9 halaman

5. Memperbaiki Produksi Kelenjar Susu

Posisi sujud dapat bermanfaat untuk memperbaiki kelenjar susu sehingga dapat menghasilkan produksi ASI yang lebih banyak untuk bayi. Hal ini didapatkan dari kontraksi otot yang berpusat pada tubuh bagian atas, saat seorang ibu melakukan gerakan sujud.

7 dari 9 halaman

6. Melancarkan Pencernaan

Dengan gerakan sujud yang menekuk kedua lutut yang berguna untuk mengatasi kejang dan kram otot. Ternyata gerakan sujud dapat membuat sistem kerja organ pencernaan lebih lancar.

8 dari 9 halaman

7. Melancarkan pernapasan

Gerakan sujud dapat membuat organ paru-paru akan lebih sehat. Manfaat bagi kesehatan ini didapatkan dari kondisi abnormal fetra yang semakin menekan area diafragma, sehingga melancarkan pernapasan.

 

Penulis: Alicia Salsabila

9 dari 9 halaman

Infografis Tertib Protokol Kesehatan Covid-19, Lawan Hoaksnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.