Sukses

Wamenparekraf Mendadak Pingsan di Keraton Solo, Kenali Gejala Sinkop

Pingsan atau sinkop adalah suatu kondisi ketika seseorang mendadak kehilangan kesadaran dan kontrol terhadap otot (tubuh) secara sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video mengenai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo yang tiba-tiba limbung dan jatuh pingsan tengah viral. Diketahui peristiwa tersebut terjadi ketika Wamenparekraf Angela menghadiri acara pembukaan Atraksi Budaya Prajurit Solo di Keraton Solo, Sabtu, 6 November 2021.

Wamenparekraf yang jatuh pingsan di acara tersebut membuat Keluarga Keraton Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming, serta tamu undangan terkejut. Wamenparekraf Angela yang jatuh ke sisi kanan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo pun kemudian dipapah ke dalam keraton untuk mendapat perawatan darurat.

Beberapa saat kemudian, Angela Tanoesoedibjo siuman dan keluar dari kediaman PB XIII serta berpamitan pada Gibran. Pingsan yang dialami Wamenparekraf Angela disebut Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizky Handayani Mustofa karena faktor kelelahan. Dia menjelaskan, padatnya kegiatan yang dijalani membuat Wamenparekraf kelelahan hingga akhirnya pingsan di acara tersebut. 

"Beliau kelelahan, karena padatnya kegiatan kementerian. Agenda kementerian seperti pemulihan pariwisata dan pemantauan bantuan di berbagai daerah yang waktunya padat sekali," ujar Rizky, mengutip Kanal Regional Liputan6.com.

Pingsan atau sinkop adalah suatu kondisi ketika seseorang mendadak kehilangan kesadaran dan kontrol terhadap otot (tubuh) secara sementara. Siapa pun bisa mengalaminya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda-Tanda Akan Pingsan

Mengutip Klikdokter, kondisi ini terjadi karena adanya penurunan aliran darah ke otak secara mendadak dan hanya berlangsung sementara. Individu tersebut akan kembali sadar setelah jatuh dan aliran darah kembali ke otak.

Sebelum pingsan, biasanya ada gejala yang dirasakan oleh orang yang akan mengalaminya. Seperti dikutip dari Klikdokter, berikut gejala awal atau peringatan yang muncul sebelum seseorang pingsan:

  • mual
  • denyut jantung lemah
  • perubahan suhu tubuh mendadak- berkeringat mendadak
  • gangguan penglihatan seperti melihat bintik-bintik, terowongan, penglihatan kabur, atau pupil melebar
  • merasa tiba-tiba suara sangat jauh- kepala dan atau tubuh terasa ringan
  • mati rasa
  • sakit kepala
  • vertigo atau pusing
  • detak jantung cepat
  • tubuh menjadi lemah
  • gemetar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.